Uchiha Sasuke merupakan anggota dari klan Uchiha yang terkuat, dan juga merupakan salah satu karakter terkuat di series Naruto selain Naruto Uzumaki. Keduanya mengalami progres kekuatan yang sangat pesat sejak pertama kali menjalani petualangan sebagai shinobi. Sampai akhirnya mereka mendapatkan puncak kekuatan yang bisa mereka raih dan menjadi dua karakter terkuat.

Namun, zaman berubah. Seri sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation, memiliki berbagai shinobi yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan generasi lama Konoha. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki kemampuan yang mampu melampaui klan Otsutsuki. Dengan potensi yang sangat besar tersebut, mereka bisa saja melampaui kemampuan dari Naruto dan Sasuke. Lalu, siapa saja mereka?

Boruto Uzumaki

Boruto merupakan anak dari Hokage ketujuh Konoha, Uzumaki Naruto, dan juga merupakan protagonis dari cerita di series Boruto. Sejak awal, Boruto sudah dianggap sebagai ninja penerus yang baik. Boruto mampu membuat kagum para ninja diangkatan orang tuanya dan juga para guru-gurunya. Berbeda dengan Naruto yang harus berusaha dan berlatih sedari kecil untuk mendapatkan pengakuan.

Sama seperti Sarada dan juga Mitsuki, Boruto juga merupakan sosok ninja yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Boruto juga memiliki sebuah kekuatan unik yang disebut Jougan. Selain itu, Boruto juga memiliki segel karma yang diberikan oleh Momoshiki. Dengan kemampuan tersebut, Boruto bahkan berhasil mengalahkan salah satu anggota Kara yang dikenal tangguh. Dengan semua kekuatan yang dia miliki – dan terlepas dia adalah wadah dari Momoshiki – Boruto memiliki potensi untuk melampaui Naruto dan Sasuke.

Kawaki

Nama Kawaki akan selalu menjadi perhatian dalam series ini akibat tindakan “kontroversialnya” dan juga kekuatannya. Di awal episode series Boruto, kita melihat bagaimana Kawaki bertarung melawan Sasuke dan Naruto. Dengan kekuatan yang dia miliki, shinobi terkuat seperti Naruto dan Sasuke ternyata tidak mampu memberikan perlawanan. Bahkan keduanya hampir tewas.

Beruntung di momen-momen akhir Boruto muncul dan menyelematkan keduanya. Kawaki sendiri sebenarnya bisa dibilang merupakan “robot” karena dia mampu memodifikasi tubuhnya sesuai kebutuhan. Namun, setelah segel karmanya diambil oleh sang empunya, Isshiki Otsutsuki, menarik untuk melihat apakah Kawaki masih sekuat dulu. Meskipun begitu, dia memiliki potensi besar untuk melampaui mereka berdua.

Sarada Uchiha

Sarada merupakan putri satu-satunya dari Uchiha Sasuke dan Haruno Sakura. Dia merupakan anggota tim dari Konohamaru. Sama seperti ayahnya, Sarada juga mengaktifkan kemampuan Sharingannya di saat dia masih muda sekali. Sarada merupakan salah satu genin terkuat, dan juga dia merupakan salah satu peserta terbaik saat ujian chunin berlangsung.

Sarada memiliki kemampuan untuk mengendalikan chakra dengan sangat baik, dan kemudian chakra tersebut digunakan untuk meningkatkan kemampuannya. Hal yang kemungkinan besar diturunkan oleh Sakura. Kemampuan jurus shuriken Sarada juga sangat baik seperti Sasuke. Bahkan dalam ujian tersebut, Sarada meraih nilai tertinggi. Sarada memiliki mimpi untuk menjadi Hokage suatu hari nanti, dan dengan impiannya tersebut wajar jika kemudian Sarada akan melampaui Naruto dan Sasuke.

Mitsuki

Mitsuki merupakan manusia buatan yang diciptakan oleh Orochimaru. Dia pindah ke desa Konoha untuk mencari tahu apakah Boruto adalah “mataharinya” atau bukan. Mitsuki merupakan ninja yang unik, karena kemampuannya justru lebih superior dibandingkan ninja seusianya. Mitsuki juga mampu mengaktifkan mode Sage.

Kita juga melihat bahwa Mitsuki membuat gurunya kagum, yaitu Shino, saat ujian berlangsung. Orang tuanya, Orochimaru, percaya bahwa Mitsuki memiliki potensi untuk melewati kekuatan para Sannin Konoha. Hal ini sebenarnya merupakan sebuah pujian bagi Mitsuki, pasalnya Orochimaru sendiri merupakan salah satu legenda Sannin Konoha selain Jiraiya dan Tsunade. Bukti kekuatan besar dari Mitsuki adalah Urashiki menganggap bahwa dia adalah ancaman besar. Ketika sudah mencapai puncaknya, Mitsuki kemungkinan besar akan melampaui Uchiha Sasuke dan Naruto.

Kashin Koji

Banyak yang menduga bahwa Kashin Koji adalah Jiraiya yang melakukan perjalanan waktu. Ada juga yang mengatakan bahwa Kashin Koji adalah anak dari Jiraiya. Namun, ternyata semua teori itu salah. Seperti dijelaskan oleh Isshiki, Kashin Koji merupakan hasil kloning dari Jiraiya yang dia lakukan. Dia tidak mengetahui fakta tersebut sampai pada saat itu. Kashin koji juga merupakan anggota lama dari Kara.

Kemampuan Kashin Koji bisa dibilang luar biasa, dimana dia mampu memaksa Jigen untuk kalah dan bangkit kembali dalam Isshiki Otsutsuki. Dari segi kekuatan, Kashin Koji bisa dibilang setara atau hampir setara dengan Naruto. Karena itulah, dia memiliki potensi untuk melampaui kedua shinobi kuat tersebut. Sayangnya, nasib Koji sendiri saat ini tidak menentu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.