Kru bajak laut Topi Jerami adalah salah satu kelompok bajak laut terkuat saat ini. Dibandingkan dengan kru bajak laut Kidd atau Law, memang kualitas kru Topi Jerami jauh diatas mereka. Meskipun kemampuan mereka tidak merata, namun kru Topi Jerami saling melengkapi satu sama lain. Itulah yang membuat mereka kompak dan solid.

Tapi, tidak bisa dipungkiri juga jika kekuatan dan kemampuan menjadi permasalahan yang harus dihadapi di kru ini. Suka atau tidak suka, kru Topi Jerami selalu bergabung kepada tiga kru andalan mereka yaitu Sanji, Zoro, dan Luffy. Mereka sering kali disebut sebagai trio monster. Hubungan dinamis mereka sangat terbangun sejak ketiganya bertemu dan berada di kapal yang sama.

Harus diakui juga, dibandingkan dengan Luffy dan Zoro, Sanji adalah karakter yang kurang begitu dominan dalam pertarungan. Kekuatan Sanji sering kali disandingkan dengan sosok Zoro, bahkan bisa dibilang ada persaingan kekuatan diantara mereka berdua. Namun, hal itu tidak merusak dinamisme diantara mereka bertiga sampai kemudian muncul sosok Jinbe.

Jinbe adalah anggota baru dalam kelompok Topi Jerami. Meskipun begitu, pertemuan antara Luffy dan Jinbe sendiri sebenarnya sudah lama terjadi. Jinbe merupakan sahabat dari Ace, yang dimintai tolong untuk menjaga Luffy. Luffy dan Jinbe sendiri bertemu di Impel Down dan kemudian mereka terlibat berbagai petualangan besama, seperti saat perang besar di Marineford atau saat Luffy harus menghadapi para penjahat di arc pulau manusia ikan.

Jinbei kemudian bergabung dengan kru Topi Jerami di akhir arc Whole Cake Island, namun pada saat itu dia belum bergabung karena mencoba untuk menghadang sosok Big Mom. Jinbei baru bergabung di babak ketiga arc Wanokuni saat aliansi Luffy hendak pergi ke Onigashima. Bergabungnya Jinbei ini memang mendapatkan tanggapan beragam dari para fans. Ada yang mendukungnya dan ada yang menolak.

Mereka yang mendukung beranggapan bahwa bergabungnya Jinbei akan menambah kekuatan kru Topi Jerami. Jinbei adalah salah satu petarung hebat dengan karate manusia ikannya. Selain itu dia juga handal dalam mengendalikan kapal. Tapi, di sisi lain, mereka yang menolak beranggapan bahwa kemunculan Jinbei justru akan membuat “semuanya” kacau, khususnya dinamisme yang sudah terbangun kuat diantara trio monster.

Dan entah memang sengaja atau tidak, Eiichiro Oda seolah memberikan petunjuk bahwa memang kemunculan Jinbei justru merusak dinamisme diantara trio monster sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dalam beberapa chapter terakhir. Jinbei begitu bersemangat untuk menghadapi para bajak laut Beast, dengan muncul dalam beberapa momen penting. Sama halnya dengan Luffy dan Zoro.

Di panel terakhir chapter 987 kita juga melihat bahwa tiga orang yang ada di depan adalah Zoro, Luffy, dan Jinbei. Padahal, biasanya posisi Jinbei selalu diisi oleh Sanji.  Memang masih belum diketahui secara pasti mengapa Oda Sensei melakukan hal tersebut. Ada yang beranggapan bahwa hal ini terjadi karena Oda Sensei jauh lebih menyukai karakter Jinbei dibandingkan Sanji.

Meskipun terlihat dan terasa sangat aneh dimana Sanji “digantikan” oleh Jinbei, apalagi setelah apa yang terjadi diantara mereka bertiga selama dua dekade lebih,  tapi ini benar terjadi. Oda sepertinya tidak ragu untuk “mengganti” apa yang sebelumnya sudah terjalin sejak lama dan sudah berjalan dengan baik. Di chapter 990 kemarin, sebenarnya bisa saja Sanji yang menahan serangan tongkat dari the Numbers. Namun, justru Jinbei yang melakukannya.

Pertanyaanya kemudian apakah memang Jinbei merusak dinamisme diantara ketiga karakter tersebut? jika ya, apakah Sanji bisa kembali ke posisinya semula? Kemungkinan Jinbei tidak memiliki niatan untuk menggeser posisi Sanji diantara mereka bertiga. Jinbei sadar bahwa dia adalah “anak baru” di kru tersebut, dan meskipun dia lebih berpengalaman Jinbei sadar bahwa hubungan yang terjadi diantara Sanji, Luffy, dan Zoro sudah terbangun sejak lama.

Jinbei sepertinya hanya melakukan yang terbaik untuk bisa menjaga Luffy, agar kemudian tidak tewas. Lagipula, dia sudah berjanji kepada Ace untuk menjaga dan merawat Luffy. Janji yang dia buat ketika dia dan Ace berada di Impel Down, sebelum eksekusi Ace dilakukan. Jadi, wajar jika dia kemudian memberikan segala yang dia miliki, melakukan apa yang dia bisa, untuk menjaga Luffy. Semuanya semata-mata demi memenuhi janjinya.

Pertarungan besar di arc Wanokun ini, seperti banyak diprediksi banyak orang, akan menjadi batu loncatan dan juga ajang pembuktian bagi para kru Topi Jerami termasuk Sanji. Pasca mengalahkan Kaido, Calamities, dan kemungkinan Big Mom, kemampuan mereka akan meningkat. Dan kemenangan yang akan mereka raih akan menjadi pembutkian seberapa tangguhnya mereka.

Banyak yang memprediksi bahwa  Sanji akan bertarung melawan King, karena sama-sama memiliki kemampuan bertarung di udara. Tapi, ada kemungkinan juga dia bertarung melawan Queen. Terlepas siapa yang akan dilawan oleh Sanji nantinya, ini akan menjadi momen pembuktian bahwa Sanji tidak “selemah” yang orang lain pikirkan. Dia adalah salah satu dari trio monster Topi Jerami, salah satu kru terkuat, dan sosok yang bisa diandalkan.