Perkembangan pesat dari segi kekuatan dialami oleh Luffy dan para kru topi jerami sejak awal mereka diperkenalkan, sampai dengan saat ini. Diantara kru yang lain, Luffy adalah sosok yang paling terasa perkembangan kekuatannya, dimana awalnya dia hanya mengandalkan Gomu Gomu secara serampangan kini Luffy bisa mengaturnya sesuai keinginan. Selain itu, Luffy juga sekarang memiliki teknik Haki level tinggi.

Berbicara mengenai buah iblis Gomu Gomu, awalnya Luffy hanya mengandalkan Gear 1-3. Bahkan, untuk melakukan Gear 3 pun Luffy harus mengorbankan banyak stamina dimana dia akan berubah menjadi sangat pendek untuk sementara waktu. Tapi, sekarang permasalahan itu sudah tidak lagi dialami oleh Luffy dimana dia bebas mengakses seluruh Gearnya tanpa kendala atau masalah apapun.

Malah Luffy sekarang mendapatkan form baru yaitu Gear 4, dengan berbagai transformasinya seperti Snakeman atau Boundman. Dengan pertarungan besar di Onigashima dalam arc Wanokuni yang sudah dimulai, membuat banyak fans One Piece pun berspekulasi jika Luffy akan mengakses Gear 5.

Menurut salah satu teori yang berkembang di kalangan fans, Luffy kemungkinan bukan hanya akan memiliki  5 Gear saja, bahkan akan memiliki 6 Gears sampai akhir cerita One Piece selesai. Lalu, bagaimana kekuatan dari Gear 5 ini jika memang Luffy bisa mengaksesnya?

Pertama, Luffy akan memiliki kemampuan untuk mengeraskan tubuhnya dengan Armament Haki sehingga tubuhnya bisa tahan terhadap beberapa serangan – terlepas dari Luffy yang merupakan manusia karet. Sama seperti Gear 4 dimana Luffy bisa menggunakan kekuatan elastisitas (elastic force) untuk menembakan tenaganya, Gear 5 juga melakukan hal itu dengan sebagian tubuhnya atau seluruhnya.

Kedua, Luffy sering kali mengadaptasi kemampuan atau jurus milik musuhnya untuk kemudian diadaptasikan dengan kekuatannya. Luffy sudah melihat bagaimana Bellamy beraksi sebanyak dua kali, dan pada dasarnya Luffy merupakan versi yang lebih baik dari Bellamy dan buah iblisnya. Gaya serangan mirip pegas yang dimiliki oleh Bellamy bisa saja diaplikasikan oleh Luffy di Gear 5 nanti.

Luffy akan bisa menggunakan lutut, kaki, dan tangannya sebagai pegas atau per dengan cara memutar dan menekan bagian tubuh itu. Kemudian yang ketiga adalah bagaimana kekuatan karet Luffy semakin ditingkatkan. Dengan musuh yang semakin kuat, tentunya setiap serangan yang Luffy lancarkan harus bisa melumpuhkan musuh atau setidaknya membuat musuhnya terluka.

Untuk bisa melakukan hal itu, Luffy harus meningkatkan tenaga dari pukulan yang dia lakukan. Dengan mengakses Gear 5 atau 6, seluruh tubuh atau sebagian tubuhnya bisa menjadi karet yang sangat keras dengan mengkompresi (compressing) tubuhnya dengan kekuatan Haki. Bila hal itu dilakukan, Luffy akan menjadi karet yang paling kuat dimana dia bisa menghasilkan daya hancur yang tinggi hanya dengan menggenggamnya/meililitnya/atau memukulnya.

Yang terakhir, Gear 5 Luffy nanti tidak akan membuat sekelilingnya menjadi karet, namun merubah tubuhnya menjadi apapun yang dia inginkan, mirip seperti Green Lantern yang bisa menghadirkan apa saja dengan membayangkannya. Luffy pun sama, dengan membayangkannya, tubuh karetnya kemudian akan mewujudkannya. Misalnya merubah lengannya menjadi kapak atau palu raksasa. Hal ini tentunya akan membuat jarak serangan Luffy meningkat.

Dengan konsekuensi yang sangat besar – misalnya menguras tenaga dan stamina dalam jumlah besar – kemungkinan Luffy tidak akan terlalu sering menggunakan Gear 5 ini. Gear 5 ini bisa jadi akan digunakan dalam keadaan darurat saja, misalnya dalam pertarungan melawan sosok besar seperti Blackbeard yang banyak diprediksikan akan terjadi menjelang akhir ceritanya.

Sampai saat ini, kita masih belum tahu apa yang akan dihadapi oleh Luffy pasca Wano. Apakah memang benar sesuai dengan prediksi para fans – dimana kita akan memulia arc Elbaf – atau justru kita akan mendapatkan arc lainnya, dan mendapatkan musuh yang berbeda juga. Memprediksi kemampuan baru dari Luffy memanglah sangat menarik, termasuk kemampuan Gear 5 Luffy ini. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Luffy akan mengakses kekuatan baru di masa depan?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.