Terakhir kali muncul dalam film Avengers: Endgame, Wanda Maximoff masih merasakan kesedihan atas kematian sosok yang dia cintai yaitu Vision oleh Thanos di Infinity War. Namun, keajaiban kemudian muncul dimana diketahui Vision akan kembali tampil bersama Wanda dalam sebuah series berjudul WandaVision. Belum ada informasi yang jelas apa yang terjadi dalam series tersebut, meskipun ada juga teori yang mengatakan jika Wanda “bermain-main” dengan realita.

Meskipun seriesnya sudah hampir selesai, dan sebagian besar cast sudah mulai diketahui, sayangnya kita masih belum mengetahui siapa villain yang akan memberikan ancaman kepada Wanda dan Vision. Para fans mencoba untuk berspekulasi kira-kira siapa karakter villain di Marvel Comics yang akan muncul dalam seriesnya. Berikut adalah daftarnya.

Grim Reaper

Berdasarkan bocoran plot seriesnya yang beredar di internet, antagonis yang diperkirakan hadir dalam seriesnya adalah Grim Reaper, salah satu musuh abadi Vision. Dalam komiknya, Grim Reaper adalah saudara kandung dari Wonder Man, pahlawan super yang pola otaknya digunakan untuk menciptakan Vision. Saat Wonder Man tewas, Grim Reaper sering kali bertarung melawan Avengers, mencoba meyakinkan bahwa Vision adalah reinkarnasi sosok saudara kandungnya dalam tubuh baru.

Perselisihan antara Grim Reaper dan Vision terus berlanjut, meskipun kemudian Wonder Man benar-benar kembali hidup. Meskipun menarik untuk ditampilkan dalam seriesnya, ada satu masalah yang mengganjal. Marvel Studios sendiri “menghilangkan” sosok Wonder Man dalam cerita origin dari Vision. Yang diperlihatkan di MCU, Vision diciptakan oleh Tony Stark.

Doctor Doom

Beberapa rumor lainnya menyebutkan bahwa Doctor Doom akan muncul di series ini dan menjadi villain utama yang dihadapi Wanda dan Vision. Namun, selain menjadi villain utama di seriesnya, kemunculan Doctor Doom juga akan menjadi jembatan untuk perannya yang lebih besar lagi di MCU. Kemunculan Doom di WandaVision memang sangat masuk akal, mengingat mereka berdua memiliki sejarah yang cukup panjang di komik.

Kemampuan untuk mengatur realita yang dimiliki oleh Wanda tentunya akan menarik minat dari Doctor Doom. Jadi, bukan hal mustahil jika kemudian Doctor Doom muncul di WandaVision. Namun, yang menjadi permasalahan adalah untuk karakter sebesar dan sepenting Doctor Doom, rasanya Marvel tidak akan rela jika hanya muncul di series saja. Doctor Strange 2 bisa menjadi alternatif lain untuk kemunculan Doctor Doom.

Nightmare

Meskipun masih belum dikonfirmasi, Nightmare sudah sering dirumorkan akan menjadi sosok villain utama dalam film Doctor Strange 2. Selain menghadirkan Doctor Strange, filmnya juga akan menghadirkan muka lama seperti Scarlet Witch. Dan berdasarkan laporan yang beredar kemarin, kabarnya film ini akan menghadirkan kembali sosok “karakter lama” yang diduga adalah Baron Mordo.

Karena adanya rencana kemunculan Wanda di film Doctor Strange 2, membuat Nightmare bisa saja muncul sebelumnya di series WandaVision. Dengan memperkenalkannya di WandaVision, Nightmare kemudian bisa muncul di Doctor Strange 2 dan menjadi villain utama di filmnya. Bersama dengan Scarlet Witch, Strange berusaha untuk mengalahkan monster pembawa mimpi buruk ini.

Agatha Harkess

Dari semua karakter yang banyak dirumorkan akan muncul di WandaVision, mungkin yang paling kuat untuk bisa muncul sebagai villain di seriesnya adalah Agatha Harkness, sosok wanita tua yang mengajarkan Scarlet Witch untuk mengendalikan kemampuan sihirnya ketika dia masih tinggal di Avengers Mansion pada 1970an. Meskipun sebenarnya Agatha bukanlah sosok villain, namun seriesnya bisa saja memberikan perubahan terhadap karakternya.

Karakter ini dirumorkan akan diperankan oleh Kartyn Hahn. Dugaan para fans bahwa Hahn akan berperan sebagai Agatha Harkness semakin menguat ketika ada foto bocoran yang memperlihatkan Agatha menggunakan pakaian penyihir. Selain itu, dalam sinopsis seriesnya juga disebutkan bahwa Wanda akan memiliki tetangga seorang wanita tua menyebalkan. Mungkin Agatha tinggal disamping rumah Wanda karena tertarik dengan kemampuan Wanda.

Ultron

Ultron merupakan salah satu karakter villain yang banyak diharapkan bisa kembali ke MCU. Hal yang mendasari ide villain klasik Avengers ini bisa muncul lagi adalah dalam komiknya, Ultron memang diperlihatkan mampu kembali dari kematiannya/kehancurannya. Ultron memang sudah tewas di film Avengers: Age of Ultron, tapi hal itu tidak menutup kemungkinan dengan adanya kemunculan kembali.

Jika kemudian Marvel ingin memberikan “kesempatan kedua” kepada Ultron untuk bisa muncul di MCU, WandaVision bisa menjadi awal yang baik. Lagipula, Ultron adalah sosok yang bertanggung jawab atas kematian Pietro Maximoff, adik dari Wanda. Jika Wanda bisa mengembalikan Vision dalam salah satu realita, maka Ultron pun memiliki kesempatan yang sama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.