Meskipun pada awalnya film The Batman akan menjadi film bagi Batman versi Ben Affleck, namun proyek film solo Batman ini akhirnya mendapatkan arahan baru. Sutradara dan pemeran Batman juga diganti, bukan lagi Ben Affleck melainkan Matt Reeves yang akan menjadi sutradaranya, sementara Robert Pattinson yang akan menjadi pengganti Ben Affleck sebagai Batman.

Selain dari segi cast, cerita yang ditampilkan juga akan sangat berbeda. Seperti yang kita ketahui, Matt Reeves akan membuat film The Batman dengan menampilkan sisi detektifnya yang “jarang” untuk ditampilkan. Reeves sendiri mengakui pada acara DC FanDome tadi bahwa sisi detektif Batman jarang diangkat dalam tiap film Batman. Oleh karena itu Matt Reeves berusaha menghadirkan sisi detektif Batman di film buatannya.

Selain akan menampilkan sisi detektif Batman, Matt Reeves juga akan menghadirkan cerita di awal kemunculan Batman, tepatnya 2 tahun di awal karirnya. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Ben Affleck mundur dari perannya ini, karena demi memberikan kesempatan kepada aktor yang lebih muda untuk memerankan karakter ini.

Kejutan yang lainnya adalah The Batman akan menghadirkan lebih dari satu villain. Sejauh ini, villain yang sudah dikonfiormasi akan muncul adalah The Riddler, Penguin, dan Catwoman. Dan dalam panel filmnya di DC FanDome, Matt Reeves mengungkapkan bahwa proses produksi filmnya baru 25-30 persen dari keseluruhan cerita. Dan Reeves juga merilis sebuah teaser untuk filmnya, yang mana teaser ini baru memperlihatkan sedikit saja cerita yang akan ditampilkan di filmnya.

Teasernya sendiri dibuka seseorang menggunakan topeng sedang menutupi mayat seseorang dengan selotip. Mayat tersebut diduga adalah walikota dari Gotham. Di sekeliling tempat kejadian perkara sendiri terdapat banyak tulisan yang berbunyi “Lies” atau pembohong. Kata tersebut merujuk pada sosok Batman, yang mengaku sebagai “the vengeance, the justice” atau dialah hukum dan dialah kengerian yang sesungguhnya.

Lalu, sebenarnya siapa sosok dibalik topeng tersebut? meskipun semuanya nampak seperti Joker – yang mana hal itu rasanya tidak mungkin – besar kemungkinan jika sosok bertopeng itu adalah The Riddler. Karakternya sendiri kabarnya akan diperankan oleh aktor Paul Dano. Petunjuk yang mengarah pada sosok The Riddler adalah adanya dialog yang mengatakan “let’s play a game. Just me and you.”

Kalimat tersebut selain sering diucapkan oleh Joker, juga sering diucapkan oleh The Riddler yang mana hal itu adalah taktik untuk membuat musuhnya bingung dan ketakutan. Seperti yang disebutkan Reeves di panelnya, dimana selain Batman, para villain yang muncul juga berada di fase awal “karirnya.” Kemungkinan The Riddler yang muncul di teasernya masih belum mengenakan setelah jas hijau dengan tongkat dan penuh dengan pernak pernik tanda tanya, seperti di komiknya.

Apakah The Riddler akan menggunakan kostum seperti di komik dalam filmnya nanti? Masih harus kita nantikan Geeks. Kejutan lainnya yang juga tidak kalah menarik adalah kemunculan awal dari Selina Kyle alias Catwoman, dan pertemuannya dengan Bruce Wayne. Juga bagaimana Penguin bisa masuk dalam cerita masih belum diketahui.

Kemunculan sosok bertopeng yang diduga The Riddler ini sangat menarik yang kemudian memunculkan pertanyaan lain, apakah artinya The Riddler akan menjadi villain utama dalam filmnya? Namun, bisa saja ada alasan lain mengapa para villain lain belum muncul dalam cerita. Seperti yang disebutkan di atas bahwa filmnya baru selesai 30% karena proses produksinya dihentikan akibat COVID. Bisa jadi Matt Reeves belum melakukan proses pengambilan gambar untuk cast atau karakter villain lainnya. Untuk saat ini, para fans hanya bisa berspekulasi dan berteori tentang apa yang terjadi di filmnya. Bagaimana menurut kalian tentang penampilan “The Riddler” tersebut?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.