Dalam seriesnya, titel “Avatar” diberikan kepada manusia yang mampu menjadi pengendali empat elemen utama yaitu air, bumi, api, dan angin. Avatar juga harus bisa membawa keseimbangan bagi seluruh elemen dan juga bagi seluruh dunia. Dengan tugas yang sangat berat, wajar jika kemudian tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi Avatar. Lagipula, dalam seriesnya diceritakan jika manusia biasa hanya bisa mengendalikan satu elemen saja.

Avatar: The Legend of Korra merupakan series terakhir dari franchise ini, dan ceritanya sendiri berkisah tentang sosok Korra, Avatar selanjutnya setelah Aang. Korra harus menghadapi permasalahan yang baru, yang lebih kompleks daripada permasalahan yang dihadapi Aang. Dengan cerita Legend of Korra yang sudah berakhir, banyak yang kemudian menerka seperti apa Avatar selanjutnya? Dan inilah pembahasannya.

Pengendali Bumi

Meskipun para Avatar adalah sosok yang mampu mengendalikan keempat elemen yang ada, tapi mereka selalu memiliki satu elemen dasar sebelum kemudian bisa mengendalikan semuanya. Jika melihat empat Avatar sebelum Korra, maka keempat Avatar ini mewakili empat elemen yang ada. Pertama adalah Avatar Kuruk yang merupakan pengendali air.

Kemudian ada Avatar Kyoshi yang merupakan seorang pengendali bumi, Avatar Roku yang merupakan pengendali api, dan yang terakhir adalah Aang sang Avatar pengendali udara. Jika melihat apa yang terjadi sekarang, Korra sendiri adalah seorang Avatar pengendali air. Dan jika melihat pola yang ada yang disebut sebagai “lingkaran Avatar”, maka kemungkinan besar Avatar setelah Korra adalah seorang pengendali bumi.

Sebenarnya pola “lingkaran Avatar” ini sudah ada sejak dahulu, sejak Avatar pertama muncul, yaitu Wan. Pada zaman dahulu, pengendalian elemen ini diberikan kepada manusia melalui sosok lionturtles. Total ada empat lionturtle yang hidup di dunia, dan masing-masing mereka memiliki pengendalian alam. Ketika usianya masih muda, Wan (yang merupakan penduduk dari lionturtle api) kemudian diberikan berkah untuk memiliki kemampuan pengendalian api.

Tapi, setelah Wan secara tidak sengaja membebaskan seorang arwah jahat bernama Vaatu, dia pun diusir dari lionturtle api tersebut. Meskipun diusir, Wan tetap memiliki pengendalian apinya. Merasa bertanggung jawab atas bebasnya Vaatu, Wan akhirnya kemudian mengunjungi lionturtle yang lain untuk belajar pengendalian air, angin, dan bumi. Dengan mempelajari semuanya, dia kemudian menjadi Avatar pertama dalam sejarah, dan dia pun kemudian berhasil mengalahkan Vaatu. Dan pola yang ada yang dimulai dari Wan adalah api – udara – air – dan bumi. Dengan Korra adalah pengendali air, maka Avatar selanjutnya adalah pengendali bumi.

Kehidupan Masa Lalu

Jika Korra memiliki kemampuan untuk mengakses kekuatan dari Avatar sebelumnya melalui Avatar State, sayangnya Avatar selanjutnya sepertinya tidak akan memiliki kemampuan tersebut. Di musim kedua Legend of the Korra, sosok Vaatu yang muncul kembali mencoba menyerang Korra dan Raava, sosok arwah cahaya yang merupakan musuh dari Vaatu. Pada saat itu, Raava sedang menyatu dengan sosok Korra.

Ketika Vaatu berhasil mengeluarkan Raava dari tubuh Korra, ternyata dia bukan hanya berhasil membuat Raava hancur dan juga membuat Korra tidak berdaya. Vaatu juga menghancurkan koneksinya dengan para Avatar di masa lalu, seperti Aang, Roku, dan yang lain. Dan dengan kata lain, Korra sekarang berada di urutan pertama deretan panjang Avatar.

Berdasarkan hal ini, bisa disimpulkan bahwa Avatar selanjutnya tidak akan lagi bisa terhubung dengan kehidupan Avatar sebelumnya. Bisa dibilang, sosok tersebut akan menjadi sosok Wan yang baru. Dalam komik An Avatar’s Chronicles, Korra dan teman-temannya sempat menuliskan sebuah surat yang berisi saran kepada calon Avatar baru.

Dalam suratnya, Korra berkata “meskipun aku tahu kita tidak bisa membiarkan kesalahan menuntun kita, aku meminta maaf karena kau tidak akan memiliki koneksi denganku, dengan Aang, dan dengan seluruh kehidupan sebelum dirimu”. Namun, dengan adanya aturan dan berbagai misteri lain yang belum terjawab, bukan tidak mungkin jalur koneksi dengan kehidupan sebelumnya akan kembali terhubung.

Penampilan Fisik

Percaya atau tidak, para fans nyatanya banyak berspekulasi tentang seperti apa bentuk atau penampilan fisik dari Avatar selanjutnya. Kita semua tahu (dan sadar) bahwa Korra memiliki kemiripan dengan sosok Katara, istri dari Aang. Menariknya, ketika kita melihat ke sosok Avatar yang dahulu, hal ini juga berlaku. Misalnya untuk sosok Aang, yang ternyata wajahnya mirip dengan istri dari Roku, Ta Min, yang memiliki wajah bulat dan lembut.

Meskipun memang ini hanyalah sekedar spekulasi, dan juga bukti-buktinya sangat terbatas, tapi spekulasi ini juga bisa kembali digunakan untuk menebak seperti apa sosok Avatar setelah Korra. Melihat apa yang terjadi di akhir ceritanya, dimana Korra pergi dengan Asami, maka bisa diprediksikan bahwa sosok Avatar selanjutnya akan memiliki rambut berwarna hitam, bermata hijau, memiliki kulit yang sedikit gelap, dan sebagainya.

Meskipun masih belum diketahui apakah akan ada cerita kelanjutan pasca The Legend of Korra, setidaknya kita sudah bisa menebak akan seperti apa calon Avatar selanjutnya. Tapi, hal tersebut bisa terjadi dengan catatan bahwa tim produksinya nanti akan mengikuti mitologi dan juga sejarah dari universe Avatar. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah Nickelodeon akan menghadirkan kembali sosok Avatar baru dengan ciri-ciri fisik yang sesuai dengan yang sudah dijelaskan tadi.