Trailer resmi untuk film reboot Dune akhirnya dirilis, dan trailernya sendiri menyajikan berbagai hal mulai dari cerita, karakter dan plot. Dune sendiri merupakan sebuah adaptasi terbaru dari novel fiksi ilmiah dengan judul yang sama, karya dari Frank Herbert. Sebelumnya pada 1984 David Lynch sempat melakukan adaptasi novel ini, sebelum Denis Villenueve kembali mengadaptasi ceritanya pada 2020 ini.

Menariknya Villenueve sepertinya akan menyesuaikan ceritanya dengan versi novelnya, dan tidak terlalu banyak memberikan perubahan. Film Dune sendiri akan dibagi menjadi dua bagian, dan bagian pertama sendiri akan dirilis pada 18 Desember 2020 mendatang. Lalu, apa saja hal-hal menarik yang muncul dalam trailer Dune?

Kehancuran House Atreides

Seperti yang disebutkan di atas, Villenueve sepertinya akan lebih banyak mengikuti alur cerita yang sesuai dengan plot di novelnya. Salah seorang pemimpin kerajaan di galaksi, Phadishah Emperor Shaddam IV, memerintah House Atreides untuk pergi ke Dune yang mana sebenarnya itu adalah sebuah jebakan yang sengaja disiapkan untuk menghancurkan sebuah keluarga yang menurutnya menjadi ancaman besar bagi kekuasaannya.

Shaddam sendiri bekerja sama dengan House Harkonnen – musuh abadi dari House Atreides – untuk menjalankan rencana ini. Paul Atreides dan ibunya, Lady Jessica, hampir saja tidak lolos dari kehancuran tersebut. Dan sekarang mereka terdampar di sebuah padang gurun antah berantah.

Pertemuan Dengan Chani

Paul Atreides dikenal karena kemampuannya untuk bisa meramal masa depan. Tapi, kemampuannya tersebut tidak sehebat dan sekuat kemampuan seorang wanita yang dia temui dalam petualangannya, Fremen Chani. Suku Fremen merupakan suku asli dari planet Arakkis dan mereka sudah belajar untuk bisa bertahan hidup di situasi ekstrem seperti di tengah gurun. Chani akan memiliki peran penting dalam petualangan Paul. Trailernya memperlihatkan penglihatan yang dilakukan oleh Paul dimana diperlihatkan bahwa dia akan bertemu dengan Chani.

Gom Jabbar Test

Paul Etreides bukan hanya menjadi penerus dari keluarganya, melainkan juga dialah “yang terpilih”, sosok yang diyakini akan memiliki kekuatan yang hebat. Dalam trailernya, kita diperlihatkan ketika Paul melakukan Gom Jabbar Test of Humanity. Pada dasarnya, tes ini dilakukan untuk mengetahui mengenai superioritas seseorang – bagaimana karakternya, apa yang dia kendalikan, dan apa potensinya. Tes ini dibuat oleh sebuah perkumpulan kuno bernama Bene Gesserit.

Sarung Tangan Holtzman

Salah satu hal dalam cerita Dune yang terbukti sangat sulit untuk diadaptasi adalah bagian pelindung dari Holtzman. Alat pelindung akan mengeluarkan sebuah energi yang bisa melindungi penggunanya. Alat tersebut berada di seluruh tubuh Holtzman, sehingga mencegah serangan apapun bisa menghujam atau merusak tubuhnya. Hanya sebuah pedang atau senjata tertentu yang bisa menembus energi pelindungnya.

Dalam trailernya kita melihat bagaimana Gurney Halleck sedang melatih Paul Atreides dalam hal menggunakan pedang. Biasanya alat pelindung bagi seorang ahli pedang dalam cerita ini terletak di bagian sabuk dengan sebuah tombol untuk mengaktifkan. Tapi, dalam trailer ini diperlihatkan jika alatnya bisa aktif hanya dengan sebuah alat yang ada di bagian lengan (gagang) pedangnya.

Pasukan Atreides Pindah ke Dune

Di trailernya diperlihatkan ketika Paul, berhasil dipojokan oleh Mentat Thurfur Howatt, dan pasukan dari keluarga Atreides yang menduduki wilayah Arakkis. Mentat sendiri dalam cerita Dune merupakan sebuah penasihat profesi. Merekalah orang-orang yang menggunakan “the Spice” untuk membuka potensi berpikir luar biasa yang mereka mliki. Pada dasarnya, ketika hal itu terjadi mereka berubah menjadi manusia komputer.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.