Kelompok teroris The Ten Rings dijadwalkan kembali dalam film Shang-Chi & the Legend of the Ten Rings. Kelompok teoris ini dipimpin oleh sosok villain yang sangat populer, yaitu the Mandarin. Bagaimana kelompok teroris tersebut bisa kembali? Apakah ada kaitannya dengan kematian Tony Stark dalam film Avengers: Endgame?

The Ten Rings sendiri adalah kelompok villain yang harus dihadapi oleh Tony Stark dalam film Iron Man. Mereka memaksa Tony Stark untuk membangun senjata dahsyat untuk mereka, namun tentunya Tony menolak. Tony justru membangun armor pertama Iron Man, dan kita pun tahu cerita selanjutnya dari Tony Stark dan Iron Man. Kelompok teroris ini tidak diketahui keberadaanya pasca Iron Man 3. Karena itulah banyak spekulasi bahwa mereka kembali berkumpul pasca Decimation yang dilakukan oleh Hulk.

The Ten Rings vs Iron Man serta War Machine

Kelompok Ten Rings sebenarnya sudah ada sebelum mereka menyerang Tony Stark di Afghanistan. Ten Rings dikenal sebagai kelompok yang sering mencuri berbagai teknologi mutakhir demi tercapainya tujuan mereka yang biasanya adalah kekacauan di dunia. SHIELD juga sering kali terlibat perang dengan kelompok tersebut. Tapi, pasca apa yang terjadi di Iron Man, Tony harus kembali berhadapan dengan para teroris tersebut.

Tony pun berhasil membuat mereka kembali bersembunyi dan bergerak di bawah radar. Frustasi dengan apa yang diperbuat oleh Tony Stark. Namun, dalam Iron Man 3 Prelude – buku novel yang menceritakan sebelum peristiwa di filmnya – diperlihatkan Ten Rings kembali muncul ke permukaan dan mereka kali ini harus berhadapan dengan War Machine karena Tony sendiri sudah menyerahkan sebagian tanggung jawabnya kepada Rhodes.

Jika Tony sulit untuk ditebak, lain halnya dengan James Rhodes. Ten Rings pun terus melancarkan serangan teror kepada War Machine, demi mengetahui sampai sejauh mana kekuatan dari armor tersebut. Sampai akhirnya Ten Rings kemudian membuat sebuah perangkap yang dilakukan di Hong Kong. Mereka menggunakan teknologi curian milik Hammer dan melucuti armor milik Rhodes. Itulah mengapa kemudian Rhodes tidak bergabung dalam film The Avengers, dan ikut bertarung melawan Chitauri.

Ten Rings Menunggu Iron Man Tewas?

Pada saat ini, Ten Rings bersembunyi dan tidak melakukan tindakan kejahatan apapun. Kemenangan War Machine dalam pertempuran sebelumnya, mungkin membuat mereka sadar bahwa Stark Technology sulit untuk dikalahkan, setidaknya untuk saat ini. Jadi, mereka memutuskan untuk “beristirahat”, menunggu ada teknologi baru yang bisa mereka gunakan untuk mengalahkan Iron Man dan War Machine.

Pasca pertarungan di New York, Ten Ring mungkin akan tersadar bahwa potensi pahlawan yang bisa mengalahkan mereka bukan hanya Iron Man dan War Machine saja. Ada Captain America, Thor, bahkan Hulk yang harus mereka kalahkan. Jika Rhodes bisa diprediksi, lain halnya dengan para Avengers yang mana mereka tidak mengikuti perintah dari siapapun.

Ten Rings sempat melakukan pendekatan lain untuk bisa mewujudkan tujuan mereka. Kali ini mereka mencoba menggunakan Darren Cross demi mendapatkan teknologi canggih Pym Tech dalam film Ant-Man. Ten Rings percaya bahwa ancama nyata yang paling berbahaya adalah Avengers, dan teknologi Pym Tech bisa digunakan untuk menghadapi mereka. Meskipun kostum Yellow Jacket sempat mereka dapatkan, namun pada akhirnya kostumnya hancur bersama Darren.

Kematian Iron Man Mengubah Segalanya

Tidak diragukan lagi bahwa Ten Rings pun akan merasakan bagaimana kacaunya rencana mereka pasca Decimation Thanos, dalam film Infinity War. Meskipun begitu, mereka diyakini masih terus berjalan dengan kekuatan seadanya, sambil mencari jalan keluarnya. Kemampuan mereka kemudian kembali di film Endgame setelah Hulk mengembalikan semuanya, dan yang paling penting adalah Tony Stark tewas.

Keadaan sepertinya semakin sulit, karena seperti diperlihatkan di Spider-man: Far From Home, Avengers sepertinya membubarkan diri atau setidaknya beroperasi masing-masing. Hal inilah yang memaksa Talos untuk kemudian merekrut Spider-Man demi mengalahkan The Elementals, ancaman yang mungkin bisa saja dihancurkan dengan mudah oleh Hulk atau Thor.

Kematian Tony, bisa jadi alasan yang tepat mengapa Ten Rings kembali muncul setelah sekian lama mereka menghilang. Dengan tidak adanya Tony Stark, Stark Industries, dan juga Avengers, peluang mereka mengacaukan dunia semakin besar. Dan kali ini giliran Shang-Chi yang akan menghadapi mereka. Mampukah sang ahli bela diri mengatasi Ten Rings? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.