Devil Hulk mungkin adalah salah satu versi Hulk paling gelap. Ia merupakan versi Hulk berwarna kuning, dan tubuhnya terlihat seperti reptil. Dengan penampilan tersebut, ia menjadi musuh dari berbagai versi Hulk. Devil Hulk pertama kali muncul di komik Incredible Hulk #13 yang digarap oleh Paul Jenkins, Ron Garney, dan Sal Buscema.

Devil Hulk merupakan salah satu dari banyak kepribadian berbeda dalam pikiran Bruce Banner. Kepribadian yang satu ini adalah manifestasi dari rasa kebencian Banner terhadap dunia yang telah memperlakukannya secara tidak manusiawi. Selain itu, kepribadian tersebut juga menjadi manifestasi dari perasaan negatifnya. Ketika pertama kali ditemui oleh Banner (dalam pikirannya), Devil Hulk memang dirantai, tetapi Devil Hulk masih bisa membisikan niatnya kepada Banner.

Devil Hulk sendiri sempat mengancam untuk mengambil alih tubuh Banner yang saat itu sedang sakit-sakitan, dan menggunakannya untuk menghancurkan dunia yang telah menindas Hulk. Keadaan menjadi lebih buruk ketika Devil Hulk bisa melepaskan diri dari rantainya dengan cara menjebak pikiran Banner.

Devil Hulk sebenarnya memiliki banyak penampilan berbeda. Secara umum, bentuk fisiknya lebih besar dari Savage Hulk. Selain memiliki kulit berwarna kuning, kulitnya pun sangat kasar dan bersisik. Matanya mengeluarkan warna merah bersinar yang semakin mempekuat penampilannya yang jahat. Mulut Devil Hulk sendiri dipenuhi dengan gigi tajam seperti hiu, yang ia pernah gunakan untuk melahap versi Hulk lainnya. Dalam game The Incredible Hulk: Ultimate Destruction, Devil Hulk akhirnya dikalahkan oleh Hulk lainnya dalam sebuah pertempuran.

Kekuatan dan Kemampuan Devil Hulk

Devil Hulk jauh lebih jahat dari versi Hulk lainnya. Jika Savage Hulk adalah bentuk kemarahan batin Banner, maka Devil Hulk adalah bentuk kejahatan batin Banner. Devil Hulk memiliki seluruh kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh Hulk pada umumnya, seperti stamina yang dahsyat, kelincahan, dan healing factor yang sangat cepat.

Tapi Devil Hulk memiliki apa yang tidak dimiliki oleh Hulk lainnya, yaitu kekuatan untuk mengintimidasi lawannya secara psikologis. Devil Hulk bisa membuat musuhnya panik atau kehilangan konsentrasi, yang memberinya kesempatan untuk menyerang lawannya yang lengah. Ada satu kekuatan menarik dari Devil Hulk yang ditunjukkan dalam video game The Incredible Hulk: Ultimate Destruction, yaitu ia memiliki cakar yang dapat mengeluarkan api. Selain itu, Devil Hulk bahkan dapat menembakkan ledakan es dari telapak tangannya.

Seberapa Berbahaya Devil Hulk?

Tentu Devil Hulk adalah sosok berbahaya, baik untuk Bruce Banner, ataupun untuk versi Hulk lainnya. Dengan tipu dayanya, Devil Hulk dapat memanipulasi pikiran Bruce Banner, yang berarti Devil Hulk dapat memperdayanya. Jika itu terjadi, maka wujud dari Devil Hulk sendiri tentunya akan terbebas. Selain itu, saat ia terbebas, ia akan menjadi sosok menakutkan yang dapat mengalahkan Hulk lainnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/