Saat Robert Downey muncul di podcast SmartLess yang dibawakan oleh Jason Bateman, Sean Hayes, dan Will Arnett, Robert Downey mengatakan dengan tegas bahwa ia sudah selesai di MCU. Apa yang dikatakan oleh Downey menutup harapan para penggemar yang masih berharap agar Iron Man kembali ke MCU.

Namun begitu, ada kabar yang menyebutkan bahwa kita akan melihat cameo Iron Man di film Black Widow. Kabarnya, adegan kemunculan Iron Man di film Black Widow diambil dari deleted scene film Captain America: Civil War. Adegan tersebut memperlihatkan saat Tony Stark bertemu dengan Natasha Romanoff, dan Tony menyuruh Natasha untuk kabur. Adegan itu kemudian akan menjembatani langsung film Captain America: Civil War ke film Black Widow, karena film Black Widow sendiri mengambil latar waktu antara Civil War dan Infinity War.

Pada bulan Januari lalu, Robert Downey juga menyebut bahwa ia telah menghadirkan akhir dari karakter Tony Stark di MCU. Iron Man telah mengorbankan dirinya untuk menghentikan Thanos di Avengers: Endgame, dan mengakhiri Infinity Saga. Demikian juga dengan Tony Stark sendiri. Jadi, dapat dipastikan jika kita tidak akan melihat Tony Stark sebagai karakter utama di MCU.

Endgame terbukti sebagai ajang balas dendam Tony Stark. Setelah menderita kekalahan terbesar dalam film Infinity War, Iron Man lantas melawan Thanos di pertempuran terakhir dan Tony bersama timnya berhasil memulihkan kembali kehidupan dari setengah populasi mahkluk hidup di seluruh alam semesta. Namun pada akhirnya dengan menggunakan Infinity Stones ia mengubah Thanos dan pasukannya mereka menjadi debu. Tapi itu menjadi pengorbanan terakhir yang dilakukannya karena setelah itu ia tewas karena terkena dampak dari kekuatan Infinity Stones yang sangat besar.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/