Dalam dunia film atau kartun, crossover merupakan sesuatu yang sangat dinantikan oleh para penggemar. Selain akan menampilkan karakter favorit mereka di komik lain, kita juga akan diperkenalkan oleh sosok karakter lain yang akan menemani karakter kesayangan kita. Dalam industri buku komik, crossover menjadi sesuatu hal yang sangat lumrah terjadi.

Dalam crossover, contohnya kita bisa melihat bagaimana Spider-Man bertarung bersama Wolverine, atau Batman mengunjungi markas Teen Titans, juga salah satu crossover populer yaitu Alien vs Predators. Meskipun kebanyakan crossover sangatlah epik dan ikonik, tidak jarang juga crossover tersebut dianggap aneh. Berikut adalah beberapa contoh crossover paling aneh dalam sejarah.

Archie dan the Punisher

Kasusnya sama seperti Sonic yang melakukan crossover dengan Spawn. Bagaimana bisa karakter paling mengerikan bertemu dengan karakter ikonik anak-anak? Ini juga yang terjadi dalam Archie Meets the Punisher. Meskipun dirilis 20 tahun lalu, rasanya sangat gila melihat sosok paling brutal di Marvel mengunjungi wilayah Riverdale.

The Punisher mendapatkan tugas dari pemerintah Amerika untuk menangkap Red yang diketahui posisinya ada di Riverdale. Uniknya, Red adalah seorang gangster yang memiliki penampilan mirip seperti Archie. Hal ini tentu saja membuat sosok Archie ketakutan, sebelum kemudian Punisher sadar bahwa targetnya bukan Archie. Akhirnya dengan bantuan rekan Archie, Punisher berhasil melacak keberadaan Red.

Tarzan dan Predator

Predator memang memiliki popularitas seperti Xenomorph. Wajar jika kepopulerannya, membuat makhluk mengerikan ini muncul di berbagai cerita komik. Selain pernah bertemu Batman, Predator juga pernah bertarung melawan Tarzan dalam komik Tarzan Vs. Predator: At the Earth’s Core yang dirilis oleh Dark Horse Comics pada 1996.

Ketika Predator mulai memburu manusia dan hewan di wilayah Pellucidar, Tarzan pun mulai melakuakan perburuannya sendiri atas Predator. Sebenarnya ide pertarungan Tarzan melawan Predator bukan hal yang aneh. Tapi, dengan sejarah pertemuan Predator sebelumnya membuat Tarzan menjadi pilihan yang unik.

Godilla vs Charles Barkley

Godzilla bermain bola basket? Itulah yang coba diperlihatkan dalam komik standalone di series Godzilla. Dalam komik ini kita akan diperlihatkan sang raja dari para monster, beradu kemampuan bermain bola basket dengan seorang pebasket profesional yaitu Charles Barkley. Barkley sendiri menjadi “tamu” dalam komik Godzilla. Godzilla adalah sosok kaiju yang gemar bertarung. Seorang monster bermain bola basket? Sesuatu hal yang gila yang hanya terjadi di dunia komik.

Spider-Man dan Ren & Stimpy

Komik Ren & Stimpy melakukan hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh Marvel Comics, yaitu melakukan upaya peningkatan penjualan komiknya dengan menghadirkan karakter dari franchise lain. Dan dalam hal ini, Ren & Stimpy bertemu dengan karakter dari Marvel Comics, Spider-Man. Hal ini terjadi di komik Ren & Stimpy #6.

Ceritanya sendiri cukup gila, menyenangkan, tapi sederhana. Ketika Red dan Stimpy kehabisan roti tawar, dia kemudian memanggil manusia roti tawar atau Powdered Toast Man. Namun, sang manusia roti tersebut ternyata dikendalikan oleh seorang penjahat yang membuatnya berbuat gila. Spidey berusaha untuk menghentikannya dengan cara melemparkannya ke truk penuh susu sapi. Spidey beserta Ren dan Stimpy kemudian bekerja sama untuk mengalahkan Dr. Dough-Naught.

Superman Bertemu Jerry Lewis

Di era 1950an sampai 1960an, komik Superman selalu berhasil menghadirkan para selebritis papan atas Hollywood untuk menjadi “bintang tamu” di komiknya. Contohnya adalah komedian Don Rickles sampai Orson Welles. Tapi, lain halnya dengan Jerry Lewis. Sosok karakter ini justru “mengundang” Superman dalam komiknya seperti yang terjadi di Jerry Lewis #105.

Superman muncul di komik ini agar Clark Kent bisa menulis cerita tentang seorang penjahat yang mencoba menerobos masuk ke rumah Jerry. Jerry kemudian mengenakan kostum Superman, yang membuat para penjahat di kota tersebut berpikir bahwa Jerry Lewis adalah sosok dibalik kostum Superman.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2