Musuh utama dalam series The Falcon and The Winter Soldier nanti bisa jadi bukanlah Hydra seperti yang selama ini diperkirakan, melainkan AIM. Series The Falcon and The Winter Soldier pada awalnya akan menjadi pembuka bagi TV series Marvel di Disney Plus. Sayangnya, rencana perilisan seriesnya pada musim gugur ini harus batal karena adanya pandemi virus Corona.

Seriesnya sendiri dikabarkan akan kembali menghadirkan petualangan Sam Wilson dan Bucky Barnes, pasca Avengers: Endgame. Sam Wilson harus menghadapi penolakan dari pemerintah Amerika terkait dirinya sebagai Captain America. Mengingat Hydra merupakan organisasi yang sudah sejak lama memiliki koneksi dengan Captain America, banyak fans menduga bahwa mereka juga akan muncul di seriesnya, sebagai villain utama. Hal ini diperkuat oleh kemunculan Baron Zemo. Tapi, ada kemungkinan bahwa bukan Hydra yang akan mereka berdua hadapi melainkan AIM.

Sejarah AIM di MCU

Organisasi Advanced Idea Mechanics (AIM) pertama kali diperkenalkan pada 2013 lalu, dalam film Iron Man 3. Dalam timeline MCU, Aldrich Killian sudah sejak 1999 memiliki ide untuk membangun AIM dan sudah sejak lama dirinya ingin bekerja sama dengan Tony Stark. Namun, pada saat itu Tony “mengacuhkan” Killian, dan hal itu membuatnya dendam kepada Tony Stark.

Mereka kemudian kembali bertemu satu dekade kemudian ketika Killian dan AIM mulai menunjukan berbagai kemungkinan teknologi yang mereka miliki, termasuk Extremis. Killian secara diam-diam adalah orang dibalik propaganda palsu mengenai The Mandarin, dimana tujuan aslinya adalah untuk menghancurkan kehidupan dari Tony Stark. Terlepas Killian yang memiliki rencana besar untuk AIM, organisasi ini tidak terlalu banyak menunjukan dirinya seperti apa yang diperlihatkan di Iron Man 3.

Killian sendiri kemudian dibunuh oleh pepper Potts, setelah sebelumnya Killian membunuh ilmuwannya sendiri yaitu Maya Hansen. Pasca peristiwa penculikan Presiden Amerika, AIM sepertinya sudah tidak lagi aktif. Namun, bisa jadi semuanya hanya tipuan dimana mereka justru sebenarnya diam-diam berkumpul kembali dan akan muncul di The Falcon and The Winter Soldier.

Ada Agen AIM

Trailer penuh untuk seriesnya sendiri sampai saat ini memang masih belum diperlihatkan, tapi Disney dan Marvel sempat merilis beberapa footage di awal 2020. Dalam salah satu momen singkat, terdapat sebuah adegan yang menghadirkan beberapa orang dengan kostum terbangnya. Pada awalnya, warna dari pakaian terbang tersebut terlihat seperti hijau dan kuning, yang memberikan tanda bahwa itu bisa jadi adalah kelompok Hydra.

Tapi, jika kita lihat secara lebih detail warna dari baju terbang tersebut adalah hitam dan kuning. Warna tersebut merupakan warna utama dari AIM. Biasanya, hitam adalah warna utama mereka dan kuning adalah warna kedua, tapi bisa saja Marvel melakukan sedikit perubahan terkait hal ini. Jika, memang adegan tersebut merupakan adegan penting bagi series ini, maka bisa disimpulkan bahwa kita sebenarnya sudah melihat agen AIM yang sedang beraksi.

Apa Yang Diinginkan AIM di Series Ini

Jika AIM memang adalah villain utama dari The Falcon and The Winter Soldier, pertanyaanya kemudian apa yang sebenarnya mereka incar atau inginkan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita tidak tahu apa yang mereka lakukan pasca Iron Man 3 dan Avengers: Endgame. Sehingga yang hanya bisa kita lakukan sekarang ada memprediksi dan berspekulasi tentang ancaman apa yang akan mereka lakukan.

Berbeda dengan Stark Industries dan Hammer Industries, AIM lebih tertarik terhadap apapun yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dibandingkan senjata, meskipun pada akhirnya mereka juga memiliki senjata canggih yang bisa digunakan untuk menjalankan rencana mereka. Untuk kasus di series ini, bisa jadi AIM sebenarnya memiliki rencana untuk menghidupkan kembali program tentara super.

Berdasarkan footage yang diperlihatkan kepada para pemegang saham Disney, Bucky bertanya kepada Zemo tentang kemunculan lagi program tentara super tersebut dan bisa jadi inilah cara untuk “melahirkan” sosok John Walker, yang merupakan Captain America pilihan pemerintah Amerika. Riset pembuatan serum tentara super tersebut bisa jadi adalah hal yang diincar oleh AIM. Mereka mungkin akan membuat serum seperti saat Steve Rogers dibuat, dengan adanya “tambahan” seperti ciptaan AIM nanti harus patuh pada mereka.

Dampak Keterlibatan AIM Bagi MCU

Melihat beberapa poin yang ada di masa depan Mcu, ada kesempatan bagi AIM untuk bisa tumbuh menjadi organsiasi yang memiliki peran besar di MCU. Meskipun keterlibatan AIM di series ini masih sebatas spekulasi, ada juga beberapa petunjuk yang memperlihatkan adanya keterlibatan AIM dalam peristiwa di film Black Widow. Dalam trailernya diperlihatkan Yelena Belova, diculik dan kemudian dia dibawa ke sebuah ruangan untuk dilakukan semacam uji coba. Dan ada logo AIM di peralatan yang mereka gunakan.

Dalam komiknya, AIM membangun robot yang disebut sebagai Super-Adaptoids dan bahkan yelena juga dijadikan Super-Adaptoids oleh AIM. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa adegan di trailer tersebut adalah upaya AIM untuk mengubah Yelena menjadi Super-Adaptoids. Kemunculan AIM di The Falcon and The Winter Soldier, bisa menjadi jalan untuk kemunculan MODOK yang dalam komiknya adalah pemimpin dari AIM.

Bisa jadi MODOK/AIM adalah klien yang dimaksud oleh Sonny Burch dalam film Ant-Man and The Wasp, dimana mereka tertarik terhadap teknologi Hank Pym. Jika benar, maka AIM juga kemungkinan akan memiliki peran di film Ant-Man 3 nanti – terlepas munculnya Kang the Conqueror yang dikabarkan akan menjadi villain di filmnya. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana peran AIM di Phase 4 MCU ini.