Sutradara Mulan telah menjelaskan mengapa Mushu tidak hadir dalam film remake live action-nya. CinemaBlend melaporkan bahwa sutradara Mulan yaitu Niki Caro percaya bahwa menghilangkan Mushu adalah langkah yang diperlukan untuk filmnya. Caro menjelaskan bahwa Mushu adalah karakter yang diperlukan dalam versi animasi Mulan. Namun karena versi live action memiliki pergeseran cerita, maka karakter Mushu dihapuskan.

Lebih spesifik lagi, Caro menyatakan bahwa mengadaptasi film animasi ke live action berarti harus menghadirkan sisi realisme dari perjalanan Mulan. Beberapa waktu lalu, produser film Mulan yaitu Jason Reed juga sempat menjelaskan mengapa karakter Mulan dihapuskan. Menurutnya, Mushu dihapus demi mendapatkan pendapatan besar di Cina. Reed mengaku bahwa penonton di Cina tidak terlalu berpikir bahwa Mushu adalah interpretasi terbaik dari Naga, dalam budaya mereka.

Dalam budaya Cina, Naga adalah tanda penghormatan dan kekuatan. Jadi menggunakan seekor Naga sebagai sahabat karib sangat tidak cocok dengan penonton Cina. Meskipun sebagian penggemar akan kecewa karena Mushu tidak ditampilkan, namun penekanan pada sisi realistis dari perjalanan Mulan memang menjadi keputusan yang baik. Walau Mushu selalu memberikan nasihat lucu dalam versi animasinya, namun jika Naga tersebut tampil dalam versi live action dan ia dapat berbicara, maka itu akan aneh dan merusak filmnya.

Dalam film Mulan, Caro pun berfokus untuk menceritakan Mulan yang mengembangkan hubungannya dengan sesama prajurit. Karena itu, Caro menggantikan Mushu dengan phoenix guardian yang tampaknya lebih selaras dengan visi sang sutradara. Dari segi cerita, filmnya masih tetap sama seperti film animasi Mulan, yaitu menceritakan saat Mulan menyamar sebagai seorang pria untuk menggantikan ayahnya sebagai tentara. Filmnya menampilkan aktris Liu Yifei yang memerankan Mulan, sementara aktor Tzi Ma memerankan ayah dari Mulan.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.