Apakah sosok King Ghidorah bisa kembali muncul di MonsterVerse? Itulah pertanyaan yang muncul pasca kekalahannya dalam film Godzilla: King of the Monsters. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa Godzilla bertarung dua kali melawan King Ghidorah. Pertama adalah pada saat ribuan tahun yang lalu, dan yang kedua adalah di era modern sekarang.

Setelah pertarungan kedua Ghidorah melawan Godzilla, Monarch kemudian mengetahui sebuah fakta yang mengejutkan tentang Ghidorah. Sama seperti monster produksi Toho lainnya, Ghidorah ternyata adalah alien. Ghidorah pergi ke bumi ribuan tahun yang lalu dan kalah dalam pertarungannya melawan Godzilla.

Ghidorah kemudian membeku di wilayah Antartika sampai Jonah dan kru teroris menemukan lokasi Ghidorah dan mencoba untuk membangkitkannya, dengan bantuan Dr. Emma dan juga alat komunikasi para monster, the Orca. Ghidorah merupakan rencana pertama dari rencana besar kelompok teroris tersebut untuk melepaskan atau membangkitkan kaiju dan monster lainnya yang ada di bumi.

Tujuannya hanya satu, yaitu kelompok tersebut meyakini bahwa bumi bukanlah milik manusia melainkan milik para kaiju. Beruntung, bumi berhasil diselamatkan setelah Godzilla muncul dan berhasil mengalahkan monster berkepala tiga tersebut. Juga berkat bantuan dari Mothra, Godzilla berhasil menghancurkan Ghidorah dengan serangan nuklir kejut miliknya.

Ghidorah memang diperlihatkan sudah tewas, tapi ada potensi dia kembali ke MonsterVerse saat bagian kepala dari Ghidorah yang hancur akibat pertarungan kedua melawan Godzilla muncul di post-credit scene. Pertanyaannya adalah bagaimana Ghidorah bisa kembali hidup, dengan hanya bermodalkan kepalanya saja? Jawabannya ada pada cerita origin dari Ghidorah yang disampaikan sang sutradara, Mike Dougherty.

Dougherty memberikan sebuah petunjuk mengenai cerita masa lalu Ghidorah yang merupakan alien, dan menurutnya hal itu bisa menjadi jalan kemunculan kembali Ghidorah. Dalam sebuah wawancara dengan FreshFiction, Dougherty menjelaskan bahwa “apapun mungkin saja terjadi”, mengingat struktur biologis yang dimiliki oleh Ghidorah, apalagi “dia tidak memiliki hukum alam yang sama dengan kita.” Dengan kata lain Dougherty mencoba menjelaskan bahwa Ghidorah mungkin belum benar-benar tewas.

Kembali bangkit dari kematian dari hanya sekedar potongan kepala mungkin dirasa tidak masuk akal oleh kita, dan tidak akan pernah terjadi bagi makhluk hidup yang memang “lahir” di bumi. Tapi, Ghidorah bukanlah makhluk hidup yang berasal dari bumi. Struktur biologisnya juga berbeda dengan makhluk hidup bumi, yang artinya Ghidorah bisa kapan saja dibangkitkan/bangkit dari kematiannya.

Cerita masa lalu Ghidorah sebagai alien sendiri merupakan kunci penting dari karakternya di MonsterVerse ini. Bahkan, hal ini juga menjadi hal penting dalam perannya di KOTM. Akibat ketidak tahuan para villain manusia tentang siapa Ghidorah sebenarnya, yang membuat rencana besar mereka akhirnya lepas kendali. Mereka meyakini bahwa Ghidorah akan mengikuti hukum alam yang ada, tanpa disadari bahwa sebenarnya Ghidorah adalah alien. Ghidorah tidak peduli terhadap bumi.

Jika kemudian Ghidorah benar-benar kembali ke MonsterVerse, ada kemungkinan jika dia 100% akan kembali ke wujud aslinya, atau dia akan muncul dalam bentuk atau form berbeda. Karakter yang dimaksud adalah Mecha-King Ghidorah. Monster yang berasal dari film Toho era Heisei ini merupakan versi tobot dari Ghidorah – mirip seperti Mechagodzilla.

Meskipun dia adalah alien yang bisa saja kembali hidup, Ghidorah tetap membutuhkan bantuan manusia untuk membuatnya kembali hidup. Dan untuk pertanyaan kapan dia akan kembali, bisa jadi dia akan kembali di film Godzilla vs. Kong yang akan datang. Mecha-King Ghidorah bisa digambarkan menjadi sekutu bagi Mechagodzilla. Atau Legendary Pictures bisa saja menghadirkannya di film Godzilla 3.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.