Cerita akhir dari seri Avatar: The Legend of Korra menjadi sebuah akhir yang sangat powerful untuk menutup cerita dari arc utama seriesnya. The Legend of Korra sendiri disiarkan pada 2014 dan berlangsung selama empat musim. The Legend of Korra merupakan sekuel dari The Last Airbender. Karena merupakan sekuel dari series sebelumnya, protagonis utamanya pun berbeda.

Aang sudah tidak lagi menjadi karakter utama dalam seriesnya, karena di awal cerita diceritakan jika Aang sudah wafat. Korra kemudian menjadi penerus selanjutnya dari Aang sebagai Avatar yang membawa kedamaian di dunia. Berbeda dengan Aang, Korra merupakan seorang wanita yang tangguh, namun keras kepala. Jika Aang sangat menghindari pertarungan, lain halnya dengan Korra. Meskipun kedua karakternya memiliki perjalanan yang sama karena mereka adalah Avatar, namun Legend of Korra memberikan hal yang berbeda di bagian akhir ceritanya.

Penyerangan Kuvira ke Republic City

Berbeda dengan raja api Oza dalam seri pertama, para villain di Legend of Korra digambarkan sebagai seseorang yang merasa bahwa dirinya benar dalam perspektif mereka sendiri. Mereka juga merupakan “produk” peninggalan dari masa lalu. Untuk kasus Kuvira, tujuannya melakukan kejahatan adalah karena kebenciannya dan ketidak setujuannya terhadap keputusan kerajaan bumi.

Kuvira tidak setuju melihat kerajaan bumi menjadi satu diantara empat negara lainnya. Jika Suyin Beifong menggunakan cara yang diplomatis untuk menguasai wilayah Zaofu, Kuvira yang ingin memberikan perubahan pada kerajaan bumi, mencoba hal lain. Di akhir musim, dia berhasil mengumpulkan banyak pasukan yang setuju dengan idenya untuk membangun kerajaan bumi yang baru.

Musim keempat menjadi puncak pergerakan dari Kuvira, dimana dia menyerang Republic City dengan menggunakan sebuah robot raksasa yang dilengkapi oleh senjata meriam. Korra dan yang lain berhasil untuk menghentikan usaha dari Kuvira tersebut, tapi Kuvira tidak mau mengakui kekalahannya tersebut.

Bagaimana Korra Mengalahkan Kuvira

Setelah The Colossus berhasil dirubuhkan, Kuvira menyerang Korra dengan meriam energi yang ada dari reruntuhan The Colossus, namun Kuvira gagal untuk mengendalikannya. Kuvira justru terhempas ke tanah akibat tembakan tersebut, dan meriam tersebut justru mengarah kepadanya. Beruntung Korra kemudian berhasil mencegah hal itu terjadi dengan kekuatan pengendalian yang dia miliki.

Apa yang dilakukan oleh Korra justru menciptakan sebuah portal yang menuju dunia arwah. Korra dan Kuvira pun melihat dunia arwah tersebut. Dan ketika berada di dunia arwah tersebut, Korra dan Kuvira kemudian sadar bahwa mereka sama-sama sosok yang keras kepala. Korra berusaha untuk menjalankan tugasnya sebagai Avatar. Sedangkan Kuvira, yang sebelumnya ditinggalkan oleh kedua orang tuanya, berusaha untuk menghancurkan dunia yang sudah membuatnya menderita.

Keduanya sadar bahwa itu merupakan kekurangan yang fatal, yang bisa saja menyebabkan kehancuran yang lebih besar lagi jika diteruskan. Setelah kembali dari dunia arwah, Kuvira sadar akan kesalahannya, namun meskipun begitu, dia tetap bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan. Kuvira meminta pengikutnya untuk menyerah dan akhirnya Kuvira pun ditahan.

Kejadian Setelah Penyerangan

Setelah Kuvira menyerah, kehidupan di Republic City dan seluruh dunia tidak lagi sama. Akibat Korra yang menyelamatkan nyawa Kuvira, sebuah portal menuju dunia arwah kini muncul di tengah-tengah Republic City. Uniknya, dengan adanya portal ini para arwah kini bisa masuk ke Republic City dan berkeliaran dengan bebas. Dan apa yang terjadi diantara Kuvira dan Korra, memperlihatkan bahwa keduanya bisa berubah menjadi lebih baik.

Cerita akhir seriesnya sendiri ditutup dengan pangeran Wu yang memutuskan untuk mengakhiri monarki kerajaan bumi, dibandingkan dengan menjadi raja baru, bersamaan dengan pernikahan dari Varrick dan Zhu Li. Zhu Li sendiri merupakan asisten dari Varrick, dan meskipun Varrick sendiri memang membantu menghentikan serangan Kuvira, seriesnya memperlihatkan bahwa Varrick tidak lebih dari seseorang yang memantangkan bisnis dan berpotensi menjadi seorang villain.

Dengan menikahi Zhu Li, Varrick mengalami fase baru dalam hidupnya. Melalui hubungan yang mereka jalin, Zhu Li pada akhirnya berhasil membuka hati Varrick, dan membuat Varrick menjadi sosok pria yang lebih baik.

Adegan Terakhir Korra dan Asami

Selain pernikahan Varrick dan Zhu Li, serta keputusan Wu untuk mengakhiri monarki di kerajaan bumi, momen terakhir yang diperlihatkan serinya juga menghadirkan Korra dan Asami Sato yang memutuskan untuk pergi ke dunia arwah bersama-sama. Dari apa yang terlihat ketika mereka akan pergi ke dunia arwah, bisa disimpulkan jika Korra dan Asami mulai menjalin hubungan romatis.

The Legend of Korra memang sedikit berbeda dibandingkan The Last Airbender, dimana serinya berani untuk menghadirkan romantisme pasangan sejenis. Selain Asami, sebelumnya Korra juga diketahui jatuh cinta dengan sahabatnya yaitu Mako dan Bolin. Dengan semuanya sudah kembali normal, hubungan mereka pun sepertinya bisa berlangsung lebih jauh.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2