Apakah Geeks sadar bahwa ada sebuah easter egg dari Wolverine dalam film The Incredible Hulk, yang merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe? Film The Incredible Hulk sendiri dirilis pada 2008 lalu, dan pada saat itu berbagai kemungkinan sebuah crossover dari dua karakter buku komik baru saja dimulai. Tapi, menghadirkan Wolverine di universe yang sama dengan Hulk sepertinya menjadi hal yang mustahil.

Pada 2008 lalu, Iron Man dan The Incredible Hulk merupakan pondasi awal dari jagat sinematic Marvel yang berjalan lebih dari satu dekade. Sedangkan Wolverine, pada saat itu, masih menjadi milik dari Fox, bersiap untuk kembali muncul dalam sebuah spinoff X-Men Origins: Wolverine yang dirilis pada tahun 2009.

Namun, The Incredible Hulk tanpa disadari ternyata memiliki koneksi penting terhadap peristiwa MCU lainnya dan beberapa hal yang kemudian muncul di masa depan. Misalnya senjata sonic yang dimiliki oleh pihak militer untuk menghentikan Hulk dibuat dan dibangun oleh Stark Industries. Dan satu elemen yang cukup menarik dari filmnya adalah ketika diperlihatkan bahwa Hulk merupakan sebuah eksperimen gagal oleh pihak militer, yang mencoba untuk menciptakan ulang serum yang membuat Steve Rogers menjadi Captain America.

Kedua koneksi tersebut juga ternyata menyelipkan sebuah referensi bagi Wolverine dan kemungkinan menjadi titik masuk bagi Wolverine di kemudian hari. Ketika Thunderbolt Ross berusaha untuk menangkap Hulk, Emil Blonsky yang haus akan kekuatan kemudian mengajukan dirinya dalam proyek tersebut. Ross kemudian memberikan Blonsky formula Super serum yang sudah dimodifikasi.

Dalam sebuah momen singkat, kita bisa melihat pada bagian kalengnya yang memperlihatkan detail dari pembuatan serum tersebut. Dalam detailnya tertulis bahwa Stark Industries merupakan perusahaan yang membuat serumnya, sedangkan Dr. Reinstein sebagai orang yang mengembangkan serumnya. Josef Reinstein merupakan nama lain dari Dr. Abraham Erskine, ilmuwan yang menciptakan serum tentara super bagi Steve Rogers dalam film Captain America: The First Avenger.

Dalam sebuah detail yang tersembunyi lainnya, tertulis bahwa nama program dari uji coba tersebut adalah “Weapon Plus,” yang mana hal itu memberikan petunjuk pada program uji coba yang kemudian melahirkan Weapon X alias Wolverine. Program tentang Weapon Plus sendiri pertama kali diperkenalkan dalam komik New X-Men #128, dimana program ini memiliki tujuan utama untuk menciptakan pasukan tentara super.

Dalam program tersebut pihak militer dan pemerintah Amerika menghadirkan berbagai subjek mulai dari Weapon I (Steve Rogers alias Captain America) sampai Weapon XVI. Sebagian besar diantara subjek tersebut gagal, dan Wolverine merupakan salah satu subjek penelitian itu. Wolverine atau Logan sendiri merupakan subjek uji coba kesepuluh, karena itulah dia memiliki nama lain Weapon X.

Weapon X sendiri memiliki tujuan untuk secara genetika mengatur makhluk hidup sebagai senjata. Dalam hal ini, pihak militer sengaja memasukan adamantium ke dalam tubuh Logan serta mengacaukan pikirannya.  Selain Logan alias Wolverine, subjek yang juga menjadi bagian dari Weapon Plus adalah Deadpool, X-23, dan Fantomex.

Karena pada saat itu MCU masih belum memiliki hak cipta terhadap X-Men, maka mereka mencoba untuk menghadirkan koneksi yang substansial dengan X-Men di film The Incredible Hulk. Dengan tidak ada lagi urusan atau masalah tentang hak cipta, Marvel kini bisa dengan bebas untuk mengeksplorasi para mutan bahkan memasukan referensi X-Men atau Wolverine. Dan seperti yang disebutkan di awal, ini bisa jadi juga menjadi pintu masuk bagi Wolverine di MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.