Selain menghadirkan cerita yang fenomenal, arc Wanokuni juga memberikan berbagai fakta-fakta yang mengejutkan bagi para penggemar One Piece. Seperti yang digambarkan dalam ceritanya, Wano merupakan sebuah wilayah yang tertutup dari dunia luar. Mereka masih memegang budaya mereka, seperti para samurai, ninja, dan banyak hal lainnya. Tapi, inilah yang menjadi daya tarik Wano.

Selain menjadi tempat kelahiran Orochi dan juga sosok Kozuki Oden yang hebat, Wano merupakan tempat yang penuh sejarah. Klan Kozuki merupakan orang/klan yang pertama kali menciptakan Poneglyph. Secara tidak langsung, mereka dan Wano memiliki ikatan kuat terhadap sejarah dunia. Kemudian yang juga tidak kalah menarik adalah sejarah klan-kaln di wilayah ini, terutama klan Shimotsuki.

Klan Shimotsuki dikenal sebagai klan samurai yang terkuat. Shimotsuki Ryuma, dikenal sebagai pelindung dari wilayah Wano. Sedangkan Shimotsuki Kozaburo dikenal sebagai pembuat pedang terhebat, seperti yang diungkapkan oleh Tenguyama. Klan Shimotsuki ini menarik, bahkan sampai seorang fan penasaran dan menanyakan tentang klan ini kepada Oda sensei langsung dalam kolom SBS.

Seorang fan bertanya kepada Oda Sensei, bahwa di arc Wanokuni ini dia banyak mengungkapkan nama-nama dari klan Shimotsuki. Lalu, apakah semua sosok Shimotsuki yang hadir di arc Wano tersebut merupakan satu keluarga dengan klan Shimotsuki yang ada di East Blue. Lalu, apakah ada hubungannya dengan Zoro dan juga guru berpedangnya dahulu, Koushiro.

Eiichiro Oda akhirnya mengkonfirmasi mengenai teori dan spekulasi tersebut dalam pojok SBS terbaru volume 96. Seperti yang dikutip dari Library of Ohara, dalam SBS tersebut Oda Sensei mencoba menjelasakan semua tentang klan Shimotsuki. Shimotsuki Kouzaburo adalah anggota pertama dari klan Shimotsuki. Setelah dia membuat pedang Enma dan memberikannya kepada Kozuki Oden, dia pun kemudian kabur dari wilayah Wano sekitar 55 tahun yang lalu.

Kozaburo tidak sendirian keluar/kabur dari Wano. Para samurai Wano lainnya pun keluar dari Wano dan berpetualang. Mereka pun tiba di wilayah East Blue dan akhirnya mereka menyebar di wilayah tersebut. Mereka kemudian membantu warga sekitar untuk mengalahkan para bandit gunung yang sering menyerang. Para penduduk kemudian diajari untuk menggunakan pedang, sampai akhirnya mereka menjadi mahir.

Shimotsuki Kouzaburo pun akhirnya memutuskan untuk menetap disana, menikah dengan penduduk disana dan akhirnya terbentuklah desa Shimotsuki di wilayah East Blue. Beberapa tahun kemudian Koushiro pun lahir dan kemudian Kuina lahir. Intinya, Koushiro merupakan anak dari Shimotsu Kouzaburo dan Kuina merupakan cucunya.

Jadi, kesimpulannya adalah Shimotsuki Koushiro adalah putera dari Kozaburo, dan Kuina adalah cucunya. Apakah artinya Zoro memang merupakan keturunan dari keluarga Shimotsuki? Sayangnya Oda Sensei belum memberi tahu lebih lanjut tentang hal ini. Tapi, akhirnya kita tahu bahwa memang desa Shimotsuki dibangun oleh seorang penduduk Wano, salah satu klan keluarga terpandang di Wano.