Pertarungan antara Luffy dan Katakuri adalah salah satu pertarungan paling sengit yang ditampilkan dalam cerita One Piece, dan seriesnya sendiri sudah mengkonfirmasi beberapa detail yang sudah sejak lama para fans prediksikan saat pertarungan tersebut. Ketika pertarungannya berlangsung, Luffy dan kita pun pastinya sudah menduga bahwa Luffy memang tidak akan menang melawan Katakuri.

Katakuri adalah komandan terkuat di kelompok bajak laut Big Mom, dan satu kalipun dia tidak pernah kalah dalam pertarungan. Artinya Katakuri tentunya sudah pernah bertarung melawan sosok karakter yang jauh lebih kuat dari Luffy sebelumnya. Meskipun Luffy benar-benar tidak berdaya, tapi pada akhirnya dia berhasil menang setelah Katakuri mengaku kalah dan mengakui determinasi Luffy.

Hal ini dikonfirmasi dalam One Piece Magazine volume terbaru yang dirilis pada minggu kemarin. Seperti dikutip dari akun Twitter @SoulstormOP, dalam majalah tersebut Oda Sensei mengkonfirmasi apa yang sudah sejak lama menjadi dugaan para fans. Meskipun Luffy pada akhirnya menang, sebenarnya Luffy tidak lebih kuat dari seorang Katakuri.

Dalam terjemahan yang dilakukan oleh fan tersebut dijelaskan, bahwa Luffy harus melakukan hal apapun untuk bisa meraih kemenangan. Luffy tidak memiliki cara lain sehingga dia harus melibatkan seorang tawanan/melakukan penculikan. Luffy adalah seorang bajak laut dan bukanlah seseorang yang ingin disebut sebagai pahlawan. Luffy menjelaskan bahwa tidak ada kata “pengecut” dalam dunia bajak laut.

Dalam pertarungan tersebut, Luffy memang terpaksa harus menggunakan cara lain selain mengerahkan semua kekuatannya. Dia harus menggunakan taktik “kotor” dengan cara melibatkan adik dari Katakuri, Brulee, ke dalam pertarungan. Tujuannya tentunya adalah untuk melemahkan mental Katakuri, dan juga menjadi salah satu cara untuk mengalahkan Katakuri.

Katakuri sendiri sebenarnya mengakui bahwa Luffy adalah sosok lawan yang tangguh, dan tidak mudah dikalahkan, meskipun dia sudah menggunakan Haki dan juga kemampuan buah iblis Mochi Mochinya. Katakuri kemudian sadar bahwa Luffy adalah sosok musuh yang tidak bisa dikalahkan dengan hanya mengandalkan kemampuan dan kekuatan saja.

Dengan adanya konfirmasi dari Eiichiro Oda terkait pertarungan Luffy dan Katakuri tersebut, tentunya menjadi sebuah kejutan besar lainnya yang muncul di New World Saga ini. Momen ketika Luffy frustasi saat menghadapi musuhnya karena dia tahu dia tidak akan bisa menang dalam pertarungan tersebut, adalah salah satu momen yang sangat jarang diperlihatkan di series ini.

Meskipun Luffy dan kru Topi Jerami harus mengalami banyak sekali kekalahan dalam arc Whole Cake Island, setidaknya pertarungan melawan Katakuri menyelamatkan “reputasi” Luffy. Seperti dalam pembahasan di artikel selanjutnya, kemampuan Luffy saat ini memang sudah meningkat jauh pasca time-skip terjadi. Tapi, peningkatan kekuatannya belum terlalu signifikan.

Luffy masih menjadi bulan-bulanan bagi musuh atau karakter yang lebih kuat darinya, contohnya adalah Katakuri, Big Mom, atau kaido. Entah apa rencana Oda Sensei selanjutnya terhadap perkembangan karakter Luffy, pertarungan di Onigashima ini tentunya akan menjadi ajang pembuktian bahwa Luffy bukanlah “pengecut” dan dia akan menggunakan taktik apapun untuk menang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.