Tony Stark memang memiliki banyak armor Iron Man yang sengaja ia ciptakan sendiri. Pertama kali muncul di komik Tales of Suspense #39, armor pertama Iron Man memang sangat sederhana dengan warna abu-abunya. Tapi tak butuh waktu lama bagi Tony untuk merevisi desain tersebut, di mana ia menambahkan warna emas merah sebagai warna dominan armornya. Desain armor emas merah tersebut diperkenalkan dalam komik Tales of Sunspense #48.

Bahkan pada suatu waktu, armor Iron Man diperlihatkan memiliki hidung di bagian helmnya, seperti yang kita lihat dalam komik The Invincible Iron Man #68. Namun desain tersebut sepertinya terjadi karena adanya beberapa miskomunikasi antara Stan Lee dan editor buku, dan kemudian hidung tersebut di hapuskan dalam komik The Invisible Iron Man #85.

Tahun 1980an, kurang lebih ada 7 armor Irom Man yang diperkenalkan, diantaranya adalah Space Armor, Stealth Armor, Silver Centurion Armor. Pada tahun 1990-an, ada sekitar 13 armor baru yang diperkenalkan, yang diantaranya adalah War Machine Armor. Pada tahun 2000-an awal, terhitung ada 16 armor baru yang menghiasi halaman komik Iron Man, dengan yang paling menonjol adalah Hulkbuster II Armor dan Thorbuster.

Dalam sepuluh tahun terakhir (2010 – 2020), rekor pun terjadi, di mana Tony menciptakan banyak sekali armor baru. Armor tersebut diantaranya adalah Bleeding Edge Armor, Iron Destroyer, Phoenixbuster, Godbuster, dan Ultronbuster. Jika dihitung, ada lebih dari 20 armor baru yang Tony ciptakan sejak tahun 2010.

Jika dirunut kembali, inilah total armor Iron Man yang Tony Stark ciptakan dalam komik:

1960-an – 3 armor
1970-an – 2 armor
1980-an – 7 armor
1990-an – 13 armor
2000-an – 16 armor
2010-sekarang – 20 armor

Jika di total, Tony Stark telah membuat 61 armor yang berbeda dalam buku komik. Tentunya sebagian besar armor tersebut belum kita lihat di MCU. Namun diantara armor tersebut, mungkin armor Fin Fang Foom-Buster yang tidak akan pernah kita lihat di layar kaca, karena armor tersebut dibuat untuk melawan makhluk seukuran kaiju. Mungkin armor itu akan dimunculkan jika Marvel dan Pacific Rim akan melakukan crossover.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/