Gear 4 yang dimiliki Luffy saat ini merupakan salah satu bukti bagaimana kemampuan Luffy sudah berkembang, sejak pertama kali dia diperkenalkan. Pada awalnya, Luffy hanya menggunakan Gear 1-3 saja. Bahkan, Gear 3 sendiri merupakan kekuatan terbesar Luffy untuk menghadapi berbagai musuh. Sampai kemudian dia melakukan latihan selama dua tahun bersama Rayleigh.

Berkat latihan tersebut, saat ini Luffy mampu menggunakan tiga kemampuan form Gear 4, yang merupakan Gear terkuat. Sejauh ini, Luffy baru memperlihatkan tiga kemampuan dari Gear 4 tersebut. Dan dalam pertarungannya melawan Kaido di Onigashima, ada kemungkinan bila Luffy akan mendapatkan kemampuan keempat. Dan kemampuan keempat tersebut kemungkinan akan bernama Lion Man.

Ada alasan mengapa Luffy kemungkinan akan menggunakan nama tersebut. pertama, form Tank Man bisa jadi adalah form pertahanan dari Luffy dan hal ini memang sesuai dengan namanya. Sedangkan tiga form lainnya adalah form serangan bagi Luffy. Gear 4 Luffy sendri terinspirasi dari binatang. Bukan sekedar binatang biasa, binatang yang digunakan termasuk kategori “raja”.

Contohnya adalah King Kong, King Cobra dan King of the Jungle. Geeks masih ingat ada tiga binatang raksasa yang tidak jadi dimakan oleh Luffy di pulau Ruskaina? Mereka adalah singa, buaya, dan gorilla. Untuk menghadapi mereka, Luffy terpaksa harus menggunakan Gear 4. Form Bound Man bisa jadi adalah cara untuk mengalahkan sang gorilla, sedangkan Lion Man adalah cara untuk mengalahkan sang singa.

Dan form Snake Man adalah form untuk mengalahkan sang buaya/reptil/ular. Intinya adalah Luffy selalu beradaptasi untuk bisa menghalahkan binatang yang berbeda. Bentuk form keempat Luffy bisa jadi sebenarnya sudah diberi petunjuk pada saat pertarungannya melawan Doflamingo. Dalam pertarungan tersebut, Luffy menggunakan teknik Python, yang digunakan ketika Luffy mengakses form Snake Man.

Luffy juga mengenakan teknik yang disebut Leo Bazooka. Sama seperti Python dalam form Snake Man, Leo Bazooka juga akan menjadi lebih kuat ketika Luffy mengakses form Lion Man. Jika Bound Man adalah form yang menyeimbangkan antara serangan dan pertahanan, Snake Man adalah form yang mengandalkan kecepatan, maka Lion Man merupakan form yang benar-benar memanfaatkan kemampuan dan kekuatan fisik dari Luffy. Dan juga akan terdengar begitu puitis, ketika sang Kaido, raja dari binatang buas, berhasil dikalahkan oleh oleh sang raja binatang (singa).

Pertarungan Luffy dan Kaido akan menjadi pertarungan dua perwujudan binatang: yaitu naga melawan singa. Dalam kebudayaan Tiongkok, singa menggambarkan kekuatan. Sosok singa juga dianggap membawa keberuntungan dan kebaikan, karena itulah singa dimunculkan dalam tarian barongsai setiap tahun baru Imlek.

Wano sendiri sudah sejak 20 tahun yang lalu berada dalam kesialan, karena berada di bawah kepemimpinan Kaido. Luffy bisa jadi adalah singa yang akan membawa keberuntungan bagi penduduk Wano.  Lalu, bagaimana sang singa akan mengalahkan sang naga di arc ini? sang naga adalah karakter yang jahat dan selalu berusaha untuk bisa berkuasa.

Sang singa sendiri adalah sosok karakter yang memiliki kekuatan untuk bisa menghadapi sang naga, dan memiliki karisma untuk membuat orang-orang di sekelilingnya mau bergabung dan bertarung bersama. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah Lion Form ini akan menjadi senjata pamungkas untuk bisa mengalahkan Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.