Sejak DC Comics memperkenalkan cerita Dark Knights: Metal, para pembaca mulai disuguhkan oleh berbagai sosok batman yang berbeda yang merupakan hasil gabungan dengan anggota Justice League yang lain. Mereka berasal dari sebuah universe yang disebut Dark Multiverse. Berbagai versi Batman mengerikan tersebut merupakan “anak buah” dari sosok The Batman Who Laughs.

Tidak hanya dalam cerita Metal saja, dalam cerita lanjutannya, Death Metal, Scott Snyder dan Greg Capullo bahkan memperkenalkan lebih banyak dan lebih gila lagi versi alternatif dari Batman. Kebanyakan dari para Batman tersebut tidak lagi berbentuk seperti manusia. Tapi, dari sekian banyak versi Batmen, ada satu yang terlahir untuk menjadi musuh terbesar dan rasa takut dari Bruce Wayne yaitu The Grim Knight.

Dalam miniseri The Batman Who Laughs, Batman harus berhadapan dengan racun yang berbahaya yang dilepaskan oleh Joker. Batman Who Laughs memang tidak asing dalam sebuah pertarungan fisik, tapi untuk memastikan semua rencana berjalan dengan baik sang villain tersebut mengikutsertakan Grim Knight sebagai pasukannya.

The Grim Knight sendiri berbeda dengan versi Batman lain. Grim Knight tidak mengalami mutasi atau mengalami peningkatan kekuatan. Yang membedakan adalah ketergantungannya terhadap senjata api dan senjata yang menggunakan peluru. Ceritanya sendiri berawal ketika kedua orang tuanya dibunuh di sebuah gang oleh Joe Chill. Namun, ada yang membedakan dengan cerita Batman yang kita tahu.

Joe chill yang mencoba mengambil permata milik Martha Wayne, tidak sengaja menjatuhkan senjata yang dia gunakan untuk membunuh kedua orang tua Bruce. Bukan menangis, Bruce perlahan mencoba mengambil senjata tersebut dan kemudian menembak Joe dengan senjata tersebut. Adrenalin dan kepuasan yang kemudian muncul pasca dia melakukan hal tersebut membuat Bruce melakukan petualangan ke seluruh dunia.

Tujuan Bruce bukan untuk membalas dendam atas berbagai kejahatan, tapi mengeksekusi mereka yang melanggar hukum. Bruce kemudian belajar dari para pembunuh di dunia. Selain belajar berbagai ilmu bela diri, Bruce juga belajar banyak tentang bagaimana menggunakan senjata api, bagaimana cara menembak yang baik, dan bagaimana untuk mengambil nyawa seseorang dengan cepat.

Kembali ke Gotham, Grim Knight mulai menghancurkan dunia malam dan dunia kejahatan di Gotham. Berbeda dengan Batman yang kita kenal, yang menggunakan rasa takut sebagai senjata utamanya, Grim Knight justru membunuh para penjahat dengan brutal. Dia membakar hidup-hidup para kriminal paling kaya dan paling korup.

Apa yang dilakukan oleh Grim Knight memunculkan konflik besar-besaran dengan pihak kepolisian Gotham. Namun, bukannya menyerah, Grim Knight justru menghabisi seluruh pasukan kepolisan Gotham. Bahkan, Grim Knight juga menghancurkan penjara Blackgate dan rumah sakit jiwa Arkham. Membunuh setiap penghuni di dua bangunan tersebut, demi mencegah munculnya sosok kriminal di masa depan.

Meskipun tujuannya adalah memperlihatkan teror kepada para penjahat, hal yang dilakukan oleh Grim Knight membuat Jim Gordon terpaksa harus menghentikannya. Bersama dengan pasukan pemberontak yang ada serta pasukan pertahanan nasional, Gordon akhirnya mampu menangkap Grim Knight atas berbagai tindakan kejahatan yang dia lakukan.

Direkrut oleh Batman Who Laughs, Grim Knight kemudian mencoba untuk membalas dendam terhadap seluruh keturunan Jim Gordon, sosok yang bertanggung jawab atas “kekalahannya”.  Sayangnya, niat Grim Knight untuk kemudian mempermalukan Jim Gordon justru berakhir dengan kematiannya.

Grim Knight sebelumnya bekerja untuk James Gordon, anak dari Jim yang juga seorang pembunuh. Namun, James justru mengkhianati Grim Knight dengan menusuknya beberapa kali. Dan akhirnya Grim Knight pun tidak sadarkan diri dari luka yang dia derita.

Lahir dari ketakutan terbesar seorang Batman, kengerian yang ditampilkan oleh Grim Knight adalah kemampuannya dalam bertarung dan menggunakan senjata dan juga ketidak raguannya untuk melewati batas dalam setiap misi yang dijalani. Namun, sayangnya Grim Knight tidak akan pernah mencapai level yang sama dengan para Batman lainnya.

Jika para Batman lainnya harus menghadapi masalah yang jauh lebih besar, tantangan yang lebih rumit, hal itu justru membuat mereka berkembang dan tumbuh. Namun, Grim Knight sudah membunuh dan menghancurkan ancaman tersebut bahkan sebelum ancamannya muncul. Meskipun begitu, harus diakui bahwa Grim Knight benar-benar memberikan mimpi buruk baik terhadap Gotham maupun Bruce Wayne.