Kru bajak laut Gol D. Roger merupakan salah satu kru bajak laut terkuat dalam cerita One Piece. Bagaimana tidak, merekalah yang membantu Roger untuk bisa berpetualang selama puluhan tahun, sampai kemudian dia mewujudkan mimpinya mencapai pulau terakhir, Laugh Tale. Berbeda dengan bajak laut kuat kebanyakan, yang memiliki banyak armada dan anak buah, Roger hanya memiliki satu kapal utama saja, Oro Jackson.

Menjadi kru Roger tentunya tidak mudah, dan tidak semua orang bisa bergabung ke dalam kru. Yang pasti, menjadi kru Roger menjadi sebuah nilai historis dan kebanggaan bagi mereka yang pernah berada di dalamnya. Meskipun begitu, ada resiko besar juga yang harus ditanggung oleh mantan kru Roger, dimana mereka pasti akan menjadi incaran angkatan laut untuk ditangkap.

Sejauh ini, Oda Sensei baru menghadirkan beberapa sosok saja kru Roger dalam cerita One Piece. Sosok yang paling populer tentu saja sang wakil kapten, Rayleigh. Kemudian ada mantan kru Roger yang sekarang menjadi Yonko, Shanks, serta Buggy si badut. Kemudian Dr. Crocus yang sekarang sedang berada di suatu tempat bersama paus raksasa Laboon.

Tidak lupa juga Kozuki Oden, yang meskipun hanya 2 tahun bersama Roger, dia menjadi sosok penting dalam kru. Juga Scopper Gaban, yang banyak dirumorkan akan menanti kedatangan Luffy untuk pergi ke pulau Laugh Tale. Bagaimana dengan sosok lainnya? meskipun mereka pernah ditampilkan wajahnya – tidak semuanya – Oda Sensei belum pernah memberikan nama lengkap mereka.

Hal inilah yang membuat penasaran salah seorang fans, yang kemudian menanyakan hal ini kepada Oda Sensei melalui kolom SBS. Dalam SBS volume 96, seorang fan awalnya bertanya tentang salah satu kru Roger yang namanya belum diketahui. Dan menanggapi hal tersebut, Oda Sensei sendiri mengakui bahwa ada banyak pertanyaan mengenai anggota atau kru dari Roger.

Akhirnya, Oda Sensei pun memberikan jawabannya melalui sketsa bahwa nama dari sosok yang menjadi pertanyaan adalah bernama Spencer. Selain Spencer, Oda juga memberikan detail nama dan desain karakter dari kru lainnya. Kurang lebih kru dari Roger, berdasarkan sketsa yang diberikan oleh Oda, ada sekitar 28 orang termasuk Roger. Angka ini tentunya angka yang kecil jika dibandingkan dengan Kaido, yang memiliki anak buah sampai 30.000 orang.

Berbeda dengan para kru Topi Jerami, kru Roger ini tidak diketahui kewarganegaraannya jika kemudian ada di dunia nyata. Mungkin di kemudian hari akan ada pertanyaan yang memperjelas kewarganegaraan dari para kru Roger ini. Jumlah yang sedikit juga mungkin yang menginspirasi Shanks, untuk tidak terlalu banyak merekrut orang-orang. Mereka yang menjadi bagian dari Roger tentunya adalah sosok yang terpilih. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.