Angkatan laut adalah pihak militer yang menjaga perdamaian di dunia dari serangan bajak laut dalam cerita One Piece. Bisa dikatakan, meskipun mereka adalah penegak keadilan di laut tapi mereka ada “bawahan” dari Pemerintah Dunia. Angkatan laut juga adalah salah satu dari tiga kekuatan besar yang ada di One Piece, yang mana hal itu diperlukan demi menjaga kestabilan di laut.

Dengan sejarah yang panjang, tentunya angkatan laut memiliki beberapa sosok yang sangat kuat dan berpengaruh. Beberapa dari mereka bahkan ada yang sanggup untuk bisa bertarung melawan bajak laut terkuat di dunia, yang dikenal sebagai Yonko. Bahkan, beberapa angkatan laut ini bisa jadi masuk menjadi salah satu Yonko. Lalu, siapa saja mereka?

Wakil Admiral Monkey D. Garp

Bisa dibilang, Monkey D. Garp merupakan salah satu karakter terkuat di seri ini. Bersama Roger, dia bertarung melawan kelompok bajak laut Rocks yang dianggap sebagai kelompok bajak laut mengerikan, dimana beberapa krunya ada yang menjadi Yonko. Berkat pertarungannya melawan Rocks, Garp menerima titel sebagai pahlawan angkatan laut.

Garp juga sudah sering bertarung dengan Roger, sehingga wajar dia menjadi angkatan laut terkuat. Bukti kekuatan Garp lainnya adalah dia mampu mengalahkan Don Chinjao yang memiliki nilai buruan sebesar 500.000.000 Belly hanya dengan satu pukulan saja. Garp juga disebut-sebut mampu membelah sebuah wilayah yang luas hanya dengan satu sernagan kepala. Garp sebenarnya bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pangkat yang tinggi tapi dia menolak dan tetap pada pangkatnya yang sekarang.

Sengoku

Sengoku the Buddha dulunya merupakan fleet admiral sebelum timeskip terjadi, kemudian Sengoku menjadi penerus dari Kong dan posisinya diisi oleh Sakazuki. Bersama Tsuru dan Garp, dia juga menjadi salah satu angkatan laut terkuat dari generasinya. Bahkan, meskipun tanpa adanya kekuatan dari buah iblis, Sengoku mampu menahan Garp hanya dengan satu tangan saja.

Sengoku juga pernah bertarung melawan Shiki dan bisa menahan serangannya. Sengoku juga adalah sosok yang pernah berhadapan dengan Roger. Sengoku mengkonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi Model Daibutsu, yang merupakan buah iblis langka yang bisa membuat Sengoku berubah menjadi sosok patung Buddha raksasa berwarna emas. Ketika Sengoku berubah menjadi raksasa, dia bisa mengirimkan sebuah gelombang kejut yang bisa membuat musuh kocar kacir.

Fleet Admiral Sakazuki

Sakazuki merupakan fleet admiral di markas pusat saat ini, mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Sengoku. Sakazuki sudah menunjukan bahwa dia memiliki kekuatan yang luar basa dahsyat. Hal ini berkat Magu Magu no Mi, dimana buah tersebut memberikan Sakazuki kemampuan untuk memanipulasi magma dan berubah menjadi cairan panas tersebut.

Kemampuan magma dari Sakazuki mampu mengungguli kemampuan api milik Ace, bahkan dialah yang bertanggung jawab atas kematian Ace. Meskipun Ace memiliki kemampuan untuk berubah menjadi api, nyatanya tubuhnya tidak tahan terhadap serangan magma Sakazuki. Sakazuki juga adalah orang yang “membunuh” Whitebeard dan sanggung bertahan dari serangannya. Menurut Eiichiro Oda, kekuatan sakazuki ini merupakan yang terkuat dari seluruh buah iblis jika dilihat dari kekuatan.

Admiral Kizaru

Sesuai dengan jabatan yang dia miliki, Kizaru juga merupakan salah satu petarung terhebat dalam pemerintahan dunia dan juga angkatan laut. Kemampuan fisik Kizaru yang sangat luar biasa ditunjukan dengan refleks gerakan yang sangat cepat. Kekuatan tersebut kemudian ditambah oleh buah iblis yang dia makan yaitu Pika Pika no Mi.

Berkat buah iblis tersebut, dia pun memiliki kekuatan dari elemen cahaya. Artinya dia mampu bergerak secpat cahaya dan menyerang dengan sangat cepat. Semuanya berdasarkan elemen cahaya. Cahaya tersebut juga bisa dijadikan senjata seperti laser, tembakan energi, juga sebuah serangan energi dahsyat yang bisa menghancurkan gedung. Berkat kekuatan ini, mungkin Kizaru bisa dianggap sebagai manusia tercepat di dunia One Piece.

Admiral Fujitora

Fujitora merupakan seorang mantan admiral di markas pusat, yang kembali aktif. Dalam masalah kekuatan dalam bertarung, Issho dianggap salah satu karakter terkuat di seluruh struktur pemerintah dunia. Issho juga merupakan pemakan buah iblis Zushi Zushi no Mi, dimana dia mampu mengendalikan gravitasi di sebuah wilayah sesuka hatinya.

Dia kemudian menyalurkan kekuatan gravitasi tersebut ke pedangnya yang membuat serangan pedangnya menjadi sangat dahsyat. Issho juga merupakan sosok yang menguasai dua jenis Haki, Busoshoku dan Kenbunshoku, yang mana Haki tersebut sangat berguna baginya baik dalam pertempuran maupun dalam kehidupan sehari-hari mengingat dia kehilangan kedua matanya. Dengan kedahsyatan tersebut wajar jika levelnya setara dengan Yonko.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.