Dalam seri anime, harus diakui memang genre shounen adalah genre yang paling banyak peminatnya. Banyak judul-judul menarik dan populer dari genre shounen seperti One Piece atau Naruto. Namun, ada juga genre anime lainnya yang tidak kalah populer dari genre shounen yaitu mecha atau robot. Genre ini biasanya menghadirkan cerita tentang robot atau pertarungan robot.

Genre mecha sendiri sudah sejak lama muncul, dengan dirilisnya Astro Boy dan Gigantor. Meskipun sebagian besar ceritanya adalah pertarungan robot atau ada kaitannya dengan robot, tapi genre mecha tentunya tidak hanya itu. Ada juga judul-judul anime bergenre mecha yang menghadirkan cerita menarik, diluar yang berkaitan dengan robot. Berikut adalah beberapa diantaranya.

5Mobile Suit Gundam 00

Genre mecha mungkin sudah diawali oleh Astro Boy, tapi untuk kepopulerannya baru dimulai ketika franchise Gundam dirilis. Mobile Suit Gundam yang tayang pada 1979, menjadi sebuah gebrakan baru untuk genre ini. Franchisenya merubah tema dari “robot fantastis” di era 70an menjadi “robot sesungguhnya” yang kemudian populer di era 1980an. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya generasi baru anime mecha.

Selain series orisinalnya, Mobile Suit Gundam 00 yang tayang pada 2007 juga menjadi salah satu yang terbaik di franchisenya. Memang, ada series yang lebih baik dari series Gundam 00 di franchise Gundam, tapi untuk series Gundam 00 ini menghadirkan sesuatu yang baru dan modern di dunia Gundam. Ceritanya pun tidak kalah menarik dibandingkan series Gundam lainnya.

4Super Dimension Fortress Macross

Selain Gundam, series yang juga populer di era 1980an adalah Super Dimension Fortress Macross atau yang biasa disingkat Macross. Series ini coba mengikuti tren baru dari Gundam, untuk menghadirkan “robot sesungguhnya” dalam ceritanya. Premis ceritanya sendiri cukup sederhana sebenarnya, dimana manusia mencoba bertahan dari serangan alien dengan menggunakan robot ciptaan mereka.

Namun, ada satu hal yang membuat Macross cukup melegenda di genre Mecha. Ketika genre Mecha biasanya hanya menampilkan hal yang serius, Macross coba untuk memasukan unsur romantisme para karakternya ke dalam ceritanya. Dan tidak disangka bahwa tanggapannya sangat positif. Dan hal ini juga secara tidak langsung menjadi awal mula munculnya genre baru yaitu idola (idol). Pada awalnya para penonton memang akan menantikan cerita tentang robot, tapi mereka pada akhirnya akan menantikan cerita romantis para karakternya.

3Neon Genesis Evangelion

Evangelion adalah seri anime yang bukan hanya memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap anime untuk genre Mecha, tapi juga merubah pandangan terhadap industri anime secara keseluruhan. Series Neon Genesis Evangelion tayang pada 1995 silam, dan benar-benar memberikan arti baru terhadap genre Mecha. Saking besarnya pengaruh Evangelion, di Jepang sendiri Evangelion sudah dianggap sebagai fenomena budaya.

Sama seperti genre Mecha lainnya, Evangelion berkisah tentang tiga orang remaja yang menjalankan misi untuk menyelamatkan dunia. Jika dalam genre Mecha lainnya menampilkan cerita dimana beban untuk menyelamatkan dunia ada di pundak sebuah kelompok pasukan, namun dalam cerita Evangelion semua beban tersebut harus ditanggung oleh remaja 14 tahun. Dan setelah anime ini tayang, semuanya tidak lagi sama.

2Tengen Toppa Gurren Lagann

Pasca kesuksesa Evangelion, banyak series mencoba untuk mengikuti jejaknya, mencoba untuk menghadirkan kembali apa yang membuat series Evangelion sukses namun dibungkus dengan konsep yang berbeda. Sayangnya, sering kali usaha tersebut gagal. Tapi, Tengen Toppa Gurren Lagann yang tayang pada 2007 bisa dibilang cukup berhasil melanjutkan kesuksesan dari Evangelion.

Ceritanya sendiri berkisah tentang Simon dan Kamina yang merupakan kakak beradik, yang mencoba untuk menyelamatkan dunia bersama-sama. Seriesnya sendiri mencoba untuk memberikan pelajaran tentang saling percaya satu sama lain. Berbeda dengan series Mecha sebelumnya yang cenderung serius, Gurren Lagann memperlihatkan bagaimana bombastis dan luar biasanya ketika seseorang menjadi pilot Mecha.

1Code Geass: Lelouch of the Rebellion

Jika Gurren Lagann mencoba untuk mengadaptasi elemen yang muncul dalam series Evangelion, lain halnya dengan seri anime Code Geass. Seri anime tersebut justru mencoba untuk menghadirkan elemen yang sama dengan series Gundam, mulai dari “robot sungguhan” sampai pada cerita tentang intrik politik yang terjadi diantara para karakternya. Tidak lupa juga elemen militer serta karakter yang sangat kompleks.

Tema yang diangkat juga sama seperti Gundam yaitu sosiologis dan filosofis. Singkatnya, bisa dibilang Code Geass adalah versi modern dari seru Gundam. Ceritanya sendiri berfokus pada soso Lelouch, seorang pangeran yang terusir yang memiliki kekuatan dahsyat yang disebut Geass. Kemampuan tersebut membuat Lelouch bisa memerintahkan siapapun untuk mau mengerjakan apa yang dia bilang. Dengan kemampuan ini, Lelouch mulai melakukan gerakan pemberontakan di kerajaan Holy Empire of Britannia. Semua itu dia lakukan agar sang adik, Nunnally, bisa hidup di dunia yang penuh kedamaian.