Batman memiliki banyak julukan sejak pertama kali muncul pada 1939 lalu. Sang ksatria malam, sosok penjaga Gotham, pahlawan yang mengerikan, gelap, brutal, dan lain-lain. Tapi, sangat jarang kita ketahui bahwa sepanjang sejarah kemunculannya di komik, Batman juga sering melakukan hal-hal yang konyol, yang mungkin jarang orang ketahui apalagi para fans Batman di era modern.

Di era modern ini, memang Batman selalu digambarkan sebagai sosok yang serius, cerdas, berwibawa, pemimpin yang baik, dan sebagainya. Namun, di masa lalu, DC Comics sepertinya tidak ragu untuk menghadirkan “sisi konyol” dari Batman, terlepas apakah itu disengaja ataupun tidak. Berikut adalah beberapa momen konyol dari Batman.

Mengantuk Saat Beraksi

Sering keluar malam hari dan kurang tidur, membuat sosok Bruce Wayne menjadi cepat lelah dan juga sering mengantuk. Batman #222 menjadi bukti bagaimana Batman berjuang sangat keras untuk bisa melawan rasa kantuk tersebut. Dalam volume tersebut diperlihatkan Batman sudah sangat lelah, dengan kegiatan yang dia lakukan setiap malam. Sampai, pada suatu ketika rasa lelah dan kantuk yang dia alami tidak bisa lagi tertahankan.

Batman melihat seseorang mencuri sebuah kamera. Batman berusaha keras untuk mengejar penjahat tersebut, tapi hal itu benar-benar menguras kekuatannya. Dan ketika Batman berhasil menangkap penjahatnya, Batman tidak bisa lagi menahan rasa ngantuk sampai akhirnya tersungkur ke badan penjahat tersebut. Setelah semuanya selesai, akhirnya Batman pun bisa pulang dan tidur dengan nyenyak.

Kostum Yang Berwarna

Dalam Detective Comics #241, Robin berhasil menyelamatkan seorang perempuan ketika dia hampir saja tertabrak mobil yang dikendarai oleh para perampok. Sayangnya, lengan Robin terluka saat dia melakukan hal tersebut. Robin berhasil mengingat wajah mereka dan mulai memburu para perampok tersebut. Batman, di sisi lain, mulai menggunakan kostum yang berbeda-beda warna setiap malam, saat dia beraksi.

Batman kemudian mengatakan bahwa hal itu sengaja dia lakukan sebagai salah satu cara agar Robin bisa selamat, dan seluruh perhatian musuh akan mengarah kepada Batman. Selain itu, mengganti-ganti warna kostum yang dikenakan pun merupakan salah satu cara untuk menghindarkan Batman dari koneksi antara luka yang dialami oleh Robin dan Dick Grayson. Dan jika dilihat memang sepertinya strategi Batman untuk mendapatkan perhatian berhasil.

Batman Menikah Dengan Batwoman

Batman dan Robin merupakan pasangan superhero yang epik dan ikonik sejak dahulu, bahkan pasangan pahlawan ini sudah menjadi simbol budaya pop sampai sekarang. Lagipula, Robin selalu memandang Batman sebagai sosok mentor yang akan selalu dia ikuti berbagai petuahnya. Jadi, wajar jika kemudian Robin merasa takut akan kehilangan Batman.

Dalam cerita komik Batman #122 kita diperlihatkan bagaimana Robin begitu takut ditinggalkan oleh Batman. Ceritanya sendiri dibuka dengan Bruce Wayne yang pergi berkencan dengan Kathy Kane, sosok dibalik Batwoman. Mengetahui hal tersebut Dick Grayson merasa bahwa dirinya akan disingkirkan dan tidak lagi dibutuhkan oleh Bruce Wayne.

Ketakutan Dick Grayson tersebut sampai membuatnya berkhayal jika Bruce dan Kathy kemudian menikah. Dan pernikahan tersebut membuat Dick akhirnya “diusir” dari Bat-Family. Namun, untungnya, semua kegelisahan dan ketakutan dari Dick Grayson tersebut hanyalah sebuah mimpi belaka, karena pada kenyataanya Bruce tidak pernah mendepak atau mengusir Dick Grayson, bahkan sampai saat ini.

Menjual Semua Barangnya.

Dalam Batman #191, diceritakan bahwa Batman bertarung melawan seorang villain bernama Ira Radon dan tidak sengaja mendorongnya ke sebuah reaktor nuklir. Anehnya, pasca pertarungan tersebut keesokan harinya Batman mengumumkan bahwa dia akan pensiun dan menjual seluruh peralatannya. Batman kemudian mengaku bahwa setelah pertarungannya melawan Ira Radon, seluruh peralatannya terkena radiasi nuklir.

Sebelumnya, Ira Radon sendiri mengancam jika Batman tidak pensiun maka dia akan meningkatkan tingkat radiasi nuklirnya dan membunuh Batman dengan radiasi tersebut. Batman pada akhirnya berhasil mengalahkan Ira Radon dengan membalutkan dirinya dengan tanah liat, demi menghindari radiasi nuklir yang menempel di tubuhnya. Dan seluruh benda-benda tersebut juga dibeli oleh semua pegawai Wayne Foundation.

Zebra dan Batman

Dalam Detective Comics #275, Zebra Man berhasil menciptakan sebuah mesin yang bisa memberikannya kemampuan magnet yang dahsyat. Tapi, setelah pertarungannya melawan Batman, justru Batman juga kini memiliki kemampuan yang sama dengan Zebra Man. Tanpa adanya sabuk regulator yang dimiliki oleh Zebra Man, Batman mulai menghempaskan orang-orang yang dekat dengannya.

Hal yang sama juga terjadi ketika dia berada di dekat Zebra Man. Sama seperti dua kutub magnet yang sama dan saling berhadapan, maka keduanya akan menjauh. Hal ini juga sama dalam kasus Zebra Man dan Batman, yang mana hal itu membuat Batman sulit untuk menangkap Zebra Man.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.