Saat membandingkan konsol PS5 dan Xbox Series X, ada banyak hal yang harus diketahui menjelang peluncuran konsol generasi baru tersebut. Kedua perusahaan yaitu Microsoft dan Sony masing-masing berusaha untuk membedakan konsol mereka dengan pesaingnya. Berikut adalah semua hal yang harus ketahui tentang PS dan Xbox Series X sebelum kalian memutuskan untuk membeli konsol tersebut.

Fakta Tentang PS5 dan Xbox Series X

Tanggal Peluncuran: Sony sendiri telah mengonfirmasi bahwa PS5 akan diluncurkan pada “Holiday 2020”, yang berarti diantara bulan Oktober hingga Desember. Sementara Microsoft mengonfirmasi bahwa Xbox Series X akan diluncurkan pada 10 November 2020.

Apa Saja Game yang Dapat Dimainkan? Sejauh ini ada beberapa game eksklusif untuk kedua konsol tersebut. PS5 misalkan dengan game Spider-Man Miles Morales. Sementara Halo Infinite akan menjadi game eksklusif untuk Xbox Series X. Tentunya masih ada deretan game eksklusif untuk kedua konsol tersebut. Yang harus diingat bahwa keduanya memiliki kemampuan backward compatibility sehingga dapat memainkan game konsol dari generasi sebelumnya. Juga ada banyak game dari pihak ketiga seperti Cyberpunk 2077 yang dapat kalian mainkan.

Apakah PS5 lebih bertenaga dari Xbox Series X? Kemampuan pemprosesan mereka sejauh ini tampak sangat mirip, tetapi Microsoft memiliki sedikit keuntungan.

Harga PS5 dan Xbox Series X? Xbox Series X akan dijual seharga $ 499. Sementara PS5 harganya diprediksi tak jauh berbeda dengan PS5.

Spesifikasi Xbox Series X vs PS5

PS5 akan menjalankan AMD Ryzen generasi ketiga, yang memiliki 8 core dengan arsitektur Zen 2, dan Navi graphics. CPUnya akan bekerja di 3.5 GHz. Sementara itu GPUnya akan menawarkan 36 unit komputasi yang berjalan pada 2.23 GHz dan menawarkan 10.28 TFLOP. Bagian tersebut dipasangkan dengan GDDR6 16GB dengan badwidth yang mencapai 448 GB/detik. Sistem ini dapat menjalankan teknologi ray tracing, yang sebelumnya hanya dapat digunakan di GPU PC kelas atas yang sangat mahal.

PS5 juga akan mendukung resolusi layar hingga maksimal 8K. Selain itu, PS5 akan bekerja pada refresh rate 120Hz, yang memungkinkan pergerakan yang sangat mulus dalam gamenya. Tentunya untuk dapat menjalankan 120Hz, kalian juga membutuhkan TV atau layar yang sangat mahal yang dapat mendukung kecepatan tersebut. PS5 juga dibekali dengan SSD yang menawarkan penyimpanan hingga 825 GB dengan throughput mentah 5,5 GB / detik.

Sementara untuk Xbox Series X sendiri, konsol tersebut akan dibekali dengan CPU 8 core dengan arsitektur Zen 2, yang digadang-gadang lebih kuat empat kali lipat dari Xbox One. CPUnya akan berjalan di kecepatan 3.8 GHz, sementara GPUnya akan dibekali oleh 12 TFLOP, dan 52 unit komputasi yang berjalan di 1.8 GHz. Sama seperti PS5, Xbox Series X juga dibekali dengan memori sebesar 16 GB GDDR6 dengan bandwidth yang mencapai 560 GB / detik. Sistemnya juga dapat menjalankan ray tracing.

Xbox Series X juga dibekali dengan SSD berukuran 1 TB dengan throughput mentah yang mencapai 2.4 GB / detik. Sama seperti PS5, Xbox Series X juga dapat menampilkan resolusi layar hingga 8K. Selain itu, Xbox Series X juga dapat mendukung refresh rate 120Hz. Dari semua spesifikasi PS5 dan Xbox Series X tersebut, masih belum diketahui mana yang tercepat, tetapi tentunya kita baru akan mengetahuinya setelah konsol tersebut diluncurkan pada akhir tahun ini

Game yang Dinantikan di PS5 dan Xbox Series X

Selama beberapa bulan terakhir, kita telah mendapatkan gambaran tentang game-game apa saja yang dapat kita nikmati di PS5 dan Xbox Serie X. Pertama, Microsoft telah mengonfirmasi bahwa Halo Infinite akan menjadi game eksklusif Xbox Series X. Namun sayangnya, game tersebut tidak akan rilis bersamaan dengan peluncuran Xbox Series X karena harus ditunda. Selain game tersebut, ada beberapa game lain seperti Hellblade II, State of Decay 3, Forza Motorsport, Everwild, Avowed, Stalker 2, Fablem, Warhammer 40.000: Darktide, Psychonauts 2, Scorn, As Dusk Falls, The Gunk, dan masih banyak judul lainnya. Sementara itu akan ada game pihak ketiga lainnya seperti Vampira: the Masquerade – Bloodlines 2, Yakuza: Like a Dragon, Dirt 5, dan Medium.

Sementara itu untuk Sony sendiri, mereka akan menghadirkan deretan game eksklusif untuk PS5 seperti Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Gran Turismo 7, Ratchet and Clank: Rift Apart, Horizon Forbidden West, Stray, Returnal, Sackboy: A Big Adventure, Destruction AllStars, GhostWire: Tokyo, Godfall, dan masih banyak lainnya. Selain itu ada banyak game pihak ketiga lainnya yang dapat dimainkan di PS5. PS5 secara tradisional menang dalam urusan game eksklusif.

Harga PS5 dan Xbox Series X

Untuk saat ini, PS5 masih belum mendapatkan harga pasti, sehingga masih hanya sebatas spekulasi. Ada banyak spekulasi harga PS5. Beberapa ada yang menyebutkan bahwa PS5 akan memiliki harga $ 1043, bahkan ada yang menyebut harganya hanya $ 396. Melihat harga tersebut rasanya tidak masuk akal. Tetapi, kita bisa memprediksi harga PS5 dengan melihat harga pesaingnya yaitu Xbox Series X. Harga generasi konsol sebelumnya membuktikan bahwa harga PS dan Xbox tidak berbeda jauh. PS4 misalnya yang memiliki harga $ 399, sementara Xbox One memiliki harga $ 499.

Seperti yang kita ketahui bahwa harga Xbox Series X adalah $ 499. Berarti ada kemungkinan jika harga PS5 berada dikisaran $ 3xx atau lebih mahal sedikit $ 5xx. Namun ini masih sebatas prediksi, sehingga kita harus menunggu hingga Sony mengumumkan harga dari PS5 itu sendiri.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/