Seri manga karya Masashi Kishimoto, Naruto, merupakan salah satu seri manga terpopuler selain One Piece dan Dragon Ball. Seperti judulnya, seri ini berfokus pada seorang anak bernama Uzumaki Naruto yang bermimpi untuk menjadi Hokage. Perjuangan keras harus dia lalui sebelum kemudian dia berhasil mewujudkan mimpinya menjadi seorang pemimpin di desanya.

Kesuksesan Naruto bukan hanya terjadi di Jepang saja, di luar Jepang pun sama khususnya di wilayah barat. Sama halnya seperti seri manga lain – One Piece dan Dragon Ball – dengan populernya sebuah judul tersebut di wilayah barat maka akan terbuka peluang untuk kemudian mengadaptasi ceritanya dalam versi live-action. Dan ternyata Naruto juga akan mendapatkan treatment yang sama. Lalu, apa saja yang diketahui dari proyek ini?

Siapa Yang Terlibat Dalam Proyeknya

Sudah hampir lima tahun sejak pertama kali rencana adaptasi live-action Naruto dilakukan oleh Lionsgate pada pertengahan 2015 lalu. Meskipun detailnya masih dirahasiakan sampai sekarang, Avi Arad sudah ditunjuk untuk memproduksi filmnya melalui perusaahan yang dia miliki. Arad dikenal berkat film garapannya bersama Marvel, The Amazing Spider-Man dan Venom.

Arad juga sebenarnya mengerjakan proyek film adaptasi serupa dengan Ghost in the Shell, yang diperankan oleh Scarlett Johansson. Eric Feig dan Jon Hoeber sudah ditunjuk untuk menulis ceritanya. Sedangkan Michael Gracey sudah ditunjuk untuk menjadi pengarah untuk film adaptasi seri manga ini.

Status Dari Filmnya

Michael Gracey pada Maret 2018 kemarin sempat memberikan kabar terbaru, dalam wawancaranya dengan Collider. Gracey mengkonfirmasi bahwa dirinya masih tertarik untuk menjadi sutradara versi live-action dari seri manga populer ini. Namun, sang sutradara sendiri menegaskan bahwa dia tidak akan mau melanjutkan proyek ini jika tidak ada keterlibatan sang kreator dan mengungkapkan bahwa naskah skripnya sendiri masih belum benar-benar selesai.

Sebelum 2018 kemarin, hampir tidak ada kabar terbaru mengenai perkembangan proyek film Naruto. Dan dengan kurangnya kabar dari proyek ini sempat menimbulkan spekulasi bahwa salah satu diantara Gracey, Kishimoto, dan pihak studio ada yang tidak senang dengan naskah yang dibuat. Jika kemudian naskah memang yang menjadi masalahnya, butuh waktu yang cukup lama untuk kemudian memperbaikinya.

Studio film pada dasarnya adalah sosok “monster” yang keras kepala, ketika mereka sudah memiliki hak terhadap sebuah properti, mereka akan langsung melakukan berbagai hal yang bisa mengembalikan investasi yang mereka keluarkan. Berkaca pada kasus yang ada sebelumnya, adaptasi Hollywood terhadap seri manga akan berfokus pada pertanyaan “kapan” dan bukan “jika”.

Lionsgate mungkin akan menunggu sampai lima tahun lagi untuk membuat semuanya benar-benar terjadi. Dengan ada banyaknya platform streaming, membuat peluang proyek ini semakin besar. Jika tidak dibuat dalam bentuk film maka adaptasi ini bisa dibuat dalam bentuk TV series. Yang pasti status dari proyek film ini masih aktif atau dengan kata lain masih berjalan

Cast dan Cerita

Bukti bahwa proyek ini masih berjalan muncul pada Mei kemarin, dimana muncul kabar bahwa pihak Lionsgate mulai mencari aktor dan aktris untuk mengisi peran yang ada. Berdasarkan artikel sebelumnya, diketahui bahwa pihak Lionsgate sedang mencari beberapa cast untuk mengisi beberapa peran. Pertama, mereka mencari cast berusia 14-18 tahun untuk menjadi karakter utama.

Kemudian mereka juga mencari cast untuk mengisi pemeran pendukung dan juga villain. Banyak yang berspekulasi bahwa karakter utama yang akan ditampilkan adalah Sakura, Naruto, dan Sasuke. Sedangkan untuk karakter pendukung yang ditampilkan adalah Jiraiya dan Kakashi. Untuk villainnya masih belum diketahui, siapa yang akan ditampilkan dan berapa banyak villain yang akan ditampilkan.

Sampai saat ini, kita juga masih belum mengetahui detail plot dan cerita untuk filmnya. Namun, satu hal yang pasti adalah Kishimoto selalu dilibatkan dalam setiap perkembangan cerita skripnya. Lionsgate sangat menghindari berbagai kesalahan yang pernah terjadi di adaptasi sebelumnya, seperti whitewashing. Dan melihat dari kebutuhan cast, sepertinya filmnya nanti akan menghadirkan cerita awal Naruto menjadi shinobi Konoha. Mungkin dia akan diperlihatkan ikut ujian chuunin dan bertemu Orochimaru. Kita nantikan saja kabar terbaru dari proyek ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.