Meskipun sudah sejak lama dirumorkan akan muncul, baru pada SDCC 2019 kemarin Marvel Studios mengkonfirmasi mengenai proyek film Eternals yang akan menjadi bagian dari Phase 4 MCU. Namun, sayangnya masih belum banyak informasi yang diketahui mengenai filmnya. Meskipun begitu, sudah banyak dugaan-dugaan atau spekulasi yang muncul di kalangan para fans.

Salah satu contohnya adalah banyak yang menduga bahwa pemimpin dari para Eternal di bumi nanti adalah Ajak, karakter yang diperankan oleh Salma Hayek. Tapi, muncul kemungkinan lain bahwa bukan Ajak yang akan menjadi pemimpin mereka melainkan Zuras. Meskipun dalam komiknya Zuras adalah salah satu karakter utama, namun di filmnya kita masih belum mengetahui siapa yang akan berperan sebagai Zuras.

Siapa Pemimpin The Eternals Versi Komik

Dalam sejarahnya, sudah ada beberapa karakter yang pernah menjadi pemimpin kelompok Eternals di bumi. Pemimpin para Eternals sendiri memiliki sebutan yaitu Prime Eternal. Seperti umumnya posisi pemimpin, tidak mudah dan butuh tanggung jawab yang besar untuk bisa berada di posisi ini. Seorang Eternals bisa saja dipilih/ditunjuk untuk menjadi seorang Prime Eternal. Namun, bisa juga seseorang menjadi Prime Eternal dengan cara menantangnya. Tentu saja bila sang penantang menang, maka dia akan menjadi Prime Eternal baru.

Ribuan tahun yang lalu, Kronos merupakan Prime Eternal bagi kelompok Eternals di bumi. Namun, ketika Kronos tewas dalam sebuah eksperimen, dipilihlah salah satu dari anak Kronos, Zuras dan A’lars. Zuras kemudian yang menjadi pilihan para Eternals untuk menjadi pemimpin mereka, dan untuk beberapa lama sosok Zuras masih diperlihatkan menjadi pemimpin para Eternals.

Pada 1970an, sebuah crossover antara Thor dan Eternals dilakukan dimana mereka harus menghadapi para Celestials. Dalam pertempuran tersebut, Zuras tewas di tangan Celestials. Dan hasilnya, putrinya, Thena, kemudian dipilih menjadi Prime Eternal yang baru. Thena berkuasa cukup lama sampai dekade 1980an, dimana Eternals kemudian diceritakan mulai memiliki perselisihan dengan musuh lama mereka, the Deviants.

Hubungan pribadi antara Thena dengan pemimpin Deviant, Kro, menciptakan sebuah situasi yang Ikaris lihat sebagai konflik keberpihakan. Ikaris yakin bahwa rasa peduli Thena terhadap Kro, akan mempengaruhi penilaiannya. Ikaris kemudian menantangnya bertarung dan berhasil menggeser posisi Thena. Selama beberapa tahun berikutnya, Ikaris berperan sebagai Prime Eternal. Posisi ini kemudian dikembalikan kepada Zuras, ketika dia berhasil dibangkitkan. Druig sempat berusaha menggeser posisi Zuras, namun dia gagal dan Zuras tetap memimpin.

Mengapa Bukan Ajak Yang Menjadi Pemimpin

Karakter yang diperankan oleh Salma Hayek ini sering kali disebut sebagai “pemimpin spiritual.” Yang paling baru, deskripsi ini muncul dalam merchandisenya yaitu action figure Ajak. Ajak mungkin memang merupakan pemimpin para Eternals, tapi hanya dalam kapasitas spiritual saja, tapi tidak dalam pertarungan atau diluar hal itu. Mungkin, alasan mengapa Ajak dispekulasikan menjadi pemimpin Eternals di film ini adalah karena kemampuan yang dia miliki.

Dalam deksripsi di action figurenya, disebutkan bahwa Ajak memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan para Celestials, kemampuan yang sama yang diperlihatkan di komiknya. Mengingat seberapa penting Celestials, bisa dipahami mengapa kemampuan Ajak menjadi sangat berharga. Karena kemampuan ini, para Eternals lain tidak memiliki pilihan selain bergantung kepada Ajak dalam cerita komiknya. Dan dalam versi film pun sepertinya Marvel mencoba memberikan pendekatan yang sama. Tapi, untuk sosok yang memberikan keputusan terhadap para Eternals, sepertinya ada sosok lain yang lebih berkuasa.

Zuras Adalah Orangnya

Selain Ajak, karakter yang banyak juga diperkirakan akan menjadi pemimpin para Eternals di filmnya adalah Thena atau Ikaris. Namun, akan lebih baik jika kemudian Marvel tidak menghadirkan hal itu di film perdana ini dan memperlihatkannya di film sekuel nanti. Untuk saat ini, Eternal Prime yang cocok adalah Zuras, meskipun sampai sekarang belum diketahui apakah Zuras memang menjadi bagian dari film ini atau tidak.

Tapi, ada kemungkinan juga Marvel sama sekali tidak akan memunculkan Zuras di MCU, demi menghindari kebingungan dan perbandingan dengan Odin, karakter yang memiliki kemiripan dengan Zuras. Mungkin juga Zuras belum diperkenalkan untuk saat ini. Jika memang begitu, mengapa kehadiran Zuras disembunyikan? Sosok penting seperti Zuras harus memiliki peran yang signifikan dalam filmnya nanti.

Dalam komiknya, para Eternals sempat mengalami kebingungan dimana mereka harus menentukan sebuah keputusan secara mandiri, tanpa konsultasi kepada Zuras. Mungkin, di filmnya nanti, Zuras diceritakan menghilang dari kelompok Eternals. Bagaimana dia menghilang, bisa saja Marvel mengkaitkannya dengan peristiwa dari Avengers: Endgame.

Hilangnya sosok Zuras dalam cerita ini – entah karena apapun alasannya – sangat berpengaruh terhadap cerita Thena di filmnya, mengingat Thena adalah putri dari Zuras. Bagi Thena, menemukan Zuras akan menjadi sebuah misi yang bersifat pribadi. Dengan Zuras yang tidak ada bersama para Eternals untuk memutuskan sebuah ide, bisa menjadi awal mula konflik terjadi di dalam Eternals sendiri. Mungkin, sama seperti di komiknya, bisa saja Ikaris dan Thena akan bertarung mengenai siapa yang lebih berkuasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.