Mengingat sekarang Thanos adalah sebuah karakter yang besar dan populer (juga seorang Eternals di cerita komiknya) menghadirkan Thanos di Phase 4 mendatang, khususnya di film Eternals, rasanya cukup masuk akal. Bukan hanya menjadi jembatan antara cerita Infinity Saga dengan film-film yang ada di Phase 4, tapi juga untuk masa depan film-film MCU.

Para karakter Eternals merupakan hasil ciptaan dari entitas kosmik kuno, Celestials, bersama dengan Deviants. Di film karya Chloe Zhao ini, Eternals akan diperlihatkan bertarung melawan Deviants, yang dideskripsikan di sinopsisnya sebagai “musuh manusia paling kuno.” Menghadirkan karakter yang familiar seperti Thanos, akan membantu filmnya untuk mudah dipahami oleh para fans. Lagipula, Eternals dan Thanos memang memiliki koneksi dalam cerita komiknya.

Thanos Dalam Cerita Eternals

Thanos mungkin dikenal sebagai penduduk planet Titan. Tapi, sebenarnya dia merupakan bagian dari ras besar Eternals. Seperti yang dibahas di artikel sebelumnya, ras Eternals sendiri berpencar ke berbagai planet. Ada yang tinggal dibumi dan ada yang tinggal di planet lain, termasuk planet Titan. Ribuan tahun yang lalu, seorang Eternals bernama A’lars pergi dari bumi dan pergi ke planet lain dengan beberapa pengikutnya.

A’lars kemudian membentuk koloni di bulan milik Saturnus yang mana adalah planet Titan. A’lars kemudian menikah dengan Eternals lainnya, dan menjadi ayah bagi Thanos dan saudaranya Eros. Meskipun mereka berdua berasal dari orang tua yang sama, Thanos dan Eros memiliki perbedaan kepribadian dan penampilan. Eros justru lebih senang dengan perdamaian, dimana dia lebih mirip seperti Avengers.

Lain halnya dengan Thanos, yang justru terobsesi dengan kematian dan kehancuran. Meskipun A’lars dan para Eternals lainnya yang pergi ke Titan memiliki penampilan seperti manusia biasa, Thanos justru memiliki kelainan genetik. Berbeda dengan spesiesnya yang lain, Thanos memiliki gen Deviants. Itulah mengapa Thanos berbeda dengan saudaranya.

Ketika Thanos tumbuh dewasa, dia justru memiliki pandangan yang berbeda dengan kaumnya. Thanos justru menganggap kaumnya adalah musuh. Eros yang berada di pihak ayahnya, kemudian mencoba menghentikan Thanos.

Arti Kemunculan Thanos bagi Film Eternals

Di film Avengers: Infinity War, kita mungkin sudah mengetahui sedikit tentang masa lalu Thanos. Tapi, Marvel tentunya bisa menggali lebih dalam lagi cerita masa lalu dari Thanos melalui koneksi antara Thanos dan para Eternals, seperti bagaimana mereka bisa berada di bumi dan sebagainya. Adegan flashback yang memperlihatkan A’lars bisa menunjukan bahwa dia dan sebagian Eternals lainnya pergi meninggalkan bumi, dan kemudian tiba di planet Titan.

Sebuah referensi atau cameo dari Thanos muda bisa juga dimunculkan untuk semakin mendalami koneksi antara Eternals dan Infinity War juga Endgame. Tapi, meskipun para fans sangat ingin menghadirkan Thanos di film Eternals dan menghadirkan banyak sekali cerita masa lalunya, bukan berarti kemunculan Thanos di film Eternals tidak menemui masalah besar.

Permasalahan yang paling utama adalah apakah kemunculan Thanos nantinya akan memiliki pengaruh terhadap ceritanya. Melihat Thanos muncul di film Eternals memang terdengar menarik, tapi bagaimana kemunculan Thanos akan membuat ceritanya maju? Saat ini Thanos sudah mati dan juga ceritanya di MCU sudah berakhir. Marvel harus memiliki alasan tertentu untuk bisa menghadirkan Thanos kembali dan harus ada impak yang besar.

Kemunculan Thanos di Phase 5

Seperti yang disebutkan di atas, butuh alasan yang pas bagi Marvel untuk menghadirkan kembali Thanos. Salah satu contohnya adalah untuk memperkenalkan saudaranya, Eros ke Marvel Cinematic Universe. Thanos bisa menjadi jembatan untuk para menonton mengetahui bahwa dia memiliki saudara kandung. Dan melalui adegan flashback A’lars atau adegan flashback yang lain, kita bisa mengetahui dimana keberadaanya sekarang.

Eros alias Starfox mungkin belum akan memiliki peran yang penting di film Eternals pertama, tapi bisa jadi dia memiliki peran penting di Eternals 2. Yang pasti, setelah para penonton mengetahui siapa the Eternals, bagaimana kekuatan mereka, dan bagaimana cerita masa lalu mereka, akan sangat mudah bagi Marvel untuk menunjukan kreativitas mereka dalam membangun cerita.

Sama halnya seperti Thanos yang penting dalam memperkenalkan Starfox, Starfox juga bisa jadi memiliki peran penting bagi masa depan Marvel. Bisa saja kemudian Starfox muncul di film Avengers 5, Captain Marvel 3, Guardians of the Galaxy Vol. 4, dan masih banyak lagi. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Thanos memang akan kembali dimunculkan di film Eternals.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.