Klan Otsutsuki adalah sebuah ras yang misterius yang sampai saat ini masih belum dijelaskan secara rinci. Pertama kali nama klan Otsutsuki muncul adalah ketika karakter Hagoromo Otsutsuki alias Sage of Six Path diperkenalkan dalam cerita. Kemudian di akhir series Naruto, kita kemudian diperkenalkan dengan sosok Kaguya Otsutsuki. Dan sejak saat itu, klan Otsutsuki menjadi pusat dari cerita di universe Naruto.

Dengan series Boruto yang sedang berjalan saat ini, banyak informasi baru mengenai klan Otsutsuki yang sudah diungapkan kepada para fans. Apa saja? Berikut adalah pembahasannya.

Klan Dengan kekuatan Yang Beragam

Anggota klan Otsutsuki tidak hanya memiliki akses kepada satu kekuatan saja. Sama seperti klan Uchiha dan Hyuga, yang setidaknya memiliki Kekkei Genkai atau jutsu yang dimiliki oleh salah satu klan, masing-masing anggota Otsutsuki sepertinya memiliki kekuatan yang sama. Namun, ada juga kekuatan yang berbeda antara satu Otsutsuki dengan yang lainnya.

Yang pasti kebanyakan klan Otsutsuki memiliki doujutsu Byakugan, tapi tentunya ada juga mereka yang memiliki kemampuan lain, seperti Momoshiki yang memiliki Rinnegan di telapak tangannya. Atau Isshiki yang memiliki Doujutsu yang belum diketahui. Isshiki juga memiliki kemampuan untuk mengecilkan benda atau menghadirkannya kembali secara cepat.

Tujuan Mereka

Tujuan dari klan Otsutsuki sendiri masih belum diketahui secara gamblang, tapi baru-baru ini, Amado coba menjelaskan apa sebenarnya tujuan dari klan Otsutsuki datang ke bumi. Menurutnya, klan Otsutsuki datang ke bumi dengan tujuan untuk menanam chakra yang kemudian akan dikonsumsi oleh Kaguya. Tidak hanya bumi, klan Otsutsuki juga melakukan hal yang sama kepada planet lain.

Mereka akan menanam bibit monster ekor sepuluh, yang kemudian akan mencuri seluruh chakra dari sebuah planet dan membuat monster ekor sepuluh tersebut berubah menjadi God-Tree. God-Tree sendiri akan menghasilkan buah chakra yang nantinya akan dikonsumsi oleh Otsutsuki. Buah tersebut memberikan kekuatan, dan daya tahan, serta memberikan kemampuan untuk mereka agar tetap awet muda dan berumur panjang.

Tanpa Batas

Sejauh ini, diketahui bahwa klan Otsutsuki tidak memiliki batasan terhadap seberapa kuat mereka tumbuh. Dengan kata lain, kita tidak tahu seberapa kuat atau sampai mana level kekuatan seorang Otsutsuki. Seperti yang dijelaskan dalam series Boruto, klan Otsutsuki adalah ras yang terus berkembang dan berevolusi, entah dengan mengkonsumsi energi orang-orang disebuah planet atau dengan mengkonsumsi seluruh material yang ada di planet tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut wajar jika kemudian tidak ada batasan terhadap seberapa kuat dan seberapa tangguh kemampuan mereka.

Keabadian

Anggota dari klan Otsutsuki dikenal sebagai sosok atau kelompok yang kekal abadi. Mereka mungkin bisa dibunuh, tapi mereka akan tumbuh dan kembali hidup dengan menggunakan tubuh lainnya. Untuk melakukan hal itu, seorang Otsutsuki harus menempelkan segel Karma kepada tubuh seseorang yang akan dia jadikan sebagai wadahnya. Segel Karma itu mengandung data-data dari sosok Otsutsuki tersebut, yang kemudian akan digunakan ketika diperlukan.

Segel Karma ini memang akan memberikan kekuatan dahsyat dan peningkatan kemampuan kepada mereka yang menjadi wadah Otsutsuki. Tapi, ada harga yang harus dibayar untuk itu semua. Semakin lama segel Karma itu berada di satu tubuh maka semakin kecil peluang bagi mereka untuk selamat, karena sosok yang menanamkan segel Karma tersebut bisa dengan mudah mengambil alih tubuhnya jika sudah terlalu lama.

Ninjutsu Ruang dan Waktu

Hampir seluruh anggota klan Otsutsuki, terutama mereka yang memang memiliki “darah murni”, diketahui memiliki kemampuan untuk mempraktikan ninjutsu ruang dan waktu. Ninjutsu ini akan membuat mereka mampu bepergian kemanapun dan ke dimensi manapun yang mereka inginkan. Kaguya Otsutsuki memiliki kekuatan dari Yomotsu Hirasaka dan Amenominaka.

Sementara anggota klan lainnya seperti Kinshiki, Momoshiki, dan Isshiki juga memiliki kemampuan yang cukup sama dengan Kaguya. Kekuatan ini juga ternyata mampu digunakan oleh mereka yang memiliki segel Karma.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2