Rinnegan merupakan salah satu dari tiga Doujutsu legendaris, selain Sharingan dan Byakugan, serta menjadi Kekkei Genkai paling kuat di series Naruto. Berbeda dengan Byakugan dan Sharingan, Rinnegan merupakan sebuah Doujutsu yang sangat langka. Rinnegan hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang pernah mendapatkan chakra dari klan Otsutsuki dan keturunannya atau menggabungkan Sharingan dengan sel Hashirama.

Karena Doujutsu ini langka, kekuatannya pun benar-benar sangat dahsyat. Ketika penggunanya mengaktifkan Rinnegan, dia bisa menguasai lima elemen chakra, mengendalikan daya tarik bumi, dan yang paling dahsyat adalah pengguna Rinnegan bisa mengendalikan kehidupan dan kematian, baik dirinya sendiri maupun orang lain. Hal luar biasa lainnya dari Rinnegan adalah mampu membuka jalan menuju dimensi yang lain atau menyerap chakra dari tubuh musuh.

Memiliki kemampuan Rinnegan tentunya akan menjadi sebuah keuntungan yang sangat luar biasa bagi seorang shinobi, karena secara tidak langsung mereka menjadi salah satu shinobi paling kuat di seriesnya. Hal ini dibuktikan oleh beberapa karakter seperti Nagato, Madara Uchiha, Pein, dan tentunya yang paling populer adalah Uchiha Sasuke, rekan dan sahabat dari Uzumaki Naruto.

Berbicara mengenai Naruto dan Sasuke, seperti yang kita tahu, mereka sudah bersama-sama sejak berada di akademi. Meskipun sempat menghilang, Sasuke akhirnya kembali ke Konoha. Tapi, butuh perjuangan panjang dan melelahkan dari Naruto untuk bisa membuat Sasuke kembali sadar. Saat ini Sasuke bahkan menjadi “wakil” Hokage di Konoha.

Minggu lalu sempat muncul rumor yang mengatakan bahwa Sasuke akan tewas di series Boruto: Naruto Next Generation. Meskipun masih hanya sekedar rumor, tentunya hal ini sudah menimbulkan kehebohan yang luar biasa. Tapi, ada satu pertanyaan menarik dari rumor tersebut. Jika, kemudian Sasuke benar akan tewas, apakah Naruto akan menjadi pengguna Rinnegan selanjutnya?

Dengan memiliki kekuatan Rinegan, tentunya Naruto akan menjadi sosok shinobi yang sangat luar biasa. Bahkan, dia bisa melebihi dirinya yang sekarang juga sosok kuat lainnya. Kekuatan Rinnegan sendiri sudah sangat luar biasa, ditambah lagi Naruto memiliki kemampuan chakra Kurama yang membuatnya semakin dahsyat. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah hal tersebut memungkinkan?

Jawabannya adalah tidak. Seperti yang disebutkan di atas, untuk bisa mengaktifkan Rinnegan, Naruto harus memiliki kemampuan doujutsu Sharingan yang kemudian dipadukan dengan sel Hashirama. Atau menggunakan cara lainnya yaitu menggabungkan dua kekuatan chakra milik Indra dan Ashura. Naruto tidak memiliki kekuatan Sharingan ataupun chakra gabungan Indra dan Ashura yang membuat Naruto tidak memiliki kesempatan untuk memiliki Rinnegan.

Apakah ada cara lainnya? Ada satu cara lainnya yang bisa membuat Naruto memiliki Rinnegan, yaitu dengan melakukan transplantasi mata. Seperti yang kita ketahui, melakukan transplantasi anggota tubuh merupakan hal yang lumrah terjadi, baik di dunia nyata maupun di dunia para shinobi. Dalam franchise Naruto, contoh yang paling nyata dari hal ini adalah Sharingan milik Hatake Kakashi.

Kakashi bukanlah keturunan Uchiha, namun dia memiliki mata Sharingan. Mata tersebut merupakan pemberian dari rekan satu timnya dahulu, Obito, sebelum dia tewas. Dibantu dengan kekuatan medis Rin, akhirnya Obito memberikan sebelah matanya kepada Kakashi, dan dia pun berkembang menjadi pengguna Sharingan yang sempurna diluar klan Uchiha.

Hal ini juga bisa dilakukan oleh Sasuke kepada Naruto, suatu hari nanti disaat Sasuke memang akan tewas. Seperti yang disebutkan di atas, salah satu keuntungan memiliki Rinnegan adalah bisa menentukan kematian dan kehidupan dirinya sendiri. Sasuke, memang bisa saja hidup abadi, tapi mungkin ada satu titik dalam hidupnya dimana dia memilih untuk menyerahkan semuanya.

Dan ketika momen itu terjadi, Sasuke bisa saja memberikan kedua mata Rinnegannya kepada Naruto – dan membalas dendam kematian Sasuke. Jika kemudian Naruto benar memiliki kemampuan Rinnegan, bisa dipastikan dia akan menjadi sosok shinobi yang dahsyat. Level kekuatannya mungkin akan setara dengan Hagoromo Otsutsuki atau bahkan melampauinya. Yang pasti, jika ini benar terjadi, titel Naruto sebagai shinobi paling kuat di dunia akan semakin kokoh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.