Ryou, atau yang biasa dikenal dalam dunia One Piece sebagai Haki, adalah sebuah kekuatan yang berasal dari dalam tubuh seseorang. Kekuatan tersebut membuat seseorang bisa mengalirkan semangat dalam diri mereka untuk kemudian digunakan sebagai armor untuk melindungi dari berbagai serangan, dan juga digunakan sebagai senjata untuk menyerang musuh. Ryou adalah salah satu metode yang efektif dalam pertempuran.

Biasanya, Ryou hanya dimiliki oleh para Samurai di wilayah Wano. Dan buat mereka yang mau mempelajari kekuatan ini, tentunya mereka harus pergi ke Wano. Sejauh ini, karakter non-Wano yang pernah belajar Ryou adalah Luffy, Roger, dan Rayleigh. Namun, tentunya dengan ada banyaknya karakter dalam cerita ini, terbuka juga kesempatan bagi karakter lainnya untuk mempelajari Ryou selain mereka bertiga. Berikut adalah para karakter yang bisa mempelajari kemampuan Ryou.

Roronoa Zoro

Salah satu anggota bajak laut topi jerami, Zoro sudah menjadi favorit para fans sejak pertama kali kemunculannya. Zoro merupakan salah satu orang kepercayaan dari Luffy dan dia memiliki mimpi untuk menjadi ahli pedang paling kuat di dunia. Seiring berjalannya waktu, Luffy perlahan mulai mewujudkan mimpinya, dan Zoro pun melalui jalur yang sama.

Pasca time-skip selama dua tahun, Zoro sudah membuktikan peningkatan kekuatannya. Dia kini diketahui memiliki Armament Haki yang cukup kuat. Dengan Armament Haki, kemampuan Zoro dalam menghancurkan benda dengan pedangnya semakin tinggi. Salah satu mimpi Zoro adalah bisa mengalahkan Mihawk, dan untuk bisa mewujudkan hal tersebut tentunya Zoro harus meningkatkan lagi kemampuan Hakinya dan salah satu caranya adalah dengan mempelajari Ryou.

Sabo

Sabo adalah salah satu karakter dari pasukan revolusi yang populer, selain Ivankov, Inazuma, dan Dragon. Sabo merupakan saudara masa kecil dari Ace dan Luffy. Sejak diselamatkan oleh Dragon, Sabo seolah menjadi salah satu orang kepercayaan dari Dragon. Sabo pun dilatih jurus Ryusoken oleh Dragon dan menguasai Haki.

Selain memiliki jurus yang diajarkan oleh Dragon, Sabo juga merupakan pemakan buah iblis Mera Mera no Mi yang memiliki kemampuan api mirip seperti Ace. Dengan kemampuan yang dia miliki, terbukti dia mampu mengalahkan salah satu kru bajak laut Blackbeard, Jesus Burgess. Tapi, yang paling luar biasa dari sosok Sabo adalah kemampuan Armament Hakinya. Dengan mempelajari kemampuan Ryou mungkin di masa depan dia akan bisa menjadi pengganti posisi Dragon.

Sakazuki

Sakazuki merupakan Fleet Admiral di markas angkatan laut saat ini. Kemunculan Sakazuki memberikan dampak yang siginifikan kepada seriesnya. Salah satu contohnya adalah ketika dia berhasil membunuh dan melukai Whitebeard, juga yang paling fenomenal adalah ketika dia berhasil membunuh Ace dengan tinju magma yang dia miliki.

Dia merupakan salah satu anggota angkatan laut yang memegang teguh prinsip keadilan penuh dan dia tidak akan mengampuni siapapun, termasuk angkatan laut sekalipun. Coby adalah contoh nyata dari hal ini. Sakazuki sempat memperlihatkan level dasar dari Ryou dalam arc Marineford. Dengan kemampuan yang dia miliki, serta sosoknya yang sangat tangguh, rasanya Sakazuki bisa mengembangkan lagi Ryou yang dia miliki ke level yang lebih tinggi. Sakazuki tentunya akan menjadi lawan yang tangguh bagi Luffy.

Jinbe

Jinbe merupakan salah satu karakter yang cukup tangguh dengan kemampuan Karate manusia ikan yang dia kuasai. Dalam arc pulau manusia ikan, Jinbe sempat memberikan darahnya kepada Luffy demi bisa menyelamatkan nyawanya. Jinbe pun sekarang sudah memutuskan untuk menjadi bagian dari kru bajak laut Topi Jerami, setelah melihat dan mengalami berbagai hal yang terjadi dalam cerita.

Selain Karate manusia ikan, Jinbe adalah seorang karakter yang mampu menguasai dua kemampuan Haki, Observation Haki dan Armament Haki. Hal ini dibuktikan dalam arc Whole Cake Island. Selain trio monster, Jinbe juga adalah sosok petarung tangguh. Karena itulah wajar jika kemudian Jinbe memiliki kesempatan untuk bisa mempelajari Ryou. Dengan menguasai Ryou, Jinbe akan berkembang menjadi sosok yang lebih tangguh lagi.

Trafalgar Law

Meskipun Law harus mengalami sebuah masa lalu yang buruk, dia kemudian bisa bangkit melalui semua usahannya. Hasilnya adalah dia masuk sebagai salah satu bajak laut yang memiliki nilai buruan diatas 100 juta Belly, alias grup Supernova. Nilai buruannya saat ini adalah 500 juta Belly, dan Law adalah salah satu sosok karakter lainnya yang sangat tangguh dalam pertarungan.

Selain dari kekuatannya fisiknya, Law juga memiliki kekuatan lain yang dia dapatkan dari mengkonsumsi buah iblis. Buah iblis milik Law dianggap sebagai salah satu buah iblis yang paling kuat dalam series ini. Kemampuan Law mungkin sangat kuat, tapi dia tidak memiliki Haki. Dan dengan mempelajari Ryou, Law akan tumbuh menjadi sosok yang lebih tangguh lagi. Selain itu dengan mempelajari Ryou, Law bisa menjadi rekan Luffy dalam menghadapi musuh yang lebih kuat.