Sesuai dengan temanya, franchise Dragon Ball dipenuhi oleh para petarung terhebat di seluruh dunia. para petarung itu memiliki level kekuatan yang hampir tidak terbatas. Namun, ketika situasi mendesak dan mengharuskan mereka untuk bisa lebih jauh lebih kuat ada satu metode yang selalu mereka gunakan yaitu Fusion. Lalu, apa itu Fusion?

Buat Geeks yang belum mengetahui Fusion, itu merupakan teknik yang digunakan para karakter digunakan untuk menyatukan kekuatan dari dua petarung. Selain kekuatan, kepribadian dan tubuh mereka juga akan menjadi satu. Dalam cerita Dragon ball, ada banyak sekali Fusion yang muncul. Namun, yang paling kuat diantara Fusion yang lain adalah gabungan dua pahlawan Super Saiyan, Goku dan Vegeta.

Goku dan Vegeta mampu melakukan Fusion, dan saat mereka melakukan Fusion, mereka akan menjadi seorang petarung terkuat di alam raya bernama Vegito. Vegito sendiri pertama kali di perkenalkan dalam cerita akhir series Dragon Ball Z. Meskipun sudah cukup lama diperkenalkan, masih ada pertanyaan yang cukup mengganggu para fans tentang Fusion Vegito.

Bagaimana Goku dan Vegeta Menciptakan Vegito

Ada dua bentuk Fusion dalam franchise ini. Pertama mereka bisa melakukannya dengan cara melakukan Fusion Dance atau tarian Fusion. Tarian ini berupa gerakan-gerakan tertentu yang kemudian diakhiri dengan proses Fusion. Yang kedua adalah dengan menggunakan anting Potara atau Potara Earrings.

Secara teknis, melakukan tarian Fusion cukuplah sulit namun tetap memiliki efek yang sama (dan juga menghasilkan sosok baru yaitu Gogeta). Namun, ketika Goku dan Vegeta memutuskan untuk melakukan Fusion dengan menggunakan anting Potara, mereka bisa langsung menyatu tanpa perlu bersusah payah. Menggunakan teknik Fusion dengan anting Potara juga bisa meningkatkan kekuatan mereka.

Hal tersebut diakibatkan oleh anting Potara yang merupakan buatan para Kai, yang sengaja dibuat sebagai salah satu cara untuk menggabungkan kekuatan mereka ketika ada bahaya datang. Jika para Kai yang melakukan Fusion bisa bertahan selamanya, untuk makhluk selain Kai, mereka hanya bisa bertahan selama satu jam. Setelah satu jam, mereka akan kembali ke bentuk asalnya.

Dalam pertarungan melawan Super Buu dalam Buu Saga, para Kai memutuskan untuk membantu z-Warrior dalam mengalahkan ancaman tersebut. Goku awalnya berusaha untuk menyatu dengan Gohan, tapi sebelum itu terjadi Buu sudah menyerap Gohan terlebih dahulu. Goku kemudian terjebak bersama rival abadinya, Vegeta. Dan hasil Fusion dari Goku dan Vegeta tersebut adalah Vegito, salah satu petarung paling kuat dan mengerikan di seluruh franchise Dragon Ball.

Selain menjadi salah satu terkuat dengan berbagai serangan dahsyat, Vegito juga bisa melakukan teknik khas yang dimiliki baik Goku ataupun Vegeta. Luar biasanya lagi adalah Vegito juga bisa mengakses transformasi Super Saiyan yang bisa lebih meningkatkan lagi kekuatan mereka. Vegito juga kuat berkat berbagai kemampuan baru yang dia miliki, seperti Spirit Sword.

Sebenarnya, serangan-serangan kuat tersebut merupakan kombinasi kekuatan terkuat yang dimiliki Goku dan Vegeta. Selain kemampuan dan kekuatan yang dahsyat, hal yang sangat luar biasa lainnya dari Vegito adalah mindset strategis yang dimiliki oleh Vegeta dan ketangguhan dan kegigihan yang dimiliki Goku. Vegito benar-benar melebihi ekspektasi setiap fans.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.