Dalam sebuah universe komik yang notabene adalah sebuah fiksi ilmiah, tentunya sangat menyenangkan ketika sebuah karakter kemudian berhasil menciptakan sesuatu yang bisa berguna bagi banyak orang. Atau kecerdasan yang mereka miliki digunakan untuk kebaikan, misalnya melawan musuh yang mengancam keselamatan bumi atau bahkan alam raya. Hal ini juga ditunjukan dalam event di Marvel Comics, yaitu Empyre.

Ketika berbicara mengenai cara untuk menghentikan matahari untuk tidak menghancurkan bumi, maka dibutuhkan cara-cara ilmiah untuk melakukannya. Dan dalam universe marvel, hal tersebut bisa dilakukan oleh dua karakter cerdas di seluruh planet ini yaitu Reed Richards dan Tony Stark. Keduanya berhasil menghentikan ancaman hancurnya bumi tersebut berkat penemuan terbesar di universe Marvel, yaitu molekul yang tidak stabil (unstable molecules).

Molekul tidak stabil ini adalah sebuah material sintetis atau buatan yang ditemukan oleh Reed Richards. Para ilmuwan di universe Marvel bisa mengaplikasikan material tersebut terhadap berbagai hal dan lingkungan, karena molekul yang tidak stabil tersebut mampu bertahan dalam kondisi panas, dingin, padat, dalam tekanan tinggi, dan sebagainya.

Dengan material yang sangat luar biasa ini, wajar jika kemudian sebagian dari kostum para superhero terbuat dari molekul tidak stabil ini, yang mana membuat mereka tetap terjaga – tidak terluka. Ketika pertama kali diperkenalkan, material ini sengaja diciptakan Marvel untuk mencegah para pahlawan mereka tidak mengenakan pakaian ketika selesai menjalankan misi.

Unstable Molecules sebenarnya tidak melulu berhubungan dengan Fantastic Four. Dalam komik Tales to Astonish #35 (1962), kemunculan pertama Hank Pym sebagai Ant-man diperlihatkan menggunakan molekul tersebut untuk kostumnya. Dengan menggunakan material luar biasa ini, Hank mampu merubah kostumnya untuk ikut mengecil tapi tetap mempertahankan keamanannya.

Dalam komik Empyre, molekul tersebut memberikan Reed Richards dan Tony Stark jalan untuk bisa menyelamatkan bumi. Ada dua masalah yang harus mereka hadapi di komik ini, yaitu The Death Blossom di Wakanda dan juga peningkatan aktivitas matahari yang diluar kewajaran sehingga membahayakan bumi. Iron Man kemudian ditugaskan untuk menghentikan aktivitas matahari yang tidak wajar tersebut.

Tony Sadar bahwa dia menghadapi masalah besar dalam misi kali ini, dimana kepadatan dari armor miliknya lebih rendah dibandingkan api dari matahari. Ketika Reed Richards pergi ke Wakanda untuk bertarung dengan mengenakan armornya, Tony kemudian mengambil kostum asli Mr. Fantastic dan kemudian memrogram molekul tidak stabil didalamnya untuk kemudian direplikasi dan digunakan untuk menghentikan meledaknya matahari.

Kemudian seluruh pahlawan dari bumi, luar angkasa, dan dari dimensi lain pun ikut membantu menembakan molekul tersebut ke arah matahari. Dan terbukti cara ini efektif untuk menghentikan ancaman yang ada, dan bumi pun selamat. Tony Stark berhasil menyelamatkan bumi dengan menggunakan penemuan yang dilakukan oleh Reed Richards dan kemudian disempurnakan oleh Hank Pym di masa lalu.

Unstable Molecules adalah cara rahasia milik Marvel untuk kemudian bisa menyelesaikan masalah terbesar dalam cerita Empyre. Material ini kembali memberikan kesempatan kepada para pahlawan, untuk bisa menyelamatkan seluruh alam raya Marvel.