Krabby Patty adalah makanan yang populer di Bikini Bottom dalam cerita di series SpongeBob SquarePants. Krabby Patty merupakan makanan olahan terenak yang diciptakan oleh Tuan Krab bagi restorannya, Krusty Krab. Saking enaknya, makanan ini sampai diburu oleh pesaing utama Krusty Krab, yaitu Chum Bucket yang merupakan restoran milik Plankton.

Lalu, apa sebenarnya rahasia atau bumbu rahasia yang membuat sebuah Krabby Patty begitu lezat? Inilah yang masih menjadi misteri besar sampai saat ini. Dan meskipun sempat beberapa kali “terbongkar”, namun pada kenyataannya rahasia dari formula Krabby Patty masih tetap dijaga sampai sekarang. Dalam formula Krabby Patty, benarkah ada narkoba di dalamnya?

Dalam episode “Plankton Army” di musim ketiga, Plankton sempat berhasil mendapatkan resep rahsia yang selalu dia idam-idamkan dengan bantuan dari seluruh keluarga Plankton miliknya. Meskipun Krabs sempat memohon kepada Plankton untuk tidak membacanya, Plankton kemudian menemukan kejutan di salah satu resepnya yang tertulis “empat pound plankton segar”.

Tapi, tentunya resep tersebut kemudian diketahui sebagai resep palsu. Dan Squidward berhasil mengetahui dimana lokasi resep formula Krabby Patty yang sebenarnya – yaitu di bawah matras kasurnya. Kemudian di episode “Spy Buddies” di musim kelima, formula Krabby Patty diperlihatkan merupakan sebuah rumus matematika yang tertulis: “(x-2)+1= Krabby Parrty”.

Mungkin yang paling “dekat” dengan jawaban dari resep rahasia Krabby Patty muncul dalam episode “Krabby Road”, dimana mereka melihat sebuah resep masakan yang tertulis di atas sebuah kertas – tapi tulisannya tentu tidak bisa dibaca dengan jelas agar tetap menjadi misteri. Rahasia dari Krabby Patty yang selama ini belum terjawab, membuat banyak dari para fans mulai berspekulasi.

Salah satu teori yang paling viral adalah adanya bahan khusus bernama “Poseidon Powder”, yang dalam bahasa sehari-hari bisa diartikan sebagai kokain. Tapi, mengingat Stephen Hillenburg adalah seorang pecinta anak-anak, dan meskipun selalu ada lelucon dewasa yang dimasukan dalam ceritanya, rasanya tidak mungkin ada “narkoba” dalam ceritanya. Dan sekarang teori mengenai adanya kokain dalam Krabby Patty hanyalah sebuah rumor lama.

Mungkin teori yang paling cerdas dan yang paling masuk akal diantara semuanya adalah sebenarnya rahasia formula dari Krabby Patty tersebut tidak ada, alias dengan kata lain tidak ada rahasia apapun dalam pembuatan Krabby Patty. Hanya daging biasa yang dihancurkan dengan bumbu-bumbu tertentu. Tujuan dengan disebarkannya rumor bahwa ada resep rahasia dalam Krabby Patty, membuat Plankton akan terus penasaran dan akhirnya dia tidak pernah fokus dalam menjalankan usahanya sendiri. Dan sepertinya rahasia dari Krabby Patty masih belum akan diungkapkan dalam waktu dekat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.