Roronoa Zoro merupakan salah satu karakter dalam cerita One Piece yang paling banyak difavoritkan, bahkan mengalahkan sosok Luffy. Zoro sendiri adalah dulunya seorang pemburu buronan angkatan laut sebelum kemudian bertemu dengan Luffy dan bergabung dengan kru Topi Jerami. Saat ini, dia adalah salah satu Worst Generation dengan nilai buruan mencapai ratusan juta Belly.

Selain dari karakternya yang konyol, Zoro juga memiliki penampilan yang cukup menarik. Dia terlihat sangat keren dan gagah dengan kaus berwarna putih serta penutup kepala berwarna hijau. Tiga pedangnya selalu ada di pinggangnya. Jika Geeks perhatikan ada bekas luka yang ada di bagian mata sebelah kiri Zoro, seperti bekas sayatan pedang atau semacamnya.

Banyak para fans yang bertanya-tanya ada apa sebenarnya dibalik mata Zoro yang terluka tersebut. Dan ada banyak juga yang berteori bahwa mata tersebut mengandung Asura. Seperti yang pernah ditampilkan sebelumnya, ketika Zoro melakukan teknik andalannya, Asura, maka sebelah bagian matanya akan terlihat merah menyala. Sehingga bisa diasumsikan bahwa bagian mata kiri Zoro terdapat kekuatan yang sangat dahsyat.

Ada juga teori yang menyebutkan bahwa bekas luka di mata Zoro tersebut mengandung kutukan dari iblis yang ada di pedang miliknya, Sandai Kitetsu. Sebelum Zoro membeli pedang tersebut, si penjual sudah memberikan peringatan bahwa pedangnya dikutuk oleh si pembuat. Namun, Zoro sepertinya tidak peduli dan tidak percaya terhadap takhayul seperti itu.

Terdapat teori juga yang menarik, dimana bekas luka tersebut sengaja dibuat untuk menguasai kemampuan merasakan orang-orang atau benda di sekitarnya. Hal ini sama dengan menggunakan Haki Pengamatan dimana seseorang bisa merasakan keberadaan seseorang dari jauh. Seperti halnya sharingan dalam franchise Naruto dimana seseorang harus merasakan penderitaan atau trauma, sepertinya untuk bisa mengaktifkan atau mendapatkan kemampuan ini, seorang ahli pedang harus kehilangan penglihatannya.

Namun, diantara banyaknya teori yang dirasa masuk akal adalah luka tersebut merupakan “kenang-kenangan” saat dia bertarung melawan Mihawk, atau saat berlatih bersama Mihawk. Hal ini menjadi masuk akal, mengingat gaya latihan dan bagaimana Mihawk melatih Zoro dengan sangat keras dan kejam. Hal ini tentunya untuk membuat Zoro semakin kuat dan meredakan keras kepalanya.

Ada hal menarik yang juga diperlihatkan oleh Eiichiro Oda pada break di chapter 597 (sebelum time-skip, terkait sosok Zoro. Oda memperlihatkan kita berbagai desain karakter baru dari para kru Topi Jerami yang akan muncul/digunakan di masa depan. Terlihat Oda sendiri menggambar dua luka berbeda di bagian mata Zoro, yang artinya ada sedikit keraguan pada awalnya mengenai luka tersebut.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa bisa jadi sebenarnya, luka yang ada di bagian mata Zoro ini tidak memiliki arti apa-apa atau tidak mengandung teknik dahsyat yang selama ini diasumsikan. Kemungkinan itu hanyalah sebuah luka biasa hasil pertarungannya dahulu. Namun, yang juga tidak kalah menarik adalah luka di bagian mata Zoro mengingatkan akan seseorang yang sangat hebat, yaitu Silvers Rayleigh.

Rayleigh adalah tangan kanan dari Gol D. Roger. Dia juga merupakan sosok ahli pedang terhebat, dengan kemampuan Hakinya yang dahsyat. Rayleigh sendiri memiliki bekas luka di bagian kanan matanya. Mengingat Oda sangat senang untuk menghadirkan cerita paralel antara masa lalu dan masa sekarang, bisa jadi Zoro adalah sosok Rayleigh bagi Luffy. Dia akan memiliki takdir yang sama dengan Rayleigh, mungkin lebih.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.