Ada beberapa villain kosmik dalam Marvel Comics yang bisa menjadi lawan selanjutnya dari Carol Danvers di MCU. Lalu, kira-kira siapa yang akan dipilih? Dalam film pertama Captain Marvel, Carol Danvers harus menghadapi mantan mentornya yang juga sekaligus komandan dan rekannya di Kree dan Starforce, yaitu Mar-Vell. Dalam filmnya diperlihatkan bagaimana kedekatan Mar-Vell dan Danvers.

Mar-Vell juga adalah orang yang terus meyakinkan Danvers bahwa dalam peperangan Kree-Skrull, alien yang mampu berubah wujud, Skrull, adalah pihak yang jahat. Namun, seperti layaknya film MCU lain, pada akhirnya terungkap bahwa semuanya tidak seperti yang terlihat. Captain Marvel 2 direncanakan akan dirilis pada Juli 2022 mendatang, dan kita akan melihat petualangan Captain Marvel di era modern ini. Ada beberapa kandidat villain kosmik yang bisa saja dihadapi oleh Danvers di filmnya. Siapa saja?

Queen Veranke

Ada beberapa rumor yang beredar di kalangan para fans, bahwa Marvel berencana untuk menghadirkan cerita Secret Invasion ke MCU. Jika rencana ini terbukti benar, dan tidak akan dimunculkan dalam film tersendiri atau muncul sebagai series di Disney Plus, maka Captain Marvel 2 bisa menjadi tempat yang pas. Queen Veranke bisa menjadi sosok yang sama dengan komiknya, yaitu orang yang ada dibalik perintah invasi para Skrull ke bumi.

Dalam komiknya, Queen Veranke menyamar menjadi Spider-Woman selama bertahun-tahun. Namun, karena di MCU belum diperkenalkan karakter Spider-Woman tentunya bisa dilakukan penyesuaian cerita dalam hal ini. Sama seperti Talos yang menyamar menjdi petinggi SHIELD, Queen Veranke juga bisa saja menyamar menjadi petinggi di agen rahasia pemerintah atau bahkan di bagian pemerintah sendiri.

Korvac

Karakter yang paling sering dirumorkan akan muncul di Captain Marvel 2 adalah Michael Korvac, karakter yang dikenal di komik The Avengers pada 1970an.  Dalam cerita The Korvac Saga, diperlihatkan adanya perselisihan antara Avengers dan Korvac, seorang pria yang secara diam-diam mencuri energi kosmik dari Galactus. Setelah mendapatkan kekuatan Power Cosmic, kemudian Korvac berusaha untuk menghancurkan bumi sebelum kemudian usahanya dicegah oleh para Avengers.

Namun, tentunya ini adalah film Captain Marvel. Artinya, di Captain Marvel 2 nanti Carol akan menjadi pahlawan utama dalam menghadapi Korvac. Dan juga bedanya, mungkin tidak akan ada Avengers lain yang membantunya. Namun, Carol bisa saja mendapatkan bantuan dari Ms. Marvel atau Starjammers.

Rogue

Pertarungan antara Rogue dan Carol Danvers merupakan salah satu pertarungan yang banyak diingat oleh para fans. Dalam cerita komiknya, Rogue bertarung melawan Carol Danvers – yang saat itu masih menggunakan nama Ms. Marvel – dan mencuri kekuatan serta ingatannya. Kekuatan Carol kemudian digunakan oleh Rogue untuk menghancurkan para Avengers. Meskipun Carol berhasil disembuhkan oleh Professor X, dia tetap bukan Carol yang dulu lagi.

Meskipun terdengan sangat menarik dalam segi cerita, dan akan sangat menarik untuk diangkat ke layar lebar, tapi ada masalah besar yang menghambat terwujudnya certa ini di Captain Marvel 2. Pertama, Rogue belum muncul di MCU. Kedua, dalam versi layar lebar selama ini Rogue belum pernah ditampilkan sebagai sosok X-Men yang jahat. Jika pun kemudian Rogue memang benar muncul, dia akan berperan sebagai secondary antagonist alias bukan sebagai villain utama. Namun, hal ini bisa menjadi jembatan untuk memperkenalkan X-Men di layar lebar.

Annihilus

Dalam komik Marvel, Annihilus adalah sosok penguasa sebuah dimensi yang disebut sebagai Negative Zone. Di era Silver Age, dimensi tersebut tidak sengaja ditemukan oleh Fantastic Four yang sedang melakukan petualangan antar dimensi. Tim Fantastic Four kemudian menjadi karakter pertama yang dihadapi oleh Annihilus. Dalam versi modern, Annihilus akhirnya berhasil keluar dari Negative Zone dan menebarkan teror dengan menghancurkan berbagai planet yang ada.

James Gunn sendiri merupakan sosok yang sangat menginginkan Annihilus untuk bisa muncul di franchise Guardians of the Galaxy. Tapi, keinginannya sendiri belum tercapai. Dengan selesainya proses negosiasi Fox-Disney pada 2019 kemarin, kemungkinan untuk menghadirkan Annihilus pun terbuka lebar, dan Captain Marvel 2 bisa menjadi tempat yang tepat untuk melakukan debutnya.

Moonstone

Karla Sofen dulunya merupakan seorang psikolog yang kemudian pada suatu hari dia menemukan sebuah kristal aneh yang memberikannya sebuah kekuatan super. Dengan menggunakan nama Moonstone, Karla kemudian bergabung dengan Masters of Evil dan bertarung melawan para Avengers. Karla rela melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang dia mau, dia berubah menjadi kejam, dan dia menjadi otak dari berbaga skema untuk menjatuhkan musuhnya.

Karla sempat bergabung dengan Thunderbolts dan merubah jalan hidupnya menjadi lebih baik, tapi hal itu tidak berjalan lama sebelum kemudian Karla kembali jahat. Karla kemudian bergabung dengan Dark Avengers dengan menggunakan nama Ms. Marvel. Namun, Karla kemudian harus berhadapan dengan sosok Ms. Marvel yang asli. Jika Captain Marvel 2 berencana untuk menghadirkan villain yang bisa mengimbangi kekuatan Carol Danvers, Moonstone bisa menjadi pilihannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.