Dwayne Johnson memiliki sebuah peran penting dalam franchise Fast and Furious sebelum kemudian dia “keluar” dari franchisenya dan membentuk cerita sendiri, melalui film Hobbs and Shaw. Proyek selanjutnya dari franchise Fast and Furious adalah film F9, yang direncanakan akan dirilis pada 2021 mendatang dan kemudian  Fast and Furious 10 akan dirilis pada 2022 mendatang.

Vin Diesel, yang sekarang sudah menjadi salah satu produser filmnya, sempat menyebutkan jika Fast and Furious 10 akan menjadi film terakhir untuk serinya. Namun, Diesel sendiri sempat mengatakan bahwa dia memiliki rencana untuk menghadirkan sebuah spinoff yang akan menampilkan seluruh bintang utama perempuan.

Dengan seri Fast and Furious akan berakhir di film kesepuluh, para fans sendiri bertanya-tanya apakah The Rocks akan kembali ke filmnya. Keterlibatan Dwayne dalam franchise ini memang cukup penting, dimana perannya sebagai Hobbs memberikan nuansa berbeda dalam cerita. Namun, sempat ada sebuah perselisihan yang terjadi antara Diesel dan para cast Fast and Furious dengan Dwayne Johnson, terkait film Hobbs & Shaw.

Diesel dan yang lain menganggap film tersebut menghambat proses pengerjaan film F9. Namun, setelah perselisihan yang cukup panjang akhirnya Diesel menunjukan dukungannya kepada film spinoff tersebut. Jadi, dengan asumsi tidak ada lagi permasalahan pribadi diantara mereka, apakah Luke Hobbs akan kembali bergabung dengan Dominic Toretto dan yang lain?

Bisa dipahami bahwa menghadirkan kembali Dwayne dalam cerita merupakan keinginan besar yang ingin dicapai oleh filmnya. Namun, sama seperti kembalinya Han di F9, perlu ada cerita atau “trik” yang harus dibuat untuk menghadirkan kembali Hobbs. Kehadiran Hobbs di franchise ini memang cukup mengangkat popularitas franchisenya semakin tinggi.

Pertama kali muncul di Fast Five pada 2011, perannya sebagai Luke Hobbs langsung mendapatkan sambutan positif dari para fans. Chemistry yang terbangun antara Hobbs dan karakter lain, dirasa berpadu dengan sangat sempurna. Saat Paul Walker wafat di tahun 2013 kemarin, para fans sempat khawatir jika franchise ini tidak akan sama seperti dulu, seperti saat Paul Walker masih hidup.

Furious 7 menjadi film terakhir sekaligus penghormatan terakhir bagi Paul Walker. The Rock sendiri sepertinya berusaha untuk membuat para fans tidak terlalu merasa kehilangan Paul Walker, dengan memindahkan fokusnya pada sosok Hobbs – dan Shaw. Karena itulah The Rock kemudian membuat film spinoff Hobbs and Shaw, yang mana hal itu justru tidak terlalu diterima dengan baik oleh para cast lain.

Terlepas dari sempat adanya permasalahan antara Dwayne dan para cast lain, sama seperti Han, karakter Hobbs juga perlu mendapatkan “keadilan” dimana para fans perlu mengetahui akhir ceritanya dan tidak dibiarkan menggantung. Kehadiran The Rock di Fast and Furious 10 bisa menjadi film penutup bagi seluruh karakter utama di franchisenya, sebelum kemudian para fans membuka lembaran baru dengan cerita yang lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.