Norman Osborn dan Tony Stark adalah salah satu karakter paling kaya di Marvel Universe. Osborn adalah salah satu villain ikonik, sementara Stark adalah superhero favorit penggemar. Tetapi jika mereka dibandingkan, seberapa kaya Osborn dibanding dengan Tony Stark? Alter ego Osborn yaitu Green Goblin telah menjadi musuh bebuyutan Spider-Man sejak pertama kali muncul dalam komik The Amazing Spider-Man #14 pada tahun 1964.

Norman Osborn sendiri merupakan ayah bagi Harry Osborn yang merupakan teman baik Peter Parker. Selain itu, Norman adalah kepala Oscorp, sebuah perusahaan kimia yang memiliki nilai valuasi miliaran dolar. Norman memang telah terlahir sebagai sebagai orang kaya, tetapi kebenciannya terhadap ayahnya yang kejam memberinya tekad untuk menjadi lebih sukses dari ayahnya. Sayangna, hubungan yang buruk dengan ayahnya juga memberikan dampak negatif bagi diri Norman Osborn.

Di usia muda, Norman Osborn memang memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang pembunuh. Oleh sebab itulah sejak usia muda, ia memang memiliki potensi menjadi penjahat. Saat dewasa, setelah membentuk perusahan Oscorp dengan koleganya, Mendel Stromm, Norman mencoba untuk mendapatkan kendali penuh perusahaan dengan menuduh Stromm melakukan penggelapan agar Stromm ditangkap. Setelah Stromm dikeluarkan dari perusahaan, Norman mengerjakan formula eksperimental yang akan meningkatkan kecerdasan dan kekuatan seseorang.

Norman kemudian menguji formula tersebut pada dirinya sendiri, tetapi itu malah menjadi bumerang. Walau formula itu berhasil meningkatkan kekuatannya, namun formula itu malah membuatnya menjadi gila, hingga akhirnya ia menjadi Green Goblin. Karier Osborn sebagai penjahat super akan menjadi jauh lebih mudah dengan uang dan sumber daya melimpah yang ia miliki. Berdasarkan artikel Forbes tentang 25 perusahaan fiksi teratas, Oscorp menghasilkan penjualan lebih dari 3 miliar dolar setiap tahun. Norman sendiri diperkirakan memiliki kekayaan bersih sekitar 10 miliar dolar.

Dengan kekayaan sebanyak itu, Norman Osborn telah menggunakannya kekayaannya untuk mencoba membuat hidup Spider-Man sengsara. Sama seperti Norman, Tony Stark juga dilahirkan sebagai orang kaya. Pada kenyataannya, keluarga Stark telah kaya selama beberapa generasi. Semuanya dimulai ketika Stark Industries didirikan oleh Isaac Stark, pada abad ke-19. Setelah itu, kendali tetap berada di keturunanya, hingga yang terakhir adalah Tony Stark.

Namun di bawah kepemimpinan Howard Star, Stark Industries semakin menjadi makmur. Howard mengubah perusahaan tersebut menjadi pengembang amunisi terkemuka di dunia. Howard juga sukses membawa perusahaan tersebut sukses dalam bidang lain seperti kedirgantaraan dan robotika, dan membuka jalan bagi anaknya untuk menjadi Iron Man, dan memajukan perusahaan lebih jauh. Forbes mencatat bahwa penjualan Stark Industries selama setahun dapat mencapai 20,3 milliar dolar, tetapi kekayaan bersih dari Tony lebih sulit untuk ditentukan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa kekayaan Tony sekitar 12 miliar dolar, sementar sumber yang lain mencantumkan nilai kekayaan Tony sebesar 80 miliar dolar. Dengan total kekayaan seperti itu, tidak heran jika Iron Man secara de facto menjadi pemodal bagi Avengers. Melihat angkat tersebut, sudah jelas bahwa Stark Industries berhasil mengalahkan Oscorp dengan selisih yang jauh. Bahkan kekayaan bersih Tony dan Norman sendiri masih berselisih dua miliar dolar.

Agak mengherankan memang dengan melihat total kekayaan tersebut Tony tidak berusaha untuk membeli Oscorp dan menghentikan Norman dari bisnisnya. Tentunya walau Tony dan Osborn sangat kaya, namun ada karakter lain yang lebih kaya yaitu Black Panther, sang penguasa dari Wakanda.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.