Berkat kemunculan Mothra dalam Godilla: King of the monsters, monster paling aneh dalam film-film Godzilla versi Toho, King Caesar, sekarang memiliki kesempatan untuk bisa tampil di MonsterVerse. Dengan semakin berkembangnya MonsterVerse, artinya membuka kesempatan lainnya bagi para monster-monster untuk kemudian muncul di universe monster bentukan Legendary Pictures ini.

Sejauh ini, memang baru kaiju atau para monster yang populer yang muncul. Contohnya adalah Godzilla, King Ghidorah, dan bahkan Kong. Tapi, MonsterVerse coba menghadirkan para kaiju lainnya dalam sebuah referensi misalnya cameo atau sekedar menampilkan nama. Dengan kemunculan Rodan di KOTM, MonsterVerse membuka kesempatan untuk kaiju lain seperti King Caesar muncul.

Siapa King Caesar?

Dalam film Godzilla vs. Mechagodzilla yang dirilis pada 1974, sosok kaiju baru diperkenalkan dalam filmnya yaitu King Caesar. King Caesar sendiri digambarkan sebagai monster pelindung yang dipuja oleh para penduduk Okinawa. King Caesar memiliki dua kaki belakang, sepasang mata berwarna merah yang terinspirasi dari patung Shisa di Jepang. Dalam kepercayaan masyarakat Okinawa, Shisa adalah monster pelindung rumah yang akan menjaga pemiliknya dari roh jahat.

Meskipun ada yang mengatakan bahwa Shisa adalah singa, namun ada juga yang mengatakan bahwa Shisa adalah seekor anjing. Untuk desain karakter King Caesar sendiri, penampilannya lebih mirip seekor anjing, dengan kupingnya akan meninggi ketika ada bahaya datang. Menariknya juga, King Caesar memiliki pergerakan dan langkah kaki yang mirip seorang ahli bela diri, dibandingkan dengan seekor kaiju.

Meskipun tidak pernah disebutkan di filmnya, esiklopedia Godzilla memberikan petunjuk bahwa King Caesar merupakan monster yang cukup aneh. Selama berabad-abad, King Caesar tertidur/terkubur di dalam gunung di Okinawa. Mengingat kekuatannya yang dahsyat, cerita tentang King Caesar sebagai pelindung Okinawa pun disampaikan dari generasi ke generasi.

Manusia dalam filmnya kemudian percaya, ketika Godzilla sudah tidak berdaya menghadapi Mechagodzilla, maka harapan terakhir satu-satunya adalah King Caesar. Setelah berdiskusi dengan keluarga penerus yang memiliki koneksi dengan King Caesar, akhirnya sebuah nyanyian kuno pun berhasil membangunkan kembali King Caesar dari tidurnya dan kemudian bergabung dengan Godzilla untuk menghadapi Mechagodzilla.

Bersama-sama, Mechagodzilla akhirnya berhasil dikalahkan. King Caesar kemudian kembali ke gunung dan tertidur. King Caesar tidak pernah lagi muncul dalam film Godzilla, sampai Final Wars, dimana King Caesar merupakan salah satu kaiju yang dikendalikan pikirannya untuk bertarung melawan Godzilla.

Mengapa Mothra Membuat King Caesar Memiliki Kesempatan Muncul di MonsterVerse?

Sebelum KOTM, King Caesar dirasa tidak akan pernah muncul di MonsterVerse. Keanehan yang dia miliki menjadi salah satu alasan utama mengapa King Caesar tidak bisa muncul di MonsterVerse. Namun, KOTM dirilis dengan menghadirkan sosok Mothra. Sebelumnya, MonsterVerse merupakan sebuah dunia dimana elemen fiksi ilmiah menjadi dasar utamanya.

Tapi, dalam KOTM memberikan sedikit perubahan dengan memasukan unsur fantasi ke dalam ceritanya dengan memperkenalkan Mothra. Mothra sendiri merupakan seekor kaiju yang ingatannya diteruskan secara genetis kepada keturunannya, membuat Mothra bisa terus muncul dan lahir kembali tanpa berhenti.

Filmnya bahkan menemukan cara untuk menghadirkan Twin Fairies, dua sosok peri wanita yang ada di samping Mothra. Karena itulah, dengan kemunculan Mothra di MonsterVerse membuat kesempatan King Caesar untuk muncul kini terbuka. Tentunya tidak ada alasan bagi MonsterVerse untuk membuat Mothra menjadi satu-satunya mystical monster dalam universe ini.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.