Yonko merupakan salah satu kekuatan besar dalam dunia One Piece, dimana mereka menguasai wilayah New World. Masing-masing Yonko memiliki kerajaan atau wilayah cakupannya sendiri, dan teritori tersebut tidak boleh diganggu gugat, kecuali memang mereka ingin berperang. Pemerintah Dunia sendiri belum berhasil mengambil kembali wilayah yang menjadi teritori Yonko.

Pemerintah Dunia sangat bertentangan dengan apapun pengaruh dari Yonko. Mereka tidak pernah setuju dengan keputusan para Yonko, tapi tidak ada bisa yang mereka lakukan. Jika sebagian besar wilayah di One Piece merupakan wilayah yang dikuasai Pemerintah Dunia, ada wilayah yang justru mendapatkan perlindungan dari para Yonko. Apa saja?

Pulau Manusia Ikan

Pulau manusia ikan atau pulau duyung tidak ada di atas permukaan air, melainkan di bawah air. Lokasinya berada di 10.000 meter di bawah permukaan laut, tepat dibawah Mary Geoise. Jika seorang bajak laut hendak pergi ke New Wold, maka mereka harus melewati pulau ini terlebih dahulu. Untuk pergi menuju pulau manusia ikan pun sangat sulit, karena mereka harus menyewa jasa untuk melapisi kapal mereka agar tidak hancur oleh tekanan air.

Wilayah pulau manusia ikan dulunya adalah teritori milik Whitebeard. Namun, setelah Whitebeard tewas, Charlotte Linlin yang kemudian mengambil alih wilayah ini. Tapi, semenjak kedatangan Luffy ke pulau ini, sekarang Luffy menjadi sosok yang menjaga pulau tersebut. Luffy sendiri berteman baik dengan Shirahoshi, putri dari kerajaan Ryugu.

Wano

Wanokuni atau negara Wano terletak di New World dan saat ini menjadi fokus dalam cerita utama di seriesnya. Wano merupakan satu-satunya tempat yang terisolasi, dimana sangat sulit untuk keluar masuk wilayah tersebut. Hal ini merupakan perintah dari klan Kozuki yang dilakukan beabad-abad lalu. Karena itulah, tidak ada kekuatan dari luar yang bisa mengintervensi wilayah Wano.

Ketika Orochi muncul sebagai pemimpin baru Wano, dia kemudian beraliansi atau bekerja sama dengan Kaido. Dan secara tidak langsung, Wano dan Onigashima menjadi wilayah yang ada dibawah kekuasan Kaido. Saat ini, Luffy dan aliansinya sedang berusaha untuk mengalahkan Kaido dan seluruh anak buahnya. Selain agar penduduk Wano tidak lagi menderita, hal ini dilakukan agar wilayah Wano bisa kembali dibuka untuk semuanya.

Totland

Totland merupakan salah satu dari beberapa negara atau wilayah yang diciptakan oleh Yonko. Tempat ini merupakan hasil kreasi dari sosok yang tidak lain adalah Charlotte Linlin alias  Big Mom. Karena kecintaannya kepada makanan, khususnya makanan manis, wilayah Totland dibangun dengan “desain” berbentuk makanan. Mulai dari kue tart sampai es krim. Bahkan, ada juga bangunan yang bisa dimakan.

Totland sendiri terdiri dari 36 pulau, yang mana masing-masing pulaunya dikuasai oleh sosok menteri. Sosok menteri tersebut adalah anak-anak dari Big Mom. Sang Yonko tidak akan pernah mau mempercayakan kepemimpinan wilayahnya kepada orang lain. Wilayah utama dari Totland sendiri disebut Whole Cake Island, dan dipimpin atau dikuasai oleh Big Mom. Kekuatan Big Mom dan pasukannya benar-benar dahsyat, bahkan Pemerintah Dunia pun tidak mau berurusan dengan Big Mom.

Beehive Island

Beehive Island adalah salah satu tempat yang ikonik bagi bajak laut di dunia One Piece. Ini adalah tempat atau wilayah yang dikenal sebagai origin dari Davy Back fight dan juga merupakan tempat terbentuknya kru bajak laut Rocks. Selain dari tempatnya yang memiliki “sejarah”, pulau ini juga dianggap sebagai surganya para bajak laut. Karena tentunya semua yang berkaitan dengan bajak laut ada di pulau ini.

Sayangnya, tidak terlalu banyak informasi mengenai pulau Beehive. Setelah Rocks tidak lagi menjadi penguasa di wilayah tersebut, saat ini pulau Beehive berada di bawah kekuasaan Blackbeard. Blackbeard bahkan menjadikan pulau ini sebagai markas utamanya.

Pulau Sphinx

Dahulu, pulau Sphinx adalah sebuah tempat yang menyedihkan. Kurangnya bahan makanan dan obatan-obatan, membuat penduduk pulau ini sangat menderita. Pulau Sphinx adalah kampung halaman dari Whitebeard, dan sejak dia berpetualang menjadi bajak laut dan kemudian menjadi Yonko, wilayah ini kemudian menjadi salah satu wilayah lainnya yang berada di bawah kendalinya.

Whitebeard secara rutin mengirimkan berbagai suplai ke pulau ini, untuk menjamin keamanan dan kemakmuran mereka. Namun, setelah kematiannya, tidak diketahui siapa yang kemudian menjaga pulau ini. Dari apa yang diperlihatkan dalam cerita, sepertinya Marco menjadi penjaga selanjutnya, meskipun sebenarnya ini adalah “wasiat” dari Whitebeard.