Selain manga dan juga anime, One Piece juga populer dengan berbagai medium lainnya seperti games dan juga yang paling baru adalah novel. One Piece sendiri sejauh ini baru merilis kurang lebih dua novel resmi, yaitu One Piece novel A, yang merupakan sebuah novel yang terdiri dari dua bagian cerita. Novelnya sendiri berfokus pada sosok Ace saat dia masih menjadi seorang bajak laut dan belum bergabung dengan Whitebeard.

Selain menghadirkan berbagai informasi mengenai masa lalu dari Ace, novelnya juga memberi informasi yang penting terutama yang mengenai para Yonko. Apa Saja?

  • Roger, Whitebeard, Shiki dan Big Mom adalah penguasa era New World di era lama dan hanya Big Mom yang masih bertahan sampai sekarang dari era lama tersebut. Artinya sebelum Shanks dan Kaido muncul sebagai “Yonko” Shiki dan Roger adalah “pendahulu” mereka.
  • Kaido memang memiliki postur tubuh yang sangat kekar dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat. Tapi, Kaido tidak lebih kuat dibandingkan dengan Whitebeard di masa jayanya dulu. Selain itu, dalam hal bajak laut Whitebeard jauh lebih hebat dan juga superior dibandingkan dengan Kaido.
  • Thatch pernah mengatakan bahwa untuk menjadi seorang Yonko, seseorang harus bisa lebih kuat dari Shanks, yang menjadi gambaran bahwa Shanks – pada saat itu – adalah sosok Yonko yang paling lemah diantara yang lain (tidak mengherankan karena dia adalah Yonko paling muda dan juga paling baru).

  • Seperti yang kita ketahui, shanks dan Mihawk sudah beberapa kali berduel, dan setiap kali mereka berduel pasti akan selalu menjadi bahan perbincangan dunia. Yang lebih penting adalah semua kepopuleran dari sosok Shanks, sebenarnya berasal dari duel-duel tersebut. disebutkan juga jika Shanks memang tidak pernah mengincar atau bermimpi dirinya akan menjadi seorang raja bajak laut.
  • Novel ini mengkonfirmasi bahwa Blackbeard adalah orang yang memberikan Shanks bekas luka cakaran di pelipis matanya. Pertarungan Shanks dan Blackbeard sendiri terjadi sebelum Shanks pergi ke East Blue dan bertemu Luffy. Berdasarkan hal ini, bisa disimpulkan jika Blackbeard adalah sosok monster yang mengerikan dan kejam.
  • Karena Shanks pernah ada di kapal Oro Jackson bersama Roger, banyak yang percaya bahwa Shanks adalah penerus dari Roger. Selain itu, dengan sikap Shanks yang tidak pernah menimbulkan keributan atau menghadirkan citra buruk apapun Shanks dianggap sebagai sosok yang baik.
  • Menjadi seorang Yonko atau penguasa bukanlah tentang seberapa kejam atau seberapa mengerikannya seorang bajak laut. Menjadi seorang Yonko artinya adalah seberapa hebat dan suksesnya seorang bajak laut dalam membangun kerajaan atau wilayahnya sendiri. Terkait masalah ini, Big Mom adalah orang yang pertama kali sukses untuk membangun kerajaannya sendiri dengan membangun teritorinya di wilayah New World yang kemudian disusul oleh Whitebeard.
  • Di wilayah kekuasaan Whitebeard terdapat banyak sekali bangunan seperti restoran, kasino, toko senjata, bisnis pertunjukan, dan masih banyak lainnya. Semua itu disediakan demi menjaga kesetiaan para anak buahnya. Dibandingkan dengan Yonko lain, Whitebeard adalah Yonko yang memiliki paling banyak anak buah, paling luas wilayahnya dan paling banyak pemasukannya.
  • Meskipun Whitebeard adalah seorang bajak laut, tapi dia sangat membenci dan melarang segala hal yang yang berkaitan dengan perbudakan dan juga penjualan obat-obatan. Itulah mengapa Whitebeard banyak merekrut orang-orang kecil dan miskin untuk kemudian bergabung dengannya.

  • Seperto yang disebutkan di atas, Shanks adalah sosok baik. Dia adalah sosok yang lembut dengan teman-temannya. Tapi, sifatnya akan berubah ketika dia berhadapan dengan para bajak laut muda yang terlalu angkuh terhadap dirinya sendiri. Dia sering kali membuat para bajak laut muda patah arang, seperti yang terjadi kepada Eustass Kidd. Disebutkan bahwa lebih baik jangan membuat Shanks marah, karena jika dia marah tidak akan ada yang bisa menghentikannya.
  • Shanks sendiri tidak pernah menganggap topi jerami yang dia miliki sebagai sesuatu yang sangat berharga. Itu artinya rasa cinta Luffy terhadap topi jerami yang dia gunakan dianggap terlalu berlebihan.
  • Big Mom membangun kerajaannya sendiri dari keluarga yang dia bangun, dan tidak sedikitpun dia mempercayakan hal tersebut kepada orang lain selain keluarganya. Big Mom sendiri dianggap sebagai kapten bajak laut paling berbahaya karena koneksinya yang sangat luas dan juga Big Mom lebih berperan sebagai bos Mafia daripada seorang bajak laut.
  • Para Yonko tidak akan pernah bertarung satu sama lain, karena jika itu terjadi tidak ada satupun dari mereka yang akan selamat dalam pertarungan tersebut. Lagipula, jiak ada Yonko yang saling bertarung maka hal itu akan mempengaruhi Yonko lain.

  • Pemerintah Dunia masih terus mencoba untuk mengambil kembali teritori yang menjadi milik para Yonko. Namun, terkadang memang usaha tersebut tidak berjalan dengan baik. Setiap Yonko pastinya memiliki sebuah pulau khusus untuk menjadi pusat penyeda makanan. Dan lokasi saat Jinbe dan Ace bertarung adalah pulau yang menjadi sumber makanan bagi Whitebeard.
  • Ketika Whitebeard berhasil mengalahkan sebuah kru bajak laut, jika dia menganggap mereka tidak berharga, Whitebeard akan lebih memilih untuk mengambil harta mereka, menjual kapal mereka dan kemudian memberikanya kepada anak buahnya. Jika saja pada saat perang di Marineford Whitebeard tidak sakit, dia suda bisa menghancurkan seluruh pulau tersebut.
  • Big Mom adalah bajak laut yang berbahaya, dimana Roger dan Shiki pun bahkan memilih untuk tidak pernah berurusan dengannya ketika berada di New World. Big Mom membangun kerajaannya sendiri dan dianggap sebagai ‘pengecualian’.
  • Jika tiga Yonko lain bisa ditemukan dengan mudah di New World, lain halnya dengan Shanks. Shanks adalah Yonko yang paling sulit untuk ditemukan atau dilacak keberadaannya. Hal ini dikarenakan dia tidak pernah diam di satu tempat dan terus berlayar.