Setelah cukup lama dinantikan, akhirnya pertarungan antara Godzilla dan Kong akan segera terwujud dalam film Godzilla vs. Kong. Film ini akan menjadi sekuel dari beberapa film sebelumnya, seperti Godzilla: King of the Monsters dan Kong: Skull Island. Kong memang akan menjadi lawan Godzilla selanjutnya di MonsterVerse, setelah dia bertarung melawan King Ghidorah.

Tapi, sebenarnya pertarungan antara Kong dan Godzilla sendiri pernah terjadi sebelumnya dalam film King Kong vs. Godzilla yang diproduksi TOHO pada 1962. Setelah lebih dari 50 tahun, pertarungan antara Godzilla dan Kong akan kembali dilakukan. Film Godzilla vs. Kong sendiri akan terjadi pada Mei 2021 mendatang.

Untuk menandingi kekuatan Godzilla, Kong dikabarkan akan mendapatkan perubahan desain karakter dimana ukuran tubuh Kong akan dibuat “sama” dengan Godzilla. Tujuannya tentu saja untuk membuat pertarungan semakin menarik. Pertarungan Kong dan Godzilla mungkin menarik untuk dinantikan, tapi tentunya kita perlu tahu apa penyebab pertarungan diantara mereka.

Sampai saat ini, belum ada penjelasan secara jelas dan rinci apa yang memulai pertarungan antara Godzilla dan Kong. Tapi, ada kemungkinan bahwa tidak ada alasan pertarungan mereka terjadi untuk alasan yang “baik.” Baik Godzilla maupun Kong sama-sama bukan villain. Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa pertarungan mereka diakibatkan oleh adanya kesalah pahaman atau adanya provokasi yang dilakukan oleh para villain manusia.

Tapi, sebenarnya situasi bisa saja sedikit rumit. Seperti dijelaskan oleh Mike Dougherty, kedua monster tersebut “sangat tempramental” dan juga “sangat melindungi wilayahnya.” Doughetry juga mengatakan, “aku rasa ketika terlalu banyak ego yang muncul, maka pertarungan tidak akan terhindarkan.” Dengan kata lain, pertarungan diantara keduanya tidak perlu secara khusus memerlukan alasan mengapa mereka bertarung.

Bertarung sendiri bisa jadi merupakan sifat dasar mereka sebagai monster – dan hewan. Mereka tidak butuh waktu lama untuk saling bertarung. Ketika masing-masing menganggap sebagai ancaman, maka terjadilah pertarungan itu. Namun, ada hal menarik dalam cerita Godzilla vs. Kong dimana ceritanya akan bersetting di Skull Island, rumah bagi Kong.

Sehingga, ada kemungkinan jika Kong berusaha untuk melindungi wilayahnya. Godzilla, di sisi lain, merasa bahwa dia adalah raja dari para monster, sehingga seluruh planet ini adalah wilayah miliknya. Alasan ini tidak berbeda jauh dengan penyebab pertarungan para kaiju di masa lalu. Bahkan, dalam film sebelumnya, Godzilla langsung menghajar Kong dengan atomic breath tanpa alasan yang jelas.

Sama seperti kehidupan hewan di alam liar, mereka akan selalu berusaha menjaga teritori atau wilayah mereka dari serangan predator atau musuh lain. Dan bagi mereka, penyusup tentunya harus dimusnahkan atau dikalahkan. Hal ini rasanya cukup untuk menjadi awal mula bagaimana Kong dan Godzilla, dua kaiju besar di dunia monster, untuk saling bertarung.