Bagi sebagian banyak orang, ketika ditanya mengenai seorang superhero, mereka akan mengingat hal-hal baik apa yang pernah dilakukan oleh superhero tersebut. Captain America pernah menghajar Hitler, Peter Parker muncul dengan petuah bijaknya, dan lain-lain. Superhero dan kebaikan sering kali menjadi satu “paket lengkap” yang tidak terpisahkan, padahal tidak selamanya hal itu benar.

Dalam sebuah cerita pasti akan muncul sebuah karakter baru yang diperkenalkan sebagai villain, pada awalnya. Namun, seiring berjalannya waktu, karakter tersebut perlahan berubah menjadi sosok anti-hero. Dan lama kelamaan sosok tersebut justru berubah menjadi orang yang baik, seorang pahlawan. Hal ini terjadi juga dalam cerita Marvel. Berikut adalah beberapa pahlawan Marvel yang dulunya adalah penjahat.

Hawkeye

Mungkin semua orang tahu bahwa Hawkeye adalah orang yang baik, cinta keluarga, dan seorang pahlawan yang luar biasa. Bisa jadi ada benarnya, jika referensi kita hanya dari film-film di MCU. Lain halnya dalam cerita komik. Dalam Tales of Suspense #57, Clint Barton pertama kali diperkenalkan sebagai seorang villain. Namun, untungnya hal ini tidak berlangsung lama.

Perubahan dalam diri Clint diakibatkan oleh kemunculan Natasha. Natasha dan Clint bertemu saat Natasha masih menjadi mata-mata Uni Soviet. Mereka pun saling jatuh cinta. Rasa cinta tersebut membuat Clint akhirnya mau melakukan hal yang illegal, seperti membantu Natasha mencuri teknologi Stark Industries. Namun, ketika Natasha terluka parah, barulah Clint sadar bahwa hidupnya selama ini salah.

Rogue

Sama seperti Hawkeye, mungkin sebagian Geeks mengetahui Rogue adalah salah satu pahlawan dan mutan terhebat, yang merupakan bagian dari X-Men. Memang benar, tapi itu baru terjadi di era modern. Saat pertama kali diperkenalkan dalam komik Avengers Annual #10, Rogue muncul sebagai salah satu villain dalam ceritanya. Dia adalah bagian dari Brotherhood of Mutants, musuh dari X-Men.

Bergabungnya Rogue ke kelompok mutan jahat tersebut berkat saran dari Destiny, yang meminta Mystique untuk melakukan kontak dengan Rogue. Perlahan, Mystique mulai membujuk Rogue sampai akhirnya dia mau bergabung. Brotherhood kemudian mengirimkan Rogue dalam sebuah misi untuk menyerap kekuatan Ms. Marvel, yang mana terbukti berhasil. Namun, saat Rogue, Mystique, Dazzler, dan Hybrid menyerang Rom the Spaceknight, dan kemudian menyerap seluruh kekuatannya, Rogue kemudian merubah jalan hidupnya. Rogue kemudian meminta bantuan X-Men, dan akhirnya Rogue pun menjadi bagian dari tim mutan pahlawan itu.

Black Widow

Mungkin rasanya semua sudah tahu bagaimana cerita awal dari Natasha Romanova alias Black Widow. Dalam cerita Tales of Suspense #52, diperlihatkan jika Natasha dulunya adalah mata-mata bagi pemerintah Uni Soviet. Pada awalnya, Natasha muncul sebagai villain dari Iron man. Dia mencoba untuk mencuri teknologi dari Stark Industries. Dan dalam petualangannya dia kemudian bertemu dengan Hawkeye.

Awalnya Natasha tidak mengenakan kostum apapun, sampai kemudian pihak Uni Soviet memberikan suplai kostum Black Widow yang identik dengan sosok Natasha sampai sekarang. Selain kostum, dia juga diberikan persenjataan dan teknologi yang lengkap, untuk menandingi kekuatan dan kemampuan Iron man. Hubungannya dengan Hawkeye menjadi awal mula perubahan sikap dan perilaku Natasha menuju lebih baik. Natasha terluka parah ketika berusaha mengalahkan Iron Man. Natasha mencoba untuk kabur dari tugasnya, dan menjadi buruan KGB membuat Natasha akhirnya memutuskan untuk menjadi Avengers.

Falcon

Di MCU, Sam Wilson selalu digambarkan sebagi sosok yang baik bahkan sejak awal kemunculannya. Namun, dalam cerita komik Sam tidak memiliki awal yang sama yang kita lihat di MCU. The Falcon sendiri pertama kali muncul dalam komik Captain America #117, dan pada awalnya dia diperkenalkan sebagai salah satu anggota gang dan kriminal bernama “Snap” Wilson.

Hal tersebut dikarena Wilson selalu marah dan emosi, terkait dengan kematian orang tuanya yang dibunuh oleh seseorang yang tidak dikenal. Meskipun Wilson bukanlah seorang supervillain, tapi dia juga bukan seorang yang patuh akan hukum. Hidupnya berubah ketika dia terlibat kecelakaan pesawat di pulau Exile. Di pulau tersebut Wilson kemudian menjalin hubungan dengan Redwing, burung elang yang memiliki koneksi mendalam dengan Wilson.

Hidupnya kemudian berubah ketika Red Skull menggunakan Cosmic Cube untuk merubah realita. Red Skull akhirnya membuat Wilson kehilangan personanya sebagai sosok yang pemarah, dan justru menjalin koneksi kuat dengan burung-burung. Ingatannya tentang kematian orang tuanya juga hilang. Pada awalnya Sam Wilson berencana untuk membunuh Captain America, namun justru berubah pasca kejadian tersebut. Sam justru menjadi sahabat baik bagi Cap.

Deadpool

Deadpool adalah sosok karakter yang sangat populer saat ini, berkat penampilan Ryan Reynolds yang secara sempurna menghidupkan sosok Wade Wilson. Meskipun sebenarnya saat inipun Deadpool tidak benar-benar berada di pihak yang benar, setidaknya dia mau untuk bertindak demi kebaikan. Dalam komik The New Mutants #98, Deadpool pertama kali diperkenalkan sebagai seorang pembunuh bayaran.

Wade tidak begitu saja memilih nama “Deadpool” sebagai nama julukannya. Dahulu, dia pernah bekerja untuk Tolliver dan mendapatkan misi untuk membunuh Cable dan New Mutants. Seiring berjalannya waktu, Wade mulai banyak mendapatkan pekerjaan dari para villain demi memuluskan rencana mereka. Tapi, setelah beberapa waktu Wade mulai berhenti dari pekerjaannya. Meskipun dia bukan villain, Wade selalu berusaha untuk bisa menjadi pahlawan.