Dalam reboot series Digimon Adventure, Digimon Adventure 2020, para penonton diperkenalkan terhadap tiga celestial Digimon, yaitu Seraphimon, Cherubimon, dan Ophanimon. Para Digimon tersebut memiliki kemampuan dari Lucemon yang terbagi kepada mereka setelah Ten Legendary Warriors menyegel Lucemon dari Dunia Digital. Ketiga Digimon ini mempunyai tugas untuk melindungi sebuah tempat bernama Kernel.

Kernel sendiri merupakan pusat dari Dunia Digital, dan disana pula sang “dewa”, makhluk yang menjadi pencipta Dunia Digital, tinggal. Sebagai “perwakilan” dari sang dewa, wajar jika kemudian ketiga Digimon ini memiliki kemampuan yang dahsyat dan juga memiliki kemampuan untuk berubah ke form Fallen Angel (mode ketika para Celestial Digimon berubah menjadi gelap/jahat). Lalu, siapa ketiga Digimon ini?

Seraphimon

Seraphimon merupakan Digimon yang melaksanakan apa yang diperintahkan oleh sang dewa (eksekutor). Seraphimon menguasai seluruh Digimon yang ada dan diketahui memiliki pangkat atau jabatan tertinggi diantara Angel Digimon lainnya. Seraphimon juga memiliki tugas menjaga hukum dan peraturan di Dunia Digital berjalan dengan baik. Dia juga menjadi penjaga dari spirits of light and wind.

Seraphimon merupakan Mega Form dari Patamon dan memiliki Crest of Hope di bagian plakatnya. Dengan kekuatan yang dia miliki, Seraphimon bisa menaklukan musuhnya dengan mudah, saat dia bertarung melawan kejahatan. Dalam mode Fallen Angel, bagian terluar Seraphimon akan berubah menjadi gelap ketika dirinya dikendalikan oleh amarah dan emosi.

Seraphimon sendiri pernah “dihapus” atau dibuang ke wilayah pemakaman Dunia Digital yang disebut Dark Area, dan kemudian berubah menjadi Daemon. Daemon sendiri merupakan salah satu dari tujuh Great Demon Lords. Berbeda dengan dengan Seraphimon yang bersumpah untuk menjaga perdamaian di Dunia Digital, Daemon justru bersumpah untuk membalas dendam semua kebaikan dan juga menjadi pemimpin para Digimon jahat untuk menghancurkan Dunia Digital.

Cherubimon

Cherubimon memiliki bentuk seperti hewan buas, namun memiliki Holy Rings di kedua telinganya. Dan berdasar cincin di kedua telinganya, Cherubimon termasuk dalam Holy-species. Sudah menjadi tugasnya untuk memandu para penghuni Dunia Digital menuju ilmu pengetahuan dan dia juga bertanggung jawab untuk menjaga spirits of darkness, steel, wood, water, dan earth.

Cherubimon merupakan bentuk Mega Form dari Terriermon (atau Lopmon), dan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan kekuatan petir demi mengalahkan musuhnya. Berbeda dengan dua Celestial Digimon lainnya, Cherubimon adalah Celestial Digimon yang paling mudah untuk dipengaruhi.

Ketika Cherubimon berubah menjadi jahat yang diakibatkan oleh virus, dia pun berubah menjadi Evil Cherubimon. Dan sebagai monster jahat, Evil Cherubimon mulai menghadirkan teror kepada manusia dan juga penghuni Dunia Digital. Digimon ini juga bahkan bisa merubah Spirits of Darkness menjadi sebuah kekuatan jahat yang dahsyat.

Ophanimon

Ophanimon atau yang dikenal sebagai Holly Mother, merupakan Celestial Digimon yang mewakili cinta, kasih sayang, dan juga cahaya di dunia. Sudah menjadi tugasnya untuk menghukum dan mengusir para Angel Digimon dari surga atas kejahatan yang mereka lakukan. Ophanimon merupakan pelindung dari spirits of fire, thunder, dan ice.

Ophanimon sendiri merupakan bentuk Mega Form dari Gatomon. Ophamon tahan terhadap berbagai serangan dan juga memiliki kecepatan dan serangan yang dahsyat. Ophamon menggunakan Eden Javelin untuk menembakan sinar laser dan memiliki Sefirot Crystal yang ada diantara kedua tangannya, untuk melakukan/menembakan serangan jarak jauh.

Ketika Ophanimon dipengaruhi oleh kegelapan, Celestial Digimon tersebut memiliki dua opsi perubahan. Pertama adalah Ophanimon Fallendown Mode dan yang kedua adalah Laylamon. Ketika Ophanimon marah melihat ketidak adilan yang ada di dunia, Ophanimon akan berubah menjadi Ophanimon Fallendown. Tapi, ketika Ophanimon berubah menjadi Laylamon, maka dia akan menjadi salah satu dari tujuh Great Demon Lord. Laylamon sendiri memiliki julukan “dewi kegelapan.”

Meskipun dalam series Digimon Adventure 2020 dijelaskan bahwa tujuan dari para Holy Digimon ini adalah untuk bertarung menghadapi Devimon dalam Holy War yang akan datang, para Digimon dewa ini tetap menjaga tugas utama mereka yaitu membuat dunia aman dan juga menjadi penjaga dari Kernel, rumah sang dewa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.