Jika ditanya apa yang membuat Deadpool begitu menyebalkan bagi para sekutu dan juga musuh-musuhnya adalah selain dia sangat sulit untuk dikalahkan dan disingkirkan, Deadpool juga sangat sulit untuk dibunuh. Hal ini berkat healing factor yang ada pada dirinya, dimana Wade Wilson bisa sembuh dari luka apapun dalam waktu singkat. Bahkan, setelah dia terbelah dua sekalipun.

Selain memiliki kemampuan untuk bisa sembuh lebih cepat, Deadpool juga tahan terhadap serangan telepati, karena sel-sel otaknya mampu sembuh juga dalam waktu singkat. Hal ini membuat banyak orang bertanya dan berpikir, apakah ini artinya Deadpool adalah seorang immortal (abadi)? Berikut adalah penjelasannya.

Deadpool Mendapatkan Healing Factor Wolverine

Meskipun banyak yang menganggap Deadpool adalah bagian dari mutan, tapi dia bukanlah mutan. Kekuatan supernya berasal dari sebuah hasil uji coba  dari program Weapon X, program yang sama yang memberikan Wolverine tubuh adamantium dan healing factor. Yang membedakan adalah sebelum Wolverine menjadi subjek untuk uji coba tersebut, dia sudah menjadi mutan. Sedangkan Deadpool hanyalah orang biasa yang memiliki penyakit kanker.

Karena Wolverine pasca uji coba ini berubah menjadi sosok yang kekal – terbukti dengan dia muncul dalam beberapa judul, dan hidup selama berabad-abad – maka, bisa ditarik kesimpulan bahwa Deadpool juga bisa memiliki kemampuan yang sama dengan Wolverine. Tapi, apakah benar begitu?

Wolverine Bisa Mati, Tapi Deadpool Tidak

Permasalahan yang dimiliki oleh Wolverine adalah sebelumnya dia sudah pernah mati, sebelum kembali dibangkitkan. Dalam beberapa cerita, diperlihatkan bahwa Wolverine memang tidak akan mati atau sulit untuk mati, tapi seiring berjalannya waktu kemampuan healing factornya akan semakin melemah. Jika biasanya Logan butuh waktu hanya 1-2 jam untuk sembuh, maka sekarang dia butuh 1-3 hari.

Kita juga melihat dalam cerita Old Man Logan, bagaimana Logan bertambah usia dan menua sampai kemudian dia harus tewas. Penderitaan Logan ini dikaibatkan oleh adamantium yang ada di tubuhnya justru sekarang menjadi racun yang berbahaya. Healing factor yang dia miliki sudah tidak bisa lagi mengobati atau mengatasi masalah tersebut. Sehingga perlahan dia menua dan tewas.

Deadpool sendiri sebenarnya memilik hal yang sama, dengan kanker yang dia miliki, Healing factor yang ada di tubuh Wade, bukan hanya membuat dia mampu mengembalikan atau memperbaiki sel-sel normal tapi juga sel-sel kanker yang ada di tubuhnya. Artinya Wade “dikutuk” untuk tetap menderita kanker sepanjang hidupnya, berkat healing factor ini. Tapi, positifnya adalah sejauh ini Marvel memperlihatkan bagaimana kemampuan regenerasi tubuhnya masih baik. Bahkan, jauh lebih kuat dibandingkan Wolverine.

#

Dalam komik Deadpool: The End yang dirilis pada 2020 ini, para pembaca diperlihatkan ke masa depan Marvel Universe, dimana semua superhero marvel tewas tidak bersisa, kecuali Deadpool. Apa sebenarnya yang membuat Deeadpool begitu spesial sehingga dia terhindar dari kematian? Jawabannya adalah semuanya berkat rivalitasnya dengan Thanos.

Thanos dan Deadpool terlihat seperti tidak memiliki hubungan apa-apa pada awalnya. Tapi, sebenarnya mereka terlibat sebuah cinta segitiga antara Thanos, Deadpool, dan Lady Death. Ironisnya – entah sebenarnya apakah ini ironis atau tidak – disaat Thanos mencintai sosok Death, tapi justru Death jatuh cinta kepada Deadpool.

Hal inilah yang kemudian membuat Thanos mengutuk Deadpool dimana dia tidak bisa mati, agar Deadpool dan Death tidak bisa bersama. Hal ini tentunya bisa menjelaskan mengapa Deadpool bisa selamat dari berbagai peristiwa meskipun itu sudah merenggut nyawanya. Dan kemampuan ini juga jauh lebih baik dibandingkan karakter dengan kekuatan serupa.

Tapi, cerita ini memang tidak selamanya konsisten. Dalam cerita lainnya di alternate universe, Deadpool pernah diasumsikan menghilang dan tewas. Dalam komik Thor #1 yang ditulis oleh Jason Aaron, dua orang yang masih hidup dan selamat dari bencana hebat yang menimpa bumi adalah Thor yang sudah tua dan Wolverine dengan kekuatan Phoenix Force dalam dirinya. Dalam History of the Marvel Universe pun diperplihatkan bahwa Franklin Richards dan Galactus adalah dua makhluk yang selamat dari Earth-616.