Saat ini, Blackbeard merupakan sosok bajak laut dan karakter terkuat dalam cerita di seri One Piece. Bukan tanpa alasan, Blackbeard sekarang memiliki dua buah iblis yaitu Yami Yami no Mi dan Gura Gura no Mi. Hal ini tentunya sangat dahsyat mengingat kedua buah iblis tersebut adalah buah iblis terkuat di jenisnya – Yami Yami adalah Logia terkuat sedangkan Gura Gura adalah Paramecia terkuat.

Memang, masih belum diketahui bagaimana hal itu bisa terjadi. Seperti yang kita ketahui, dalam cerita One Piece, seseorang mustahil memiliki dua buah iblis dalam satu tubuh. Jika itu terjadi bisa dipastikan bahwa sosok tersebut akan mati. Marco sendiri pernah menjelaskan bahwa memang ada hal yang aneh dalam diri Blackbeard sehingga hal tersebut memungkinkan.

Banyak teori yang mencoba mengungkapkan apa yang terjadi kepada Blackbeard tersebut, mulai dari kepribadian ganda sampai sebenarnya Blackbeard memiliki kembaran yang selama ini belum kita ketahui. Yang pasti, misteri ini tentunya harus segera dipecahkan oleh Eiichiro Oda, dan diberikan kejelasan agar para fans tidak merasa kebingungan.

Berbicara mengenai Blackbeard, banyak juga yang berspekulasi bahwa Blackbeard akan menjadi lawan terakhir yang akan dihadapi Luffy sebelum kemudian dia menuju Laugh Tale. Hal ini dikarenakan Blackbeard dan Luffy memiliki mimpi yang sama, tapi motif mereka berbeda. Mereka juga disebut-sebut mewarisi semangat dua orang yang berselisih, semangat Gol D. Roger dan Rocks D. Xebec.

Luffy saat ini sudah menjadi sosok yang sangat kuat, dengan kemampuan Ryou dan Advanced Ryou yang dia pelajari dari Hyougoro di arc Wano ini. Belum lagi Gear 4 yang dia miliki dan kemungkinan lahirnya Gear 5, membuat Luffy menjadi semakin tangguh dan kuat untuk menghadapi berbagai hal yang datang menghadang dalam setiap petualangannya.

Namun, dengan kemampuan yang dimiliki oleh Blackbeard, tentunya Luffy akan mengalami kesulitan yang berarti dalam pertarungannya nanti. Hal ini memunculkan pertanyaan apakah Luffy membutuhkan buah iblis lainnya, untuk mengimbangi Blackbeard? Apakah tubuh Luffy mampu menahan kekuatan dua buah iblis?

Seperti yang disebutkan di atas, Blackbeard memiliki struktur tubuh yang cukup aneh yang masih menjadi misteri sampai saat ini. Ada teori yang menyebutkan jika kemampuan dalam tubuh Blackbeard erat kaitannya dengan daerah asalnya. Dan bukti keanehan tubuh Blackbeard adalah dia mampu tidak tidur selama tiga hari tiga malam, saat Roger dan Whitebeard bertarung.

Dengan penjelasan yang ada selaman ini, bisa diasumsikan bahwa Blackbeard memiliki “kelainan” pada tubuhnya yang justru memberikan kelebihan bagi Blackbeard. Tapi, seperti halnya dalam kehidupan nyata dan dalam berbagai cerita, itu artinya Blackbeard tidak sempurna. Bisa jadi ada salah satu bagian dalam tubuh Blackbeard yang tidak berfungsi maksimal atau justru tidak bekerja sama sekali.

Satu hal yang mungkin bisa menjelaskan keadaan ini adalah Oda Sensei mungkin memberikan pesan bahwa sebenarnya Blackbeard adalah sosok yang lemah. Dia “berbeda” dibandingkan karakter lainnya. Oda Sensei sengaja memberikan dua kemampuan buah iblis kepada Blackbeard demi menutupi kelemahannya tersebut. Karena, jika hanya kemampuan buah Yami Yami saja Blackbeard tidak akan pernah menang dan bisa menguasai dunia.

Luffy, di sisi lain, adalah sosok yang lebih sempurna dibandingkan Blackbeard. Berbeda dengan Blackbeard, Luffy justru terus mengasah kemampuan Gomu Gomu miliknya ke tingkat yang lebih tinggi. Tidak lagi hanya sekedar manusia karet biasa, tapi kekuatan karet dalam diri Luffy berkembang dan berevolusi menjadi sesuatu yang lebih kuat.

Luffy sempat kalah dari God Enel, namun kemudian dia belajar banyak hal bagaimana caranya menghadapi Enel. Akhirnya, dia pun menjadi sosok yang tahan terhadap serangan petir. Begitu juga dengan yang lain, misalnya saat melawan Magella. Luffy sempat terkena racun Magellan bahkan hampir saja tewas. Beruntung, Luffy ditolong oleh Bon Clay dan Emporio Ivankov.

Pasca kejadian itu Luffy menjadi kebal terhadap berbagai racun, tubuhnya terus berevolusi semakin kuat. Selain kemampuan buah iblis, Luffy juga memiliki kemampuan lainnya yaitu Haki. Luffy menguasai ketiga Haki dan Luffy juga bahkan mengembangkan kemampuan ketiga Haki yang dia miliki ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini tentunya akan memberikan kelebihan dalam pertarungan nanti.

Pada intinya, Luffy lebih “sempurna” dibandingkan Blackbeard yang harus menutupi kelemahannya dengan dua buah iblis. Jika Blackbeard hanya memiliki satu buah iblis mungkin dia bisa kalah dalam sekejap dengan kemampuan Haki yang dia miliki, mengingat Haki mampu menahan bentuk asli dari pengguna buah iblis Logia. Dan Blackbeard sendiri tidak begitu handal dalam pertarungan.

Meskipun begitu, jika hanya berandai-andai Luffy memiliki kemampuan dua buah iblis, maka buah iblis yang lain yang pantas untuk Luffy adalah buah iblis Magu Magu milik Sakazuki. Kita sudah lihat bagaimana dahsyatnya kemampuan Magu Magu Sakazuki – yang bahkan bisa membunuh Ace.

Dengan jangkauan serang Luffy yang jauh – berkat Gomu Gomu – pukulan magma Luffy bisa berubah menjadi sangat mematikan. Musuh yang terkena serangan gabungan magma dan karet Luffy bukan lagi tidak sadarkan diri, melainkan langsung mati. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.