Klan Otsutsuki dikenal sebagai klan yang sangat kuat di franchise Naruto. Mereka adalah “pencipta” dari para shinobi serta menjadi pencipta dari berbagai hal dalam dunia shinobi, seperti chakra dan Jutsu. Wajar jika kemudian mereka memiliki kemampuan yang lebih dahsyat dibandingkan para shinobi atau manusia pada umumnya. Namun, ada satu hal yang membuat klan Otsutsuki mengerikan dan berbahaya.

Hidup kekal abadi tentunya menjadi salah satu impian semua orang, termasuk para shinobi di dunia Naruto. Dengan pertarungan yang hampir terjadi setiap hari, keinginan untuk kekal abadi tentunya sangat tinggi. Beruntung bagi klan Otsutsuki, mereka memiliki anugerah ini. Klan Otsutsuki memiliki kemampuan untuk bisa terus hidup selama bumi dan dunia ini masih ada.

Bagaimana caranya mereka bisa terus hidup? Seperti dalam pembahasan di artikel sebelumnya, mereka bisa terus hidup dengan cara melakukan reinkarnasi atau hidup kembali. Dalam penjelasan Amado, klan Otsutsuki akan menyimpan “data” mereka di tubuh milik orang lain. Dan orang yang menjadi wadah bagi data tersebut akan mendapatkan marka atau tanda berupa segel Karma, seperti yang ada pada diri Boruto.

Mereka yang menjadi wadah bagi data Otsutsuki tersebut akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Namun, tentunya ada hal negatif dari hal ini. Menurut Amado, semakin lama seseorang menjadi wadah bagi seorang Otsustuki maka akan sulit bagi orang tersebut untuk mendapatkan kembali kendali tubuhnya. Dengan kata lain, mereka akan kehilangan tubuh mereka akibat Otsutsuki.

Suka atau tidak suka, klan Otsutsuki akan terus hidup dengan berpindah dari satu wadah ke wadah yang lain. Ada hal menarik mengenai hal ini, yaitu selama ini baru ada beberapa klan Otsutsuki saja yang diperkenalkan. Dan mereka berada di tubuh orang lain. Contohnya adalah Isshiki Otsutsuki, yang ada di tubuh Jigen – dan juga Kawaki. Kemudian ada Momoshiki Otsutsuki yang sudah dikonfirmasi ada di tubuh Boruto.

Pertanyaan yang masih banyak ditanyakan para fans adalah siapa yang akan menjadi inkarnasi dari selanjutnya Indra Otsutsuki dan Ashura Otsutsuki di generasi Boruto? Ashura dan Indra merupakan anggota Otsutsuki yang dikenal akan rivalitasnya. Sebelumnya, inkarnasi mereka dilakukan pada Hashirama Senju dan Madara Uchiha.

Persaingan keduanya tentu sudah kita ketahui. Madara selalu berusaha untuk bisa lebih unggul dari Hashirama. Dan persaingan atau rivalitas ini kembali dilanjutkan oleh Naruto dan Sasuke, dimana Sasuke selalu berusaha untuk bisa lebih kuat dan lebih hebat dari Naruto.

Sebenarnya, Sarada bisa menjadi inkarnasi dari Indra Otsutsuki, mengingat Indra bisa dibilang adalah nenek moyang dari klan Uchiha. Dengan tidak ada lagi keturunan Uchiha saat ini selain Sarada, maka Sarada menjadi “pilihan utama.”  Namun, bisa jadi juga tidak akan ada lagi inkarnasi selanjutnya dari Indra Otsutsuki dan Ashura Otsutsuki.

Sedangkan untuk Ashura, mungkin hal ini bisa jatuh kepada Kawaki. Kawaki sendiri saat ini sudah terbebas dari segel Karma milik Isshiki. Artinya dia sudah bersih dari segel apapun, dan bisa dimanfaatkan oleh Ashura. Sarada dan Kawaki memang bukan rival yang biasa kita lihat, namun masih ada rasa tidak percaya yang ditunjukan oleh Sarada terhadap Kawaki, apalagi bisa saja dia tiba-tiba kembali jahat.

Opsi Lain: Tidak Ada Inkarnasi

Sejak awal, Indra dan Ashura mengatakan bahwa mereka akan tetap bereinkarnasi. Indra ingin merinkarnasi karena dia tidak setuju dengan cara ayahnya. Ashura, di sisi lain, ingin terus melakukan reinkarnasi demi melindungi sang ayah dan menghentikan upaya dari Indra. Hal inilah yang kemudian membuat mereka terus hidup selama generasi ke generasi.

Namun, konflik diantara mereka kini sudah selesai. Bisa diasumsikan bahwa keduanya kini sudah “berdamai” dan tidak harus lagi melakukan reinkarnasi. Semua lingkaran kehidupan tersebut sudah selesai. Artinya, Naruto dan Sasuke merupakan reinkarnasi terakhir diantara mereka dan tidak akan ada lagi inkarnasi dari Indra dan Ashura.

Kesimpulannya adalah meskipun Sarada dan Kawaki bisa menjadi inkarnasi selanjutnya dari Indra dan Ashura, tapi kecil kemungkinan hal itu terjadi. Inkarnasi dari Indra dan Ashura mungkin akan terjadi setelah generasi Sarada. Bisa jadi di kemudian hari akan ada konflik atau rivalitas lainnya yang membuka peluang munculnya kembali Indra dan Ashura.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.