Ending film Godzilla (2014) mengakhiri ancaman yang ditimbulkan oleh MUTO (Massive Unidentified Terrestirial Organisms), tetapi dalam film Godzilla: Kong of the Monster, film tersebut mengkonfirmasi bahwa MUTO masih ada, dan Monsterverse siap mengenalkan sosok MUTO ketiga. Dua MUTO yang muncul di film Godzilla (2014) adalah penyebab mengapa Godzilla muncul dari laut setelah berabad-abad bersembunyi. Di akhir filmnya, MUTO berhasil dihancurkan oleh Godzilla.

Alih-alih membiarkan MUTO mati di Monsterverse, namun rupanya MUTO kembali muncul di film Godzilla: King of the Monsters. Ketika King Ghidorah menggunakan aumannya untuk membangunkan para Titan, terungkap bahwa MUTO adalah salah satu dari 17 Titans yang sedang berhibernasi yang terpantau di pos terdepan Monarch. Diakhir film Godzilla: King of the Monsters, setelah Godzilla membunuh Ghidorah, MUTO dan keempat Titan lainnya membungkuk kepada Godzilla untuk menunjukkan rasa hormatnya kepada sang raja monster tersebut.

Sutradara Godzilla: King of the Monsters yaitu Mike Dougherty telah menjelaskan alasan mengapa tetap ia mempertahankan MUTO. Dougherty mengatakan bahwa dia menikmati desain MUTO yang dibuat oleh Gareth Edwards dalam film Godzilla, dan Dougherty merasa sedih ketika dua MUTO terbunuh. Dougherty lantas memperkenalkan MUTO ketiga karena ia ingin memberi spesies tersebut kesempatan untuk bertahan hidup.

Karena MUTO ketiga masih hidup, berarti Godzilla tidak membunuh seluruh spesies tersebut hingga punah. Masuk akal jika Godzilla tidak membunuh seluruh spesies tersebut karena fungsi Godzilla adalah untuk menjaga keseimbangan alam, dan memusnahkan seluruh spesies MUTO akan mengganggu keseimbangan alam. King of the Monster juga menunjukkan bahwa persaingan antara Godzilla dan MUTO telah berakhir. MUTO adalah sosok yang bertanggung jawab atas kematian salah satu leluhur Godzilla, tetapi tampaknya Godzilla tidak akan membunuh MUTO ketiga kecuali jika MUTO tersebut keluar kendali.

MUTO ketiga ini adalah MUTO betina yang memiliki wujud berbeda dari dua MUTO yang telah dibunuh Godzilla. MUTO ini memiliki sirip dipunggungnya. Selain itu, MUTO ini disebut oleh Dougherty sebagai ratu dari spesiesnya. Itu menunjukkan bahwa dia lebih kuat daripada MUTO yang dibunuh oleh Godzilla. Tentunya ini akan menjadi sesuatu yang menarik untuk melihat kemampuan dari MUTO ini di film Monsterverse lainnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/