Dalam film Monsters. Inc kita melihat bagaimana petualangan Sulley dan Mike saat mereka menjadi bagian dari perusahaan di dunia para monster tersebut. Mereka bekerja sebagai monster menakut-nakuti dan mengumpulkan teriakan anak-anak manusia sebagai sumber pembangkit listri dunia monster. Awalnya, semua nampak biasa sampai kemudian mereka bertemu dengan seorang anak bayi manusia bernama “Boo”.

Sulley dan Mike yang awalnya ketakutan akhirnya membuktikan bahwa manusia tidaklah mengerikan dan tidak berbahaya, dan mereka pun berjanji membawa pulang kembalo Boo. Di akhir ceritanya, Boo berhasil dikembalikan ke dunianya. Sulley pun berhasil membuktikan bahwa suara tawa anak-anak bisa juga menjadi sumber tenaga bagi dunia monster.

Tidak berapa lama setelah filmnya dirilis, Circle 7 Animation kembali ditunjuk oleh Pixar untuk mengerjakan sekuel filmnya, dan bahkan concept art filmnya pun sempat bocor di YouTube pada 2011 lalu. Sekuelnya sendiri pada awalnya diketahui berjudul Monsters Inc. 2: Lost in Scaradise. Namun, sayangnya proyek ini tidak jadi dilanjutkan karena Circle 7 Animation harus tutup pada 2006.

Detail Plot Untuk Monster Inc. 2

Menurut breakdown plot yang beredar di media sosial, film sekuel Monsters, Inc gagal tersebut akan bersetting setahun pasca film pertamanya, ketika pintu kamar Boo disimpan di ruang penyimpanan. Karena hubungan yang terjalin diantara mereka, Sulley tidak mampu melupakan Boo sehingga Mike kemudian merencanakan untuk mengunjungi Boo di hari ulang tahunnya.

Saat membuka pintu mereka menemukan seorang wanita sedang tertidur pulas – yang diduga adalah ibu dari Boo – dan Sulley serta Mike pun mulai mencari keberadaan Boo. Namun, Mike dan Sulley kemudian sadar bahwa pintu yang dulu biasa mereka gunakan tidak terkoneksi atau terhubung menuju ruangan tertentu, melainkan menjadi pintu masuk untuk bertemu dengan orang tertentu – contohnya adalah Boo.

Ternyata di dunia nyata, waktu berjalan begitu cepat. Wanita tua yang ternyata sedang tidur di atas ranjang tersebut adalah Boo yang sudah dewasa. Mereka pun kemudian kembali mengunjungi Boo, setelah menyadari dan mengetahui fakta-fakta yang selama ini mereka baru diketahui. Dan sebelum Boo meninggal dunia, dia pun sempat mengenali teman berbulu birunya tersebut.

Meskipun terdengar sangat menyentuh, sebenarnya cerita ini sedikit gelap untuk keseluruhan filmnya. Pixar memang dikenal sebagai studio yang selalu berhasil menyentuh hati para penontonnya, melalui cerita yang matang yang disampaikan melalui filmnya. Namun, untuk plotline ini rasanya terlalu “berat” untuk sebuah film anak-anak.

Setelah Pixar gagal dengan proyek sekuelnya, mereka sebenarnya muncul dengan ide baru yaitu menghadirkan cerita prekuel yang berfokus pada sejarah pertemanan dan pertemuan antara Mike dan Sulley ketika mereka di perguruan tinggi dalam film Monsters University. Disney Plus sendiri saat ini sedang mengerjalan sebuah spinoff, Monsters at Work, yang akan tayang pada 2021 mendatang. Seriesnya sendiri bercerita tentang Mike dan Sulley tidak lama setelah apa yang terjadi di 2001 lalu.